Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Fakta 10 Atlet Poliglot Dunia, Ada yang Bisa 11 Bahasa

lister blog april 2022 atlet poliglot dunia

Ingin menjadi poliglot? Kamu dapat mulai belajar bahasa asing sekarang juga. Di Program Lister, kamu akan menemukan program kursus yang tepat sesuai kebutuhanmu.

Sejumlah atlet poliglot berikut dapat menjadi inspirasi. Seperti diketahui, seringkali kebutuhan profesi mengharuskan para atlet berpindah-pindah negara. Kemampuan berbahasa asing menjadi penting.

Poliglot adalah kemampuan menguasai banyak bahasa sekaligus. Ingin tahu siapa saja atlet poliglot yang mendunia? Simak daftarnya berikut ini.

Novak Djokovic (11 Bahasa)

Selain menjadi petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic juga dikenal sebagai salah satu poliglot paling berbakat secara global.

Djokovic adalah penutur native bahasa Serbia. Selain itu, ia menguasai bahasa Inggris, Italia, Jerman, Prancis, Spanyol, Mandarin, Arab, Jepang, Portugis, dan Rusia.

Tidak diketahui apakah petenis tersebut lancar bercakap-cakap dalam bahasa Jepang, Arab, dan Rusia. Namun ia mampu menjawab pertanyaan wartawan dalam ketiga bahasa tersebut.

Djokovic mengatakan, “Kami punya peribahasa: semakin banyak bahasa yang kamu kuasai, semakin kamu berharga sebagai manusia.”

Romelu Lukaku (8 Bahasa)

Romelu Lukaku adalah pemain sepak bola asal Belgia. Ia adalah penutur native bahasa Prancis dan Flemish. Ia juga mampu berbahasa Lingala, Inggris, Portugis, Spanyol, Jerman, dan Italia.

Kemampuan berbahasa Italia diperolehnya setelah bergabung dengan Inter Milan. Lukaku mengaku penting menguasai bahasa setempat untuk kariernya.

Menurut Lukaku, bahasa tersebut sangat membantu dalam proses latihan sepak bola.

Pa-Modou Kah (8 Bahasa)

Pa-Modou Kah adalah pelatih sepak bola keturunan Gambia-Norwegia. Ia menjadi pelatih Pacific FC yang bertanding di Canadian Premier League.

Kah mampu berbicara bahasa Belanda, Arab, Prancis, Inggris, Jerman, Norwegia, Swedia, dan Wolof.

Kah menghabiskan masa kecilnya di Gambia, sebelum bermigrasi ke Norwegia. Ia paling lancar menggunakan bahasa Wolof dan Norwegia.

Atlet Poliglot Zlatan Ibrahimović
Atlet Poliglot Zlatan Ibrahimović.

Zlatan Ibrahimović (7 Bahasa)

Zlatan Ibrahimović adalah pemain sepak bola asal Swedia. Ia menempati posisi striker di Timnas Swedia dan klub AC Milan.

Ibrahimović adalah penutur native bahasa Bosnia dan Swedia. Setelah berkarier di sejumlah klub di berbagai negara, kini ia menguasai bahasa Italia, Prancis, dan Spanyol.

Ibrahimović juga menguasai sedikit bahasa isyarat.

Gelson Fernandes (7 Bahasa)

Gelson Fernandes adalah mantan pemain sepak bola kelahiran Cape Verde. Pada usia 5 tahun, ia pindah ke Swiss.

Fernandes adalah penutur native bahasa Portugis. Ia juga mampu menggunakan bahasa Kreol, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Inggris.

Fernandes juga mempelajari bahasa Mandarin sebagai hobi. Ia mengaku keinginannya belajar bahasa adalah bagian dari kariernya. Ia ingin memahami rekan tim, fans, dan penduduk setempat di mana ia tinggal.

Arsène Wenger (6 Bahasa)

Arsène Wenger adalah mantan manajer Arsenal. Ia kini menjadi Chief of Global Football Development di FIFA.

Wenger menguasai enam bahasa, yakni Prancis, Jerman, Spanyol, Italia, dan Jepang.

Atlet Poliglot Daniela Hantuchová
Atlet Poliglot Daniela Hantuchová.

Daniela Hantuchová (6 Bahasa)

Daniela Hantuchová adalah petenis asal Slovakia yang kini sudah pensiun. Ia kemudian menjadi komentator pertandingan tenis.

Tidak hanya menjadi atlet tenis ternama, Hantuchová juga merupakan pianis klasik berbakat. Selain itu, ia menguasai bahasa Jerman, Slovakia, Inggris, Ceko, Kroasia, dan Italia.

Hantuchová mengaku keinginannya mempelajari banyak bahasa dipicu kariernya dalam olahraga. Kemampuan berbahasa asing menjadi penting.

Mikel Arteta (7 Bahasa)

Manajer Arsenal dan mantan pemain sepak bola Mikel Arteta menggunakan berbagai bahasa di lapangan. Ia memberi instruksi kepada para pemain dengan bahasa asing untuk membuat bingung lawan.

Arteta menguasai tujuh bahasa, yakni Spanyol, Inggris, Katalan, Basque, Prancis, Italia, dan Portugis.

Miralem Pjanić (7 Bahasa)

Miralem Pjanić dikenal sebagai pemain gelandang Barcelona dan Timnas Bosnia-Herzegovina. Ia merupakan penutur native bahasa Bosnia dan Luksemburg.

Luksemburg sendiri memiliki tiga bahasa nasional, sehingga Pjanić juga mempelajari bahasa Jerman, Prancis, dan Inggris di sekolah. Pjanić lalu mempelajari bahasa Italia dan Spanyol dalam perjalanan kariernya.

Atlet Poliglot Clarence Seedorf
Atlet Poliglot Clarence Seedorf.

Clarence Seedorf (6 Bahasa)

Clarence Seedorf adalah mantan pemain sepak bola keturunan Suriname-Belanda. Ia disebut-sebut sebagai salah satu pemain gelandang terbaik pada generasinya.

Seedorf juga dikenal mampu berbicara dalam bahasa Belanda, Inggris, Italia, Portugis, Spanyol, dan Suriname.

Ia pernah bermain untuk klub sepak bola di Belanda, Spanyol, Italia, dan Brazil. Dari sana Seedorf memperoleh kemampuan poliglotnya.