Easter Egg adalah: Pesan Tersembunyi yang Seru Dicari!

easter egg adalah

Program Lister – Saat menonton film atau bermain video games, apakah kamu pernah menemukan pesan tersembunyi yang disisipkan? Jika ya, kamu sudah menemukan Easter egg!

Easter egg adalah daya tarik sendiri bagi para penggemar film dan video games. Sudah tahukah kamu asal-usulnya? 

Easter Egg adalah

Easter egg adalah kosakata bahasa Inggris yang berarti telur Paskah. Awal mulanya, Easter egg adalah bagian dari lambang perayaan Paskah umat Kristiani.

Di masa modern, Easter egg berarti hidden message (pesan tersembunyi) yang disisipkan dalam film, video games, aplikasi, program, atau media lainnya.

Tujuan menyisipkan pesan tersembunyi tersebut untuk menghibur dan menarik minat penggemarnya.

Bagaimana awal mulanya sampai istilah Easter egg digunakan dalam pop culture?

Asal-usul

Cangkang telur rebus yang dicat berwarna-warni digunakan dalam perayaan Paskah di seluruh dunia. Awalnya tradisi ini dilakukan Gereja Ortodoks, lalu menyebar ke Eropa Barat.

Telur digunakan dalam perayaan Paskah dan musim semi karena melambangkan kelahiran dan kehidupan.

Sebagai permainan anak-anak, Easter egg disembunyikan di berbagai tempat. Anak-anak akan berlomba-lomba mencari telur yang sudah dihias.

Easter Egg dalam Pop Culture

Easter egg dalam pop culture pertama kali muncul dalam game berjudul Adventure yang diluncurkan Atari pada 1979.

Di masa itu, para game designer tidak diakui atas hasil pekerjaan mereka. Warren Robinett, game designer yang membuat Adventure, mendapat penghasilan minim meskipun game yang dibuatnya menyumbang besar pada kekayaan Atari.

Robinett memiliki gagasan agar namanya sebagai game designer dikenal. Ia diam-diam menyisipkan credit untuk dirinya sendiri.

Ia membuat tulisan Created by Warren Robinett dengan latar belakang abu-abu. Tulisan ini akan muncul jika menggunakan gerakan tertentu di dalam game.

Seorang anak lalu menemukan pesan tersembunyi tersebut. Ia menulis surat kepada Atari yang mengungkapkan rasa senang karena berhasil menemukan ‘harta karun’.

Menurut HuffPost, Atari justru kalang kabut. Mereka mengadakan rapat darurat. Atari sempat berencana merilis ulang game tersebut, tetapi biaya produksinya terlalu mahal. 

Steven Wright, manajer video game di Atari, meminta semua orang tenang. Menurut Wright, menemukan pesan tersembunyi tersebut sama menyenangkannya dengan menemukan Easter egg.

Ia mengusulkan agar mulai sekarang setiap video game harus memiliki Easter egg. Saat itu, Robinett sudah keluar dari Atari. Istilah Easter egg mulai digunakan untuk menyebut pesan yang sengaja disembunyikan dalam film, media, video game, atau aplikasi.

Baca juga: Daftar Rekomendasi Film Kartun Sub Inggris, Apa Saja?

Contoh Easter Egg

Apakah kamu pernah menemukan salah satu Easter egg berikut ini?

Software

  • Google menciptakan beberapa Easter egg. Jika kamu mencari “askew“, tampilan layar akan menjadi miring. Permainan Lonely T-Rex akan muncul jika koneksi internet hilang.
  • Di Microsoft Excel 95, pengguna dapat mengakses video game dengan beberapa langkah.
  • Di macOS Apple, kamu dapat mengetik cat /usr/share/calendar/calendar.history di Terminal untuk memunculkan daftar kejadian bersejarah di dunia.

Film

  • Film horor It (2017) dibuat 27 tahun setelah miniseries-nya pertama kali dirilis. Sementara itu, diceritakan monster Pennywise bersembunyi selama 27 tahun.
  • Dalam end credits film Harry Potter and Goblet of Fire, terdapat disclaimerNo dragons were harmed in the making of this movie“. Dalam Harry Potter and the Order of the Phoenix, Arthur Weasley menelepon 62442 untuk masuk Kementerian Sihir, yang sebenarnya dieja menjadi MAGIC.
  • Film Ready Player One mengandung banyak Easter egg yang merujuk pada berbagai video game dan film dari era 80-an.

Video games

  • Dalam Grand Theft Auto V, terdapat adegan dari film Thelma and Louise (1991), yakni mencuri helikopter dan menuju Chiliad Mountain State Wilderness.
  • Dalam Assassin’s Creed 3, memberi makan turki dan memasukkan kode Konami dapat mengubah jubah dan tudung assassin.
  • Dalam Battlefield 1, terdapat rumah dari film Up (2009) yang terbang dengan balon.

Sudah Tahu Mau Belajar Bahasa Apa? Temukan di Program Lister

Sudah tahu bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!