Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Fakta Unik Bahasa Rusia yang Wajib Kamu Tahu!

Apakah kamu penggemar bahasa asing? Tertantang mempelajari bahasa Rusia?

Bahasa Rusia adalah bahasa terbesar kelima dari segi jumlah penuturnya setelah bahasa Mandarin, Inggris, Spanyol, dan Hindi. Sebuah bahasa yang dituturkan oleh 278 juta jiwa ini adalah bahasa resmi PBB lho.

Berikut

Baca juga: Yuk Pelajari Alfabet Bahasa Rusia!

Bahasa Slavik

Merupakan serumpun dengan bahasa ukraina, belarus, serbia, bulgaria, ceko, polandia. Di antara sejumlah bahasa yang termasuk dalam rumpun bahasa Slavia, bahasa Rusia adalah bahasa yang paling terkenal. Bahasa Rusia bahkan menjadi satu-satunya bahasa Slavia yang diakui sebagai salah satu bahasa internasional.

Bahasa Slavia modern berasal dari nenek moyang yang sama, bahasa Slavia Purba, yang digunakan sampai abad VI—VII Masehi. Ada beberapa teori yang menjelaskan tempat kemunculannya, tetapi semuanya setuju bahwa bahasa itu tersebar di wilayah Eropa Timur saat ini.

Kelompok bahasa Slavia ini terdiri atas bahasa Polandia, Ceko, dan Slowakia. Kosakata bahasa-bahasa ini banyak diserap dari bahasa Jerman, Prancis, Italia, dan Latin. Selain itu, secara fonetis, ketiga bahasa tersebut adalah yang paling berbeda dari bahasa Rusia. Sehingga, bukan jaminan menguasai bahasa Rusia akan selalu membantu kamu memahami apa yang mereka katakan.

Sifat Bahasa Rusia

  • To the point
  • Tekanan juga dapat berubah tergantung pada bentuk kata
  • Bahasa yang detail strukturnya
  • Memiliki banyak tata bahasa
  • Aturan pelafalan dan tekanan

Aksara Kiril Rusia

  • 33 huruf kiril: Jumlah alfabet sirilik yang terdiri dari sebelas huruf vokal, dua puluh konsonan, serta dua penanda keras dan lunak sehingga seluruhnya ada 33 huruf.
  • Huruf Kiril diciptakan untuk mempersatukan tanah Rusia Kuno di bawah payung ortodoks
  • Penguasa Rusia Peter Agung menyederhanakan huruf Kiril untuk membuka akses perdagangan dengan wilayah Eropa

Ujian Kemahiran Bahasa Rusia

  • TRKI

 Test of Russian as a Foreign Language (ToRFL) adalah tes bahasa Rusia untuk penutur asing atau dalam bahasa Rusia disebut Test po russkomu yazyku kak inostrannomu (TRKI).

Kamu bisa mengikuti tes bersertifikat negara Rusia di berbagai tempat di seluruh dunia (tentunya lembaga yang kredibel dan sudah terjamin melakukan kerja sama). Tes ini dapat dilakukan melalui berbagai kerja sama asing di sejumlah negara, termasuk di London, Rio de Janeiro dan Beijing.

Belajar Bahasa Rusia Online

Dunia digital yang semakin berkembang membuat siapa saja mudah dan cepat menyerap segala informasi yang diinginkan, termasuk materi bahasa Rusia. Setiap orang dari berbagai generasi akan sangat merasa dimudahkan dengan perkembangan digitalisasi saat ini.

Jika kamu ingin belajar bahasa Rusia online dengan jadwal fleksibel dan menyenangkan, kamu bisa gabung di Program Bahasa Rusia Lister. Yuk daftar sekarang!