Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Enterprise Resource Planning adalah: Pengertian dan Contoh

enterprise resource planning adalah

Untuk menjawab tantangan zaman, manusia harus terus meningkatkan kemampuan diri. Salah satunya adalah dengan mempelajari bahasa asing. Kamu bisa mengambil kelas bahasa asing untuk karyawan di Lister for Company.

Demikian juga dengan perusahaan yang harus terus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Salah satu upaya menjawab tantangan zaman tersebut adalah dengan dikembangkannya Enterprise Resource Planning (ERP).

Berikut penjelasan tentang pengertian dan contoh ERP.

Apa itu Enterprise Resource Planning?

ERP adalah integrasi dan otomatisasi sistem yang membuat perusahaan dapat memudahkan alur kerja. Dengan adanya sistem ini, perusahaan dapat menghilangkan pekerjaan manual yang kurang efisien.

ERP membantu perusahaan menghemat biaya, menyediakan data tunggal real-time, dan memperbaiki layanan terhadap konsumen. Dengan begitu, daya saing perusahaan akan meningkat.

ERP memiliki berbagai fitur, seperti akuntansi, sumber daya manusia, manufaktur, customer relationship management (CRM), dan manajemen inventaris.

Contoh Enterprise Resource Planning

Terdapat sejumlah pengembang yang membuat ERP baik gratis maupun berbayar. Di antaranya adalah SAP, Oracle, dan Microsoft.

SAP ERP

Perusahaan ini memiliki sekitar 50 ribu pengguna software ERP. Software tersebut melayani solusi penyediaan, manufaktur, penjualan, layanan, SDM, dan keuangan untuk 25 macam industri yang ada.

Oracle E-Business

Oracle E-Business adalah software yang terintegrasi dengan tujuan membantu organisasi mengambil keputusan terbaik, menekan biaya, dan meningkatkan performa. Oracle dapat dimanfaatkan dalam perencanaan sumber daya lintas industri dengan berbagai keperluan.

Microsoft Dynamics NAV

Software untuk manajemen bisnis ini berfungsi secara menyeluruh dalam setiap aspek perusahaan, Mulai dari keuangan, supply chain, sampai manufaktur. Software ini membantu kontrol dan visibilitas yang lebih baik terhadap seluruh kegiatan bisnis.

Sage 100

Software ERP ini membantu perusahaan berskala kecil sampai menengah dalam mengelola bisnisnya dengan biaya terjangkau.

Odoo

Software opensource ini terintegrasi secara menyeluruh dan dapat disesuaikan dengan berbagai aplikasi bisnis. Software ini dapat melayani berbagai kebutuhan bisnis, seperti CRM, sales, manufaktur, akuntansi, dan inventaris.

Workwise

Software ini menggabungkan delapan unsur manajemen pelanggan dan 45 kontrol manufaktur. Software ini mudah digunakan dan dapat diakses menggunakan smartphone.

Netsuit ERP

Software ini tergolong lengkap dan scalable untuk bisnis berskala menengah sampai besar. Netsuit membantu otomatisasi manajemen keuangan.