Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

English for Academic Purposes: Pengertian dan Manfaatnya

english for academic purposes

Punya impian kuliah di luar negeri? Sudah seharusnya kamu fasih berbahasa Inggris. Untuk mempersiapkan masa studi, kamu bisa mengikuti Academic English Course mulai dari sekarang.

English for Academic Purposes (EAP) disebut juga dengan Academic English. Program ini termasuk English for Specific Purposes (ESP).

blogpost inggris beasiswa

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri, disarankan mengikuti kursus ini. Berikut alasannya.

Apa itu English for Academic Purposes?

EAP adalah program yang bertujuan mengajarkan penggunaan bahasa Inggris secara tepat dalam studi. Program ini umumnya ditujukan bagi siswa di pendidikan tinggi.

Program EAP fokus pada keterampilan yang dibutuhkan untuk menggunakan bahasa Inggris pada konteks akademik terkait subjek yang ditemui saat studi.

Program juga dapat mencakup kebutuhan linguistik yang spesifik untuk studi tertentu, contohnya ilmu hukum dan ilmu bisnis.

Program biasanya dibagi menjadi beberapa sesi yang diambil bersama mata pelajaran lainnya.

Kadang-kadang program EAP juga bertujuan membantu meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa secara umum sebagai syarat diterima di universitas.

Apa Saja yang Dipelajari dalam English for Academic Purposes?

Seperti pembelajaran bahasa pada umumnya, EAP mengajarkan kosakata, tata bahasa, dan empat keterampilan kebahasaan (membaca, menulis, mendengarkan, berbicara).

Namun materi tersebut dikaitkan dengan kebutuhan siswa yang akan menjalani studi. Contohnya pelajaran menulis fokus pada cara penulisan esai yang baik.

Kosakata yang dipelajari pun berkaitan dengan konteks akademik.

Selain aspek-aspek kebahasaan, siswa juga akan belajar etika dalam dunia pendidikan. Contohnya bagaimana menghindari plagiarisme.

Hal tersebut menjadi penting dan sangat diperhitungkan di berbagai universitas terkemuka di dunia.

Manfaat Mempelajari English for Academic Purposes

Ada banyak manfaat yang akan dirasakan dengan mempelajari EAP sebelum melanjutkan studi.

Memenuhi syarat diterima di berbagai perguruan tinggi terkemuka

Kebanyakan universitas internasional terkemuka di dunia menggunakan bahasa pengantar Inggris. Mereka akan meminta bukti tingkat kemahiran bahasa Inggris dari calon mahasiswa.

Memudahkan akses referensi studi

Banyak referensi studi internasional yang disajikan dalam bahasa Inggris. Dengan menguasai EAP, siswa akan lebih mudah mengakses referensi tersebut.

Bahasa Inggris banyak digunakan dalam ranah ilmiah

Kemahiran berbahasa Inggris adalah hal krusial dalam STEM (science, technology, engineering, mathematics). Menguasai bahasa Inggris akan memudahkan siswa terjun dalam bidang tersebut.

Memperluas koneksi

Dengan menguasai bahasa Inggris, siswa dapat berkomunikasi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang di seluruh dunia. Hal ini akan membantu memperluas koneksi dan mendukung karier.

Keunggulan English for Academic Purposes Course di Lister

Lister adalah penyedia kursus English for Academic Purposes di Indonesia. Program ini fokus pada penggunaan bahasa Inggris formal dan kosakata akademik.

Siswa juga akan dipersiapkan mengikuti IELTS. Untuk mengikuti program ini, diharapkan siswa sudah memiliki tingkat kemahiran A2 dasar.

Di sini siswa dapat memilih jenis kelas privat, semi privat berdua, dan semi privat (3-5 orang). Siswa dapat memilih jumlah pertemuan, mulai dari trial class sampai 80 pertemuan.

Siswa juga akan mendapat program Bimbingan Beasiswa atau Job Interview secara gratis jika mengambil jenis program Ultimate.