Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Design Thinking adalah Cara Menemukan Solusi, ini Tahapnya

design thinking adalah

Kursus Business English – Bagaimana sebuah produk atau solusi itu bisa terbentuk? Salah satunya dengan proses design thinking. Design thinking adalah konsep pemecahan sebuah masalah. Simak pengertian, manfaat, dan contoh tentang design thinking berikut ini!

Pengertian Design Thinking adalah

Untuk dapat menghasilkan hal baru atau menyelesaikan masalah, perlu alur berpikir agar menghasilkan solusi ataupun produk yang optimal. Design thinking adalah cara pendekatan untuk menyelesaikan masalah dengan secara kreatif, kognitif, dan praktis serta berpusat pada pengguna.

Diambil dari Interaction Design, design thinking juga berarti proses pengulangan untuk memahami pengguna, menantang asumsi, mengolah masalah, dan membuat solusi inovatif.

Tahapan Design Thinking

design thinking
ilustrasi berpikir

Tahapan untuk memperoleh solusi atau produk dari design thinking berdasarkan CareerFoundry terdiri dari langkah-langkah berikut.

1. Empathize

Sebelum mencari solusi, perlu memahami masalah dan kebutuhan yang dirasakan oleh pengguna. Pada tahapan ini, seseorang harus menggali, mendengar, dan memahami tanpa berasumsi.

2. Define

Define merupakan proses analisis dan observasi dari hasil pengumpulan informasi mengenai masalah dan kebutuhan dari pengguna. Pada tahapan ini, problem atau kesulitan pengguna sudah teridentifikasi.

3. Ideate

Setelah masalah atau kebutuhan sudah diketahui, tahapan selanjutnya adalah memikirkan ide kreatif untuk menyelesaikannya. Beberapa teknik untuk membentuk ide adalah brainstorming, mindmapping, atau bodystorming.

Cara berpikir kreatif dapat dibaca dalam artikel Creative Thinking: Pengertian, Contoh, dan Tips Melatihnya.

Dengan berbagai teknik ini, ide-ide kreatif bisa mulai dieksplorasi dan diuji sehingga memunculkan bermacam-macam solusi alternatif.

4. Prototype

Prototype adalah tahapan percobaan ide tadi menjadi sebuah produk atau solusi. Biasanya produk yang dihasilkan masih berupa rancangan, model, dan sampel yang masih diperbaiki dan diubah.

5. Test

Dalam tahapan ini, hasil prototipe akan dilakukan evaluasi atau tes apakah berhasil menjadi  atau menjawab permasalahan. Di tahapan ini seringnya akan mengulang ke tahapan sebelumnya untuk mendefinisikan masalah dan ide sehingga akan menemukan solusi atau produk yang optimal.

Manfaat Design Thinking

Dengan menggunakan design thinking dalam membangun bisnis atau layanan, banyak manfaat yang akan diperoleh.

  • Membantu perkembangan kreativitas dan inovasi dalam kehidupan
  • Mendorong pemikiran baru tentang solusi atau ide alternatif di luar kebiasaan yang digunakan dalam menjawab sebuah permasalahan.
  • Membentuk pola sehat dalam pemecahan masalah karena menggabungkan intuisi dan emosi dengan ilmu pengetahuan sains dan analisis rasional.
  • Menempatkan manusia sebagai objek utama dalam proses memecahkan masalah, sehingga bisnis atau layanan lebih humanis dan berfungsi meningkatkan kehidupan manusia.

Contoh Penerapan Design Thinking

Setelah memahami pengertian dan tahap-tahap menemukan solusi dengan metode design thinking, berikut contoh penerapannya.

Empathize

Gojek didirikan oleh Nadiem Makarim sebagai jawaban keresahan dirinya dan masyarakat yang harus menghadapi kemacetan dan mencari transportasi alternatif. Sementara itu seorang ojek harus bekerja lebih dari 14 jam dalam sehari hanya untuk mendapatkan 4 penumpang.

Ini adalah tahapan empathize di mana Nadiem mendengar, menggali, dan memahami permasalahan dan kebutuhan.

Define

Setelah itu, Nadiem Makarim melakukan proses define, yaitu mendefinisikan masalah. Seorang ojek membutuhkan penumpang untuk mencari penghasilan, sedangkan masyarakat membutuhkan alternatif transportasi untuk bisa cepat sampai tujuan tanpa kemacetan.

Ideate

Berdasarkan dua hal ini, Nadiem Makarim mulai melakukan tahapan ideate. Ia membuat ide untuk menghubungkan penumpang dan tukang ojek.

Prototype

Dalam tahapan prototype, Nadiem Makarim membuat call center konvensional tahun 2010 di mana ada 20 tukang ojek yang sudah terdaftar. Calon penumpang dapat menghubungi call center untuk mendapatkan ojek. 

Test

Di tahapan test, akhirnya dirilis aplikasi Go-jek tahun 2015 yang berhasil menghubungkan pelanggan dan pengemudi ojek dalam transportasi di berbagai wilayah di Indonesia.

Kursus Business English, Dapatkan Karier Terbaik dalam Hidupmu!

Untuk sukses dalam keperluan bisnis dan menjalin relasi internasional, kemampuan bahasa Inggris harus dilatih.  Persiapkan dirimu dengan mengikuti Kursus Business English  di Lister. 

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!