10 Film Terbaik untuk Belajar Bahasa Jerman, Jangan Lewatkan!

Belajar bahasa baru dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan, contohnya dengan menonton film. Tak terkecuali saat kamu ingin belajar bahasa Jerman.

Mengapa menonton film adalah sarana terbaik belajar bahasa? Umumnya bahasa yang digunakan dalam film adalah bahasa sehari-hari yang tidak kaku. Kamu juga dapat melatih pendengaran dan kosakata sekaligus.

Siap belajar bahasa Jerman dengan cara yang seru? Jangan lewatkan 10 film ini!

1. Bibi Blocksberg (2002)

Bibi Blocksberg adalah tokoh cerita anak-anak yang terkenal di Jerman, seperti Pippi Langstrumpf dan Käpt’n Blaubär. Bibi Blocksberg adalah seorang penyihir remaja.

Film ini bercerita tentang Bibi Blocksberg yang mengeksplorasi kekuatan sihirnya dan menghadapi kejahatan. Plotnya sederhana sehingga mudah dipahami. Kamu dapat belajar banyak Hexensprüche (mantra-mantra) untuk menambah kosakata dasar.

2. Friendship! (2010)

Disutradarai Markus Goller, film ini menceritakan percampuran budaya yang seru. Setelah runtuhnya Tembok Jerman, dua sahabat dari Jerman Timur secara spontan ingin pergi ke Amerika Serikat.

Tak punya uang dan tak fasih berbahasa Inggris, kisah perjalanan dua sahabat ini berujung komedi. Dialog bahasa Jerman dalam film ini sering disisipi bahasa Inggris, sehingga cocok untuk pembelajar pemula.

3. Nosferatu – Phantom der Nacht (1979)

Penggemar film horor? Jangan lewatkan film karya sutradara Werner Herzog ini.

Berlatar Jerman abad ke-19, film ini mengisahkan agen real estate yang datang ke Transylvania untuk menjual properti kepada Count Dracula.

Dialognya singkat, sehingga mudah dipahami. Kamu juga akan banyak menemukan istilah “jadul” yang kini ketinggalan zaman di Jerman.

film

4. Lola rennt (1998)

Film karya sutradara Tom Tykwer ini sangat terkenal. Ia memiliki judul bahasa Inggris Run Lola Run.

Lola adalah gadis berambut merah yang harus mengumpulkan 100.000 Deutsche Mark dalam waktu setengah jam untuk menyelamatkan kekasihnya. Kisah diceritakan menggunakan teknik butterfly-effect. Lola terus-menerus mengulang waktu yang singkat tersebut dengan tindakan yang berbeda.

Dialognya dapat membantu kamu belajar percakapan sehari-hari. Kamu juga akan disuguhi pemandangan kota Berlin tahun 1990-an.

5. Almanya: Willkommen in Deutschland (2011)

Film karya sutradara Yasemin Şamdereli ini mengisahkan sejarah Jerman merekrut banyak tenaga kerja asing asal Turki untuk mengimbangi kekurangan pekerja pasca-Perang Dunia II. Kamu dapat melihat bagaimana keluarga-keluarga keturunan Turki-Jerman meleburkan budaya dalam keseharian mereka.

Penggunaan bahasa Jerman dalam film ini cukup jelas dan mudah dipahami. Kamu akan belajar banyak kosakata sehari-hari, terutama dalam kehidupan keluarga.

6. Soul Kitchen (2009)

Soul Kitchen, film karya Fatih Akın, mengisahkan dua bersaudara keturunan Yunani-Jerman, Zinos dan Illias. Mereka menjalankan bisnis restoran di Hamburg.

Plotnya sederhana dengan dialog yang ringan dan cepat. Film ini cocok untuk kamu yang sudah berada di level lanjutan (intermediate).

menonton film

7. Sophie Scholl – Die letzten Tage (2005)

Sophie Scholl, film karya Marc Rothemund, diangkat dari kisah nyata. Berlatar belakang Munich pada Perang Dunia II, Sophie dan kelompok perlawanan mahasiswa Weiße Rose (Mawar Putih) dihukum karena mengedarkan karya sastra anti-Nazi yang dianggap sebagai pemberontakan.

Dialognya padat dan berat, ditambah dengan konteks sejarah yang rumit. Film ini cocok untuk kamu yang sudah berada di level lanjutan (intermediate).

8. Bella Martha (2001)

Tidak banyak yang membahas film karya sutradara Sandra Nettelbeck ini. Namun kisah drama romantis ini layak dilirik sebagai hiburan.

Film ini bercerita tentang Chef Martha Klein yang gila kerja. Ia harus menghadapi berbagai kehilangan dalam hidupnya.

Dengan konflik yang kompleks, kamu dapat belajar banyak kosakata tentang emosi, hubungan, dan percakapan sehari-hari yang mendalam. Film ini cocok untuk pembelajar intermediate sampai advanced.

film prancis terbaik

9. Das Leben der Anderen (2006)

Film artistik karya Florian Henckel von Donnersmarck ini tidak boleh kamu lewatkan. Berlatar belakang Republik Demokratik Jerman, film ini menyorot kisah agen Stasi, Gerd Wiesler, yang menyadap apartemen penulis drama Georg Dreyman. Ia mencari tahu apakah sang penulis merencanakan pengkhianatan.

Kamu akan mendengar berbagai jenis dialek bahasa Jerman di sini. Dialognya kompleks, sehingga cocok untuk pembelajar advanced (mahir).

10. Good Bye, Lenin! (2003)

Film karya sutradara Wolfgang Becker ini mengisahkan proses persatuan Jerman dengan cara yang lucu dan unik. Sang ibu yang baru saja bangun dari koma selama delapan bulan harus menghadapi Jerman Timur telah bubar. Alex Kerner lalu berusaha menampilkan situasi Jerman Timur sebelum runtuhnya Tembok Berlin untuk menenangkan ibunya.

Film ini menampilkan kisah unik yang dihadapi masyarakat Jerman Timur saat menghadapi penyatuan negara mereka. Kamu yang sudah berada di tahap advanced dapat belajar banyak tentang budaya dan bahasa Jerman Timur.

Wujudkan Impian Tinggal di Jerman, Mulai dari Belajar Bahasanya!

Syarat penting untuk kuliah, bekerja, dan tinggal di Jerman adalah menguasai bahasanya. Sebagai persiapan, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jerman di Lister. Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu juga dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!