[Cerita Tutor] Bersama Lister, Bernadia Branitamahisi Mengajar TPA Bappenas untuk Students dari Sumatera Hingga Papua

Sebagai Tutor Kursus Persiapan TPA, Bernadia Branitamahisi berbagi pengalamannya mengajar students dari Sumatera hingga Papua secara online melalui Lister.

Kursus TPA Bappenas – Bernadia Branitamahisi membagikan pengalamannya mengajar Kursus Persiapan TPA Bappenas di Lister. Dengan sistem e-Learning, Bernadia bisa terhubung dengan students dari berbagai daerah di Indonesia.

Bagaimana kiat-kiat mempersiapkan diri agar bisa lulus Tes Potensi Akademik (TPA) Bappenas dengan skor sesuai harapan? Di sini, Tutor Nadia membagikan tipsnya untuk kamu!

Profil Tutor Nadia

Bernadia Branitamahisi, atau sering disapa sebagai Tutor Nadia, merupakan lulusan Sarjana S1 Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Magister S2 Bioteknologi UGM.

Tutor Nadia mengungkapkan dirinya pertama kali mengenal tips dan trik TPA ketika memulai studi S-2.

Sebagai pribadi yang gemar belajar, Nadia termotivasi untuk mendapatkan skor tinggi demi meraih beasiswa S-2. Setelah mendalami soal-soal TPA selama tujuh tahun, barulah Nadia memberanikan diri untuk mengajar pada satu tahun berikutnya.

Tutor Nadia mengaku sangat senang dengan profesinya sebagai pengajar. Ia merasa dunia pendidikan merupakan comfort zone bagi dirinya.

“Saya memang senang mengajar. Dunia pendidikan adalah area nyaman (bagi) saya. Sejak kuliah S-1, saya memang sudah berkecimpung sebagai tutor, mulai dari mengajar les hingga persiapan olimpiade. Akhirnya setelah lulus S-2, saya menjadi dosen,” ucap Tutor Nadia.

Mengajar Students dari Sumatera hingga Papua

Tutor Nadia menceritakan pengalamannya mengajar TPA Bappenas di Lister. Kendati baru bergabung selama satu tahun, ia merasa telah mendapatkan banyak pengalaman berharga.

Meskipun berdomisili di Yogyakarta, Tutor Nadia mengutarakan ia bisa mendapatkan pengalaman mengajar students mulai dari Sumatera hingga Papua. Hal ini memungkinkan berkat sistem belajar secara online yang diterapkan Lister. Pengalaman ini pertama kali dirasakannya, sehingga sangat berkesan.

Selama mengajar di Lister, Tutor Nadia berhasil mendampingi students SMA yang ingin masuk di universitas impiannya, students pekerja yang ingin melanjutkan studi S-2 maupun S-3, dokter yang ingin melanjutkan studi spesialis, para pemburu beasiswa dalam dan luar negeri, hingga anggota POLRI yang ingin meningkatkan jenjang kariernya. 

Salah satu pengalaman paling berkesan bagi Tutor Nadia adalah dinobatkan menjadi The Best Tutor di bulan Desember 2022.

Selalu Menyesuaikan Materi dengan Kemampuan Students

Tutor Nadia menjelaskan bahwa ia lebih suka berdiskusi dengan students terkait rencana pembelajaran yang dibutuhkan. Hal ini agar students mampu mencapai skor TPA yang diinginkan.

“Pertama kali berkomunikasi dengan students, saya lebih senang berdiskusi tentang apa yang sebenarnya students butuhkan, agar rencana pembelajaran yang kita susun bersama nanti tepat sasaran dan skor TPA yang didapatkan students bisa memuaskan,” ungkap Tutor Nadia.

Menurut Tutor Nadia, rencana pembelajaran bisa berbeda satu sama lain, tergantung pain point yang dialami students saat dihadapkan pada soal-soal TPA.

“Sebagai contoh, ada students Kursus TPA yang kesulitan mengerjakan soal-soal numerik, tetapi ada juga students yang merasa kesulitan di bagian penalaran, tentu rencana pembelajarannya akan berbeda,” jelasnya.

Tidak hanya itu, kata Nadia, ada juga students yang bukan ingin mempersiapkan diri menghadapi TPA Bappenas, tetapi TPA universitas tertentu yang tipe soalnya agak berbeda.

Setelah menyesuaikan materi dengan kebutuhan students, Tutor Nadia tidak lupa menyesuaikan dengan Lister Methods, yakni metode belajar khas Lister yang membantu students mendalami dan mengembangkan proses pemahaman pribadinya dan menjadi pembelajar otonom.

Tak lupa, Tutor Nadia menyampaikan segudang tips dan trik yang dapat dapat membantu students menghadapi tes sesungguhnya.

“Tentu, saya akan menyesuaikan dengan kebutuhan students. Setelah itu barulah kita masuk ke materi yang penuh dengan tips dan trik khas Lister yang sering kali membuat students takjub,” imbuh Tutor Nadia.

Ia menambahkan, kecepatan students dalam menerima materi yang diajarkan berbeda-beda satu sama lain, sehingga komunikasi dua arah selama proses pembelajaran menjadi perhatian dirinya.

Dengan begitu, tutor Nadia dapat mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang materi TPA yang sedang diajarkan.

Rahasia Lulus TPA dengan Mudah

Tutor Nadia membagikan tips agar bisa lulus TPA dengan mudah. Ternyata, rahasianya adalah dengan mengetahui tipe soal TPA yang akan dihadapi agar tidak salah saat menyusun strategi belajar.

“Kalau dari saya, tips agar lulus TPA dengan skor tinggi adalah ketahui dulu tipe soalnya agar tidak salah belajar. Lalu, perbanyak latihan manajemen waktu dan emosi agar semua soal bisa dikerjakan tanpa kehabisan waktu,” ungkap Tutor Nadia.

Selain, Tutor Nadia juga menyarankan agar menguasai trik mengerjakan soal TPA dengan matang. Hal tersebut bisa dicapai dengan rajin latihan dengan soal-soal tryout yang disediakan oleh Lister.

“Ketahui triknya agar kamu bisa mengerjakan dengan cepat dan tepat. Terakhir, rajin tryout agar terbiasa mengerjakan semua tipe soal dengan waktu dan jumlah soal yang telah ditentukan,” tutupnya.

Pesan Tutor Nadia: Jangan Ragu Jadi Tutor TPA Online di Lister!

Terakhir, Tutor Nadia berpesan agar tidak perlu ragu jika ingin menjadi Tutor TPA di Lister. Ia menjelaskan dirinya tetap bisa menjadi tutor TPA kendati memiliki background pendidikan di luar bidang matematika. Kuncinya, kata Tutor Nadia, adalah dengan terus belajar.

Tutor Nadia pun merekomendasikan Lister sebagai tempat belajar dan mengajar yang memberikan kesempatan baik kepada students maupun tutor untuk mengembangkan kemampuannya lebih jauh lagi.

“Lister memberi kesempatan kita menembus ruang, cukup dengan duduk di depan laptop, kita bisa membantu banyak orang dari Sumatera hingga Papua mencapai mimpinya,” tutupnya.

Dengan menjadi Tutor Lister, kamu berkesempatan membantu students meraih impian studi atau karier mereka. Seperti kisah salah satu alumni Lister yang berhasil diterima di kampus impiannya dalam artikel [Success Story] Berkat Kursus TPA Bappenas, Teguh Junanto Diterima MBA di ITB dengan Skor 555.

Mengapa bergabung dengan Lister?

Pengalaman dan pengetahuan adalah hal yang berharga. Kamu bisa membantu students Lister meraih prestasi terbaik mereka di masa depan. 

Saatnya bergabung dengan tim Tutor Lister dan dapatkan pengalaman profesional. Berikut kelebihan yang akan kamu dapatkan sebagai Tutor Lister.

  • Kesempatan karier luas
  • Pengalaman karier
  • Koneksi (networking) luas
  • Meningkatkan skill mengajar dan berkomunikasi

Bergabunglah Sebagai Tutor Lister, Raih Pengalaman Profesional!

Tertarik mengikuti jejak Tutor Nadia? Saatnya bergabung sebagai Tutor Lister!

Kamu dapat berkreasi, berinteraksi, menambah skill komunikasi, dan sejumlah benefit lainnya yang kompetitif.Cari tahu kisah dan pengalaman sesama rekan pengajar di Profil Tutor. Daftar sekarang!

Share:

Muhammad Thoriq Anwar
Muhammad Thoriq Anwar
Brand specialist Lister.co.id yang tertarik dengan jurnalistik, bisnis, dan teknologi digital. Memiliki hobi membaca novel, menulis artikel ringan, gaming & esport dan kini sedang menyelami dunia perkopian dan budaya Indonesia.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.