Siaga Cybercrime dengan Gabung di Cyber Security Course

cyber security course

Training Cyber Security – Cyber Crime atau kejahatan cyber adalah salah satu hal yang harus kita waspadai seiring kemajuan teknologi. Semakin banyak jenis cyber crime. Bukan hanya bermain dengan malware atau virus  namun bisa dalam bentuk penipuan yang sangat merugikan  lainnya. 

Mengikuti  cyber security course  adalah salah satu investasi untuk bisnis dan perusahaan anda   untuk semua  karyawan yang terlibat di perusahaan.  agar selalu waspada, mengetahui cara pencegahan  dan juga  cara mengatasinya. 

artikel terkait : Apa itu Cyber Security dan Mengapa Penting Mempelajarinya

Jenis-jenis cybercrime

Ada beberapa jenis cybercrime  yang perlu diketahui dan  diwaspadai.  Dengan mengetahui jenis jenis cybercrime akan membantu anda untuk mengidentifikasi cara pencegahan dan juga penanganan jika terjadi. 

1. Penyebaran malware 

Salah satu jenis cybercrime yang sudah ada sejak dulu adalah penggunaan malware untuk tujuan yang merugikan atau illegal. 

Ada banyak jenis Malware yang digunakan untuk melakukan kejahatan cyber, seperti  virus,  trojan,  ransomware, spyware dan juga worm. 

Setiap Malware bisa dibuat  seperti robot dengan tujuan tertentu. Namun Malware dibuat Agar bisa menyebar dan menyisip melalui berbagai celah dan program, kemudian bereplikasi menjadi banyak  sampai dengan  melakukan tugas utamanya. 

Ada malware yang  bekerja sebagai virus perusak  sehingga membuat Data atau program tidak bisa dibuka atau mengalami henti fungsi. 

Juga malware  yang  menyusup untuk memata-matai dan membaca data. Akibatnya terjadi pencurian informasi maupun pemanfaatan informasi secara ilegal seperti dijual di pasar gelap atau  dimanfaatkan untuk meminta tebusan.

2. DDOS 

Ddos atau  Distributed Denial of Service  Di mana kejahatan cyber ini dilakukan dengan  membuat virus atau bot  yang bisa bereplikasi ratusan ribu bahkan lebih dan mengirimkan permintaan yang tinggi pada server sehingga server akan kewalahan  melayani request berakhir website atau aplikasi tidak bisa diakses. 

Akibat dari kegiatan DDOS ini website lumpuh sehingga akan mengganggu proses  penggunaan website.  Untuk website layanan atau website toko online tentunya hal ini akan merugikan karena sangat mengurangi penjualan. 

 Dan untuk menghentikannya membutuhkan waktu yang tidak  sebentar. 

3. Phishing

Adalah tindakan penipuan yang dilakukan secara online.  Ada banyak cara yang masuk dalam kategori phising.  Misalnya menyamar menjadi entitas yang terpercaya,  menggunakan   identitas  orang lain untuk  melakukan penipuan  dan lain sebagainya.

Tujuan phising ini secara umum adalah mencuri identitas kemudian menggunakannya untuk hal yang merugikan.  seperti pencurian uang,  pembobolan kartu rekening  dan juga e-wallet Dan juga aktivitas kriminal lainnya. 

4. Hacking 

Hacking adalah aktivitas menyusupi sebuah program untuk tujuan  mengambil data,  merusak  dan melumpuhkan sebuah program. Ada banyak kasus hacking yang terjadi di Indonesia  dan tentunya  kerugian yang didapatkan adalah  kerusakan citra sampai dengan kerugian materi. 

5. Doxing 

Docking adalah penyebaran informasi pribadi yang bersifat ilegal atau tanpa persetujuan seseorang terkait untuk tujuan kejahatan.  Akibat dari  kasus ini  adalah  penyalahgunaan informasi pribadi seseorang untuk berbagai tujuan,  kerusakan  citra,  sampai dengan trauma untuk korban. 

Layanan Lister lainya : Pelatihan Excell Basic to Advance

Cyber security course untuk pelaku bisnis  

View Post

Dengan mengetahui banyaknya ancaman dan bahaya dari cybercrime sekarang ini, hal ini yang menjadi alasan kenapa pelaku bisnis perlu mengikuti cyber security course. 

Pelaku bisnis atau perusahaan memiliki banyak data penting dan sensitif yang sangat mungkin terkena serangan cybercrime. Tentu saja jika ini dibiarkan akan memberikan kerugian citra sampai dengan materi untuk perusahaan. 

Cyber security course dapat diterapkan sampai staff level bawah untuk menjadi pola kerja yang aman. 

Cyber security course memberikan insight tentang pengetahuan dasar apa itu cyber crime dan akibatnya lengkap dengan bagaimana peran cybersecurity sebagai tameng kejahatan cyber. 

Selain belajar tentang cara pencegahan yang efektif juga cara menanggulangi masalah cyber security. 

Gabung cyber security course untuk perusahaan di Lister

Ingin  bergabung dalam cyber security course  untuk memberikan edukasi pentingnya menjaga keamanan cyber  kepada seluruh pihak perusahaan,  bisa mengikuti training cyber security dari Lister!

Pelatihan ini  dirancang untuk memberikan edukasi tentang pentingnya kesadaran penggunaan teknologi dan cyber security untuk perusahaan. Tentunya materi sudah disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja  dengan tutor yang profesional. 

Yaitu tutor yang sudah  berpengalaman mengajar kelas corporate sehingga bisa memberikan performa terbaik dalam mengajar kelas ini. 

Anda bisa melakukan pendaftaran sekarang,  selagi ada kesempatan promo 10%.  Promo ini berlaku untuk Anda yang membeli kelas seharga satu jutaan  dengan klaim kode voucher BLOGLISTER10   saat pendaftaran melalui WhatsApp Lister

Sumber gambar : DCStudio di Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.