Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Biografi Charlie Chaplin: Komedian dan Legenda Film Bisu

Kursus General English – Bagi kamu penggemar film lawas dan hitam-putih, pasti tak asing dengan sosok Charlie Chaplin. Komedian tersebut menyumbang peran penting dalam sejarah film dunia, yakni sebagai aktor dan sutradara.

Seperti apa kisah hidup Chaplin?

Siapa Charlie Chaplin?

Sir Charles Spencer Chaplin lahir di London, Inggris pada 16 April 1889. Ia adalah komedian, penulis, produser, sutradara, dan komposer penting dalam sejarah film dunia.

Ia memenangkan sejumlah penghargaan Academy Awards sepanjang hidupnya. Chaplin mulai dikenal sejak era film bisu (silent film) pada awal 1900-an.

Biografi

Chaplin diberi nama sama dengan ayahnya, seorang seniman di gedung kesenian. Walaupun begitu, ia lebih banyak menghabiskan masa kecil bersama ibunya, Hannah Hall yang lebih dikenal dengan nama panggung Lily Harley. Sang ibu sendiri adalah aktris, penyanyi, dan penari opera.

Sang ayah meninggal dunia, kemudian sang ibu sakit. Chaplin dan saudaranya, Sydney, harus menghidupi diri sendiri sejak usia 10 tahun.

Awal mula karier

Melalui kenalan ibunya, Chaplin bergabung dengan kelompok penari clog Eight Lancashire Lads pada 1897. Salah satu peran pertamanya adalah William Gillette dalam Sherlock Holmes (1899) dan Casey’s Court Circus.

Pada 1908, ia bergabung dengan kelompok pantomim milik Fred Karno. Namanya melejit melalui peran sebagai The Drunk dalam sketsa A Night in an English Music Hall.

The Little Tramp

Saat mengikuti tur ke Amerika ada 1913, Chaplin ditawari bermain film komedi oleh Mack Sennett. Peran pertamanya tidak terlalu sukses.

Ia lalu berimprovisasi membuat karakter yang sangat khas. Chaplin mengenakan mantel kekecilan, celana kebesaran, sepatu, dan gaya rambut yang khas. Ia juga membawa tongkat dan memiliki kumis. Karakter yang dikenal dengan sebutan the Little Tramp ini sukses besar.

Chaplin mulai ditawari bermain film dalam skala yang lebih besar oleh Mutual Company Film, sampai kontraknya habis.

Baca juga: Rowan Atkinson atau Mr. Bean, Perjalanan Karier Sang Komedian

Studio film

Pada 1918, Chaplin mulai membuat filmnya sendiri. First National Film Corporation setuju untuk mendanai dan mendistribusikan film-filmnya.

Pada tahun yang sama, ia menikah dengan Mildred Harris, seorang pemeran figuran berusia 16 tahun. Salah satu karyanya yang terkenal adalah The Kid (1921) yang menampilkan Jackie Coogan sebagai anak kecil yang berteman dengan the Little Tramp. Chaplin semakin serius menggarap film.

Bersama Mary Pickford, Douglas Fairbanks, dan D.W. Griffith, Chaplin mendirikan United Artists Corporation pada 1919.

Pada 1921, ia bercerai dengan Mildred. Tiga tahun kemudian ia menikah dengan Lillita MacMurray yang berusia 16 tahun. Lillita kemudian dikenal sebagai pemain film dengan nama Lita Grey.

Era film suara

Setelah 1929, film tidak lagi bisu. Chaplin yang dikenal atas pantomimnya mengalami dilema. Ia tetap merilis City Lights (1931) sebagai film bisu dengan latar musik yang dibuatnya sendiri. Film tersebut sukses besar.

Parodi dan politik

Chaplin juga membuat film satir-politik. The Great Dictator (1940) adalah film parodi dari diktator Jerman Adolf Hitler yang memang mirip dengan Chaplin. Film ini cukup laris di bioskop.

Persoalan rumah tangga Chaplin membuatnya berhenti membuat film selama 7 tahun. Pada 1942, ia bercerai dengan Goddard. Pada 1943, ia digugat sebagai ayah dari anak aktris Joan Barry. Pada tahun yang sama, ia menikahi Oona O’Neill yang berusia 18 tahun.

Monsieur Verdoux (1947) adalah salah satu filmnya yang menimbulkan kontroversi. Film berlatar Paris tersebut membuat Chaplin dituduh sebagai komunis oleh House Un-American Activities Committee (HUAC).

Limelight

Lima tahun kemudian, Chaplin baru merilis film kembali berjudul Limelight (1952). Sydney dan Charlie Jr turut berperan dalam film tersebut.

Namun film ini menambah daftar panjang alasan Chaplin dilarang masuk Amerika Serikat oleh Badan Imigrasi dan Naturalisasi. Ia bahkan didesak menjawab tuduhan atas “gerakan politik dan kejahatan moral”.

Meninggal dunia

Charlie Chaplin telah menulis empat buku berjudul:

  • My Trip Abroad
  • A Comedian Sees the World
  • My Autobiography
  • My Life in Pictures

Ia juga menulis sejumlah lagu, di antaranya:

  • Sing a Song
  • With You Dear in Bombay
  • There’s Always One You Can’t Forget
  • Smile
  • Eternally
  • You are My Song

Chaplin menghabiskan tahun-tahun terakhir dalam hidupnya bersama Oona di Corsier-sur-Vevey, Swiss. Ia meninggal dunia pada 25 Desember 1977 di usia 88 tahun.

Quotes Charlie Chaplin

Life is a beautiful magnificent thing, even to a jellyfish.

You’ll never find a rainbow if you’re looking down.

I always like walking in the rain, so no one can see me crying.

Nothing is permanent in this wicked world, not even our troubles.

A man’s true character comes out when he’s drunk.

Your naked body should only belong to those who fall in love with your naked soul.

We think too much and feel too little. More than machinery, we need humanity; more than cleverness, we need kindness and gentleness. Without these qualities, life will be violent and all will be lost.

My pain may be the reason for somebody’s laugh.

But my laugh must never be the reason for somebody’s pain.

Life is a tragedy when seen in close-up, but a comedy in long-shot.

Kursus General English untuk Studi dan Karier Global

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus General English di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!