English for Academic Purposes: Langkah Awal Meraih Peluang Internasional

English for academic purposes

Di era saat ini, belajar mandiri atau melalui sekolah formal dan non-formal seperti kursus bahasa Inggris adalah pilihan untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris, dimana program yang ditawarkan pun sangat beragam untuk berbagai segmen usia.

Namun pertanyaannya, program seperti apa yang bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan signifikan dalam waktu yang relatif singkat? Jenis program apa yang dapat mengasah keterampilan listening, reading, writing dan speaking secara lengkap? Dan kurikulum seperti apa yang cocok bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, dengan topik yang relevan dengan dunia akademis?

Hadueh bingung kan?!

Mengapa Perlu Belajar Academic English?

Bahasa Inggris adalah sarana komunikasi orang-orang dalam lingkup internasional, bukan? Lalu jika kita ingin memasuki dunia internasional, bagaimana cara berkomunikasi selain menggunakan bahasa yang mereka gunakan?

Academic English adalah jawabannya!

Pemahaman mengenai Academic English akan sangat membantu perjalanan saat terjun di dunia internasional entah belajar atau bekerja. Keterampilan ini sangat dibutuhkan untuk meraih keberhasilan dalam proses studi di perguruan tinggi.

Keterampilan-keterampilan yang diajarkan seperti report writing, oral presentation, public speaking, research, notetaking, critical reading, active listening, negotiation, dan lain-lain yang sangat berguna untuk kesuksesan dalam dunia akademis.

Kamu pasti setuju jika rata-rata kemampuan menulis pelajar Indonesia sangat lemah jika di bandingkan dengan orang-orang di luar negeri, terlebih dalam gaya akademis.

Padahal ini adalah salah satu skill yang sangat penting untuk menunjang kehidupan akademis maupun profesional. Kemampuan menulis secara persuasif dan argumentatif dapat menjadi penentu keberhasilan dalam “menjual” ide atau gagasan yang dimiliki. Kemampuan presentasi atau public speaking juga krusial dalam mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan.

Oleh sebab itu, kamu memerlukan sebuah kurikulum Academic English yang mengintegrasikan keseluruhan keahlian tadi, dilengkapi komponen grammar, vocabulary, serta pronunciation dalam program yang lengkap dan terpadu seperti Academic English.

Academic English di Lister

Program Academic English bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris akademik dengan melibatkan siswa dalam kegiatan reading, listening, writing, speaking. dan grammar yang relevan dengan konteks akademik dan universitas. Fokus program ini adalah penggunaan bahasa Inggris formal dan kosakata akademik. Program Academic English atau Program Pre-IELTS untuk mempersiapkan diri sebelum mengikuti program Kursus Persiapan Tes IELTS.

Academic English adalah program yang cocok untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris untuk keperluan akademik dan profesional maupun mempersiapkan diri untuk mendaftar beasiswa di luar negeri.

Apakah kamu ingin kuliah atau bekerja di luar negeri? dan berencana mengambil Tes IELTS namun merasa kemampuan masih basic? Program Academic English ini sangat disarankan untuk diikuti sebelum mengikuti program Persiapan Tes IELTS lho. Level bahasa minimal untuk mengikuti program ini adalah A2 dasar.

Beberapa kelebihan ini akan kamu dapatkan jika kamu mengambil kursus Academic English di Lister, yaitu:

  • Banyak tersedia pilihan kelas Private, Semi Private Berdua, dan Semi Private (3-5 org)
  • Tersedia pilihan paket dengan jumlah meeting yang beragam; mulai dari 2 hingga 80 meeting
  • Gratis Program Bimbingan Beasiswa/Job Interview khusus program Ultimate (60 meeting)

Contoh Soal English for Academic Purposes, Jawaban & Pembahasannya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, English for academic purposes biasanya identik dengan persiapan sebelum tes IELTS sehingga dapat membantu peserta tes untuk memprediksi nilai IELTS mereka​.

Academic English Test adalah tes yang disusun sedemikian rupa seperti IELTS untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang yang ingin belajar/bekerja di luar negeri, ataupun di lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai sarana komunikasi.

Untuk memahaminya lebih dalam, kamu bisa cek contoh-contoh soal English for Academic berikut ini!

Reporting verbs

Exercise 1
a. The department managers warned that reducing the number of staff members would compromise customer satisfaction levels.

Answer:

  • The department manages are likely to be ‘arguing’ for their staff to keep their jobs.
  • As “compromising customer satisfaction levels” is a negative outcome, and that the word “would” is used (to talk about the future), it is likely that this is a warning (not an acceptance)

b. A report from UNICEF estimates that one in five children are without access to education

Answer:

  • UNICEF are ‘presenting’ their findings in the form of a statistic (one that would be difficult to strongly confirm – so a strong alternative, such as ‘announces’ would be unsuitable here)

English For Academic Context

Questions

If you want to advance in your career, you will have to make some careful decision about which job to take. Evaluate a job offer for the value it has to your career. It may mean a sacrifice first. You may have to move to another region or a different country to get a job that is right for you. You may have to work late hours, at last temporarily. You might even have to take lower salary for a job that offers you the experience you need. But you should never accept a job if it is not related to your career goals.

Accepting a job that is not within your career path will not give you the training or experience you need or want. You will find yourself frustrated in such position and consequently will not perform your best. This will have an effect on the people around you who will not feel as if you are being part of the team. The best advice is to think carefully before accepting any position and make sure that the job is the one you want to have.

One thing typical of the text above is the recommendation the writer/speaker gives to the audience, which is …

a. Consider changing career
b. Don‘t work with other people
c. Think before accepting a job
d. Find a job with the highest salary
e. Take the first job offered to you
The correct answer is: Think before accepting a job

Dalam teks yang tersedia di atas, jika dicermati lebih dalam terdapat kalimat “The best advice…” yang menjelaskan bahwa pembaca diharapkan untuk berpikir secara hati-hati sebelum menerima pekerjaan pada posisi apapun dan yakinkan diri sendiri bahwa pekerjaan tersebut adalah yang kamu inginkan. Sehingga jawaban yang paling tepat adalah D (Think before accepting a job).

Referensi:

© Soal dan Jawaban Pembelajaran 5: English For Academic Context
Source: https://www.masbabal.com/2021/03/soal-dan-jawaban-pembelajaran-5-english.html

english-for-academic-purposes-exercise-answers – www.criticalpublishing.com

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.