4 Contoh Teks Deskripsi Bahasa Inggris untuk Dipelajari

Teks Deskripsi Bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak Dalam bahasa Inggris, penggunaan teks deskripsi sangat sering dijumpai. Maka dari itu, sangat penting mempelajari teks deskripsi bahasa Inggris agar lebih paham cara menggunakannya.

Cara belajar yang paling mudah untuk bentuk teks ini adalah melihat banyak contohnya. Pembahasan di sini tidak sampai 10 contoh descriptive text, tapi akan menggunakan contoh yang tepat guna dan lebih mudah dipelajari dengan penjelasan.

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Inggris 1

Pada bahasan contoh pertama ini, fokus yang akan diperlihatkan adalah struktur descriptive text. Berikut adalah contoh dan penjelasannya!

Contoh

Youtube is an American online video-sharing platform. Some people see it as the most popular social media on the internet. Youtube has more than 2,5 billion monthly users. This platform also has an upload rate of 500 hours of content per minute. Many people use YouTube for marketing, community creation, sharing information, tutorial, and entertainment.

Terjemahan

Youtube adalah platform berbagi video dari Amerika. Sebagian orang melihatnya sebagai platform media sosial terbaik di internet. Youtube memiliki lebih dari 2,5 triliun pengguna per bulannya. Platform ini juga memiliki besaran unggahan konten mencapai 500 jam per menit-nya. Banyak orang menggunakan Youtube untuk pemasaran, membuat komunitas, tutor dan juga hiburan.

Penjelasan

Dalam contoh teks deskripsi bahasa Inggris di atas, kamu bisa melihat dua bagian yang sangat jelas. Bagian pertama adalah identifikasi topik. Bagian ini meliputi dua kalimat awal yang memberi perkenalan identifikasi tentang YouTube.

Pada bagian kedua mulai masuk deskripsi. Bagian ini mencoba menjelaskan YouTube sebagai platform terbaik dengan penjelasan besaran pengguna dan unggahan konten yang ada di platform tersebut serta pemanfaatannya. 

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Inggris 2

Pada contoh kedua ini akan coba diperlihatkan seputar ciri – ciri dari teks deskriptif bahasa Inggris ini. Berikut adalah contoh serta penjelasan ciri – ciri teks deskriptif:

Contoh

The Sheep is one of the most profitable farm animals in the world. Their flesh can be a main dish in many culinary cultures. The wool of sheep can be processed into material for clothing and other fiber material. Their skin can also be used for fashion material, book covers, and car interiors.

Terjemahan

Domba adalah salah satu hewan ternak paling menguntungkan di dunia. Daging mereka bisa menjadi makanan utama di banyak budaya kuliner. Bulu domba dapat digunakan sebagai bahan untuk baju ataupun diolah menjadi serat. Kulit mereka bisa digunakan untuk bahan busana, sampul buku dan bahkan bagian dalam mobil.

Penjelasan

Dari melihat contoh teks deskripsi bahasa Inggris dan artinya, kamu bisa melihat beberapa ciri-nya dengan jelas. Ciri ini antara lain:

Tiap kalimat berbentuk poin – poin. Pada contoh, penjelasan tentang domba dibagi menjadi poin – poin tentang daging, wol dan kulitnya.

Lebih mengutamakan penjelasan yang singkat dan padat. Setiap kalimat penjelasan domba terkesan padat..

Berfungsi sebagai teks yang informatif atau menyampaikan informasi. Fokus teks deskripsi bahasa Inggris menjelaskan tentang manfaat domba.

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Inggris 3

Bagian ini akan bahas contoh descriptive text singkat serta karakteristiknya. Silahkan baca dulu contoh teks deskripsi bahasa Inggris tentang hewan peliharaan berikut ini: 

Contoh

Cats are four-legged mammals from the Felidae family. Cats are an example of carnivorous animals that grow in number because of human influence. The first example of this is in the Egypt archeological site. Many artifacts and statues of cats are found there. Right now, cat memes and internet popularity are a sign that humanity is one of the causes for cats dominating the number on earth.

Translasi

Kucing adalah mamalia kaki empat dalam keluarga Felidae. Kucing adalah salah satu hewan yang berkembang angkanya berkat pengaruh manusia. Contoh pertama dari hal ini ada di situs arkeologi Mesir. Di situ ditemukan banyak barang kuno dan patung berbentuk kucing. Saat ini, meme kucing dan popularitasnya di internet, menjadi bukti bahwa manusia memegang peran akan dominasi angka kucing di bumi.

Penjelasan

Dari bahasan teks deskripsi bahasa Inggris tentang hewan kucing di atas, kamu bisa melihat bentuk descriptive text singkat. Jenis yang pendek ini umumnya hanya terdiri dari satu paragraf dan fokus menerangkan satu aspek saja.

Dalam contoh, dapat ditemukan fokus penjelasan adalah angka kucing yang makin banyak adalah berkat peran manusia. Dari paragraf tersebut, di dapatkan info bukti hal tersebut sudah dijumpai sejak era Mesir kuno sampai era internet saat ini.

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Inggris 4

Berikutnya akan ditampilkan contoh descriptive text panjang. Mari baca bahasan tentang teks deskripsi bahasa Inggris lokasi wisata di bawah ini:

Contoh

Borobudur temple is one of many famous tourist spots in Indonesia. It is located in Central Java, Magelang to be exact. This temple was often called one of the world’s seven wonders in the old days. Many people know that Borobudur is one of the greatest artworks from the age of the Indonesian kingdom.

Borobudur was built in the Sailendra Dynasty 800 years ago. It consists of over two million stones that were taken from the river. All that stone then becomes a relief carving and statue of this giant temple.

In history, Borobudur gets hit by a bomb in the World War 2 era. Fortunately, the Indonesian government arranged a restoration project to save the details of Borobudur. After undergoing restorations, Borobudur is visited by more than 5 million tourists a year. Most of them come to admire Borobudur for its beauty, religious aspect, and historical value.

Translasi

Candi Borobudur adalah salah satu spot turis terkenal di Indonesia. Candi ini terletak di Jawa Tengah, tepatnya ada di Magelang. Candi ini sering disebut satu dari tujuh keajaiban dunia di jaman dulu. Banyak orang tahu bahwa Borobudur adalah salah satu karya seni terbaik yang berasal dari jaman kerajaan di Indonesia.

Borobudur sendiri dibuat pada Dinasti Syailendra 800 tahun yang lalu. Candi ini dibangun menggunakan sekitar 2 juta batu yang diambil dari sungai. Semua batu tersebut diubah menjadi pahatan relief dan patung untuk candi raksasa ini.

Sejarahnya, Borobudur terkena bom dari era Perang Dunia ke 2. Untungnya, pemerintah Indonesia menyusun proyek restorasi untuk menyelamatkan Borobudur sampai ke detailnya. Setelah selesai diperbaiki, Borobudur dikunjungi lebih dari 5 juta turis per tahunnya. Kebanyakan datang untuk melihat keindahan, nilai religius dan sejarah dari Borobudur.

Penjelasan

Dari contoh teks deskripsi bahasa Inggris tentang tempat wisata tersebut, dapat dilihat ciri teks deskriptif panjang. Biasanya terdiri dari lebih dari satu paragraf dan menjelaskan aspek – aspek berbeda tiap paragrafnya.

Pada paragraf awal dijelaskan soal lokasi dan terkenalnya Borobudur. Pada paragraf dua dijelaskan tentang pembangunannya. Sedangkan pada paragraf ketiga, diterangkan perbaikan dan kekuatan Borobudur sebagai pusat wisata di Indonesia.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Business English di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts