Sudah menguasai bahasa Inggris dasar tetapi masih ragu mempraktikkannya? Kamu membutuhkan bimbingan di Kursus Speaking English agar semakin percaya diri.
Berbeda dengan kursus bahasa lainnya, kursus speaking lebih banyak menekankan praktik. Tujuannya agar siswa dapat menggunakan bahasa Inggris secara aktif.
Apa saja yang dipelajari dalam kursus speaking bahasa Inggris? Materi speaking biasanya berbeda sesuai jenjang pendidikan dan tingkat kemahiran siswa. Simak penjelasannya.
Capaian Materi Speaking Bahasa Inggris
Siswa dianggap berhasil dalam speaking bahasa Inggris jika menguasai empat keterampilan speaking ini.
Fluency (Fasih)
Kefasihan terkait seberapa nyaman dan percaya diri seseorang saat berbicara menggunakan bahasa Inggris. Jika kamu bisa berbicara untuk waktu yang cukup lama, artinya kamu sudah fasih.
Pendengar juga bisa memahami apa yang kamu sampaikan.
Vocabulary (Kosakata)
Untuk membicarakan suatu topik, tentu kamu harus menguasai kosakata yang berkaitan. Seorang pembicara yang baik menguasai banyak kosakata.
Grammar (Tata Bahasa)
Walaupun sering dihindari, tata bahasa adalah hal yang penting. Semakin sedikit kesalahan tata bahasa yang kamu buat, semakin terampil kamu dalam speaking.
Walaupun begitu, jangan takut membuat kesalahan. Tidak ada orang yang menggunakan tata bahasa 100 persen benar saat speaking.
Pronunciation (Pelafalan)
Pelafalan adalah keterampilan yang cukup rumit untuk dipelajari. Untuk menguasainya, kamu harus praktik.
Aturan dasar pelafalan adalah memastikan pendengar memahami apa yang dibicarakan. Seorang pembicara ahli bahkan bisa memanfaatkan pelafalan untuk membuat ucapannya lebih berdampak bagi orang lain.
Contoh Materi Speaking Bahasa Inggris
Berikut contoh aktivitas yang bisa dilakukan dalam kelas speaking bahasa Inggris untuk berbagai jenjang pendidikan.
SD / Pemula
– Reading aloud
– Oral diary / oral weekly report
– Oral book report
– Picture description
– Storytelling
– Chained storytelling
– Creating riddles
– Role play
SMP
– Group presentations on a completed project
– Dramatic monologues
– Radio drama
– Chants
– Pair work where student must talk with partner
– Small group discussion
– Interview with classmate
SMA / Dewasa
– Students give their thoughts on topic assigned by teacher
– Students listen to classmates’ thoughts and respond
– Bring a personal object and explain the meaning
– Choose a student to run dictation and let other students write them down
– Describe a secret word in pair and let other student guess it
– Discuss and debate
– Playing “Alibi” game