Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Biografi Adolf Hitler: Sejarah, Pencapaian, Hingga Quotes Terkenalnya

lister blog mei 2022 sejarah & pencapaian adolf hitler

Siapa yang tidak mengenal tokoh pemimpin otoriter yang berpengaruh pada zamannya ini? Dikenal dengan gaya diktator membuat dirinya dihormati rakyatnya. Meski banyak kontroversi yang dilakukan, namun pengaruh kepemimpinannya mampu membangkitkan kondisi ekonomi Jerman yang hancur setelah peristiwa Perang Dunia I.

Dialah sang diktator Adolf Hitler. Jika kamu belum tahu mengenai biografi detailnya, ulasan di bawah ini bisa menjadi referensi kamu.

Latar Belakang Adolf Hitler

Adolf Hitler lahir dan meninggal pada 20 April 1889 – 30 April 1945, ia adalah seorang politisi Jerman dan ketua Partai Nazi dan Partai Pekerja Jerman Sosialis Nasional. Adolf lahir di Austria.

Dalam sejarah politiknya, ia menjabat sebagai Kanselir Jerman sejak 1933-1945 dan diktator Jerman Nazi dengan gelar Führer und Reichskanzler mulai tahun 1934 – 1945. Hitler menjadi tokoh utama Jerman Nazi, Perang Dunia II di Eropa, dan Holocaust.

Agama seorang Adolf Hitler, menurut sejumlah besar sejarawan menganggapnya irelijius, anti-Kristen, anti-rohaniwan, dan santistik.

Berbicara mengenai makam jenazah Hitler ini berada di unit Smersh. Namun, jenazah ini sempat dimakamkan di hutan di pinggiran Berlin, lalu di kota Rathenow bagian Brandenburg, hingga di markas yang dibangun Soviet tahun 1946 di Magdeburg.

Sejarah & Pencapaian Adolf Hitler

Masa Muda

Tahukah kamu, sebelum menjadi tentara hingga politisi, Hitler muda bercita-cita menjadi pelukis lho. Sayangnya ia hanya menerima sedikit pengakuan publik dan hidup dalam kemiskinan di Wina. Sebagai keturunan Jerman, Hitler sangat membenci Austria yang menganggapnya sebagai negara tambal sulam karena banyak berkumpul berbagai kelompok etnis.

Pada tahun 1913, Hitler muda hijrah ke Kota Munich Jerman bagian Bavaria. Takdir membawanya menjadi salah satu tentara Jerman dalam Perang Dunia Pertama. Dari sana, ia dilatih secara khusus terutama sisi keberaniannya dalam berperang.

Karir Sebagai Tentara

Saat menjadi tentara Jerman, Hitler mengubah nama organisasi menjadi Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (partai Buruh Sosialis Nasional Jerman) atau Nazi. Partai ini mengadopsi simbol kuno swastika sebagai lambangnya.

Nazi, Partai Terbesar Kedua Jerman

Dikarenakan suatu masalah, Hitler dan para pengikutnya mengatur ulang strategi partainya menjadi gerakan massa yang fanatik. Ia pun memenangkan dukungan finansial dari para pemimpin bisnis kala itu.

Hingga pada tahun 1930, Nazi memenangkan enam juta suara dan menjadikannya partai terbesar kedua Jerman.

Dengan penuh percaya diri, Hitler pun menantang Paul von Hindenburg, presiden berusia 84 tahun itu. Namun, ia berhasil mengalahkan Hitler dengan dukungan koalisi anti-Nazi. Peristiwa ini terjadi empat tahun sebelum peristiwa 2 Agustus 1934 yang menjadi titik balik perjuangan seorang Hitler.

Awal Mula Adolf Hitler Menjadi Pemimpin Gelar Fuhrer

Sejak kematian Presiden Hindenburg pada peristiwa 2 Agustus 1934, Hitler menyatukan jabatan kanselir dan presiden di bawah gelar baru bernama Fuhrer. Ketika ekonomi membaik, dukungan rakyat untuk rezim Hitler pun menjadi kuat dan kultus pemujaan Fuhrer disebarkan oleh para propagandis cakap Hitler. Itulah awal mula dirinya sebagai pemimpin gelar fuhrer.

Pencapaian Adolf Hitler

  • Pendiri Volkswagen (Mobil Rakyat)
  • Penggagas Jalan Bebas Hambatan (Autobahn)
  • Penggagas Kampanye Gerakan Anti Rokok Paling Berpengaruh
  • Memajukan bidang kesehatan dan kedokteran melalui eksperimen di kampung konsentrasi
  • Inovator di dunia perfilman (Triumph of The Will)

Adolf Hitler Quotes

Melansir dari laman goodreads.com, sosok Adolf Hitler identik dengan kata-katanya yang bernada otoriter. Jika kamu belum tahu, berikut ini referensi quotes dari Adolf Hitler yang bisa kamu pelajari!

“If you win, you need not have to explain…If you lose, you should not be there to explain!”

“Do not compare yourself to others. If you do so, you are insulting yourself.”

“If you want to shine like sun first you have to burn like it.”

“And I can fight only for something that I love, love only what I respect, and respect only what I at least know.”

“Think Thousand times before taking a decision But – After taking decison never turn back even if you get Thousand difficulties!!”

Itulah sosok Hitler yang dulunya adalah seorang diktator nazi Jerman yang menyulut perang dunia, segala pencapaian, latar belakang profil, sejarah, hingga quotes-nya sudah kamu ketahui. Setelah membaca biografi Hitler ini, apakah kamu semakin tertarik belajar bahasa Jerman juga?