Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Cara Menghitung Skor IELTS dan Cara Membacanya

Cara menghitung skor ielts

Sudah mendapatkan hasil tes IELTS yang sudah dilakukan sebelumnya tapi masih gagal paham? Atau kamu baru saja mengikuti tes IELTS dan sedang belajar memahami cara menghitung skor tes yang akan didapatkan?

Apapun itu, jika saat ini kamu sedang tertarik mendalami tes IELTS, salah satu hal yang penting diketahui adalah bagaimana memahami skor pada tes IELTS. Pada artikel di bawah ini, Lister akan membahas mengenai tata cara membaca hasil skor IELTS beserta cara menghitungnya.

blogpost inggris beasiswa

Dapatkan E-Book Persiapan Tes IELTS Sekarang!

Dengan skala 9-Band, setiap skor IELTS band mencerminkan tingkat pengguna bahasa Inggris yang berbeda. Sebagai peserta tes, kamu akan diberi skor dari 1 hingga 9 untuk setiap bagian tes – Mendengarkan, Membaca, Menulis, dan Berbicara. Rata-rata akan menghasilkan Skor Band secara keseluruhan. Kamu dapat mencetak seluruh skor (misalnya, 5.0, 6.0, 7.0) atau setengahnya (misalny, 5.5., 6.5, 7.5) band di setiap bagian tes.

blogpost ielts januari 2022

Skor IELTS yang tertinggi adalah 9 dan terendah adalah 1, setiap skor adalah cerminan dari tingkat pengguna bahasa Inggris yang berbeda-beda.

penjelasan nilai ielts

Penjelasan Rata-Rata Nilai IELTS di Indonesia

IELTS Band 9
Expert user
mampu melakukan perintah operasional dalam bahasa dengan tepat, akurat dan lancar dengan pemahaman yang lengkap.
IELTS Band 8
Very good user
mampu melakukan perintah operasional dalam bahasa dengan hanya ketidakakuratan dan ketidaktepatan yang tidak sistematis sesekali. Kesalahpahaman dapat terjadi dalam situasi yang tidak biasa. Menangani argumentasi detail yang kompleks dengan baik.
IELTS Band 7
Good user
mampu melakukan perintah operasional dalam bahasa, meskipun dengan ketidakakuratan sesekali, ketidaktepatan dan kesalahpahaman dalam beberapa situasi. Umumnya menangani bahasa yang kompleks dengan baik dan memahami alasan yang detail.
IELTS Band 6
Competent user
umumnya mampu melakukan perintah bahasa yang efektif meskipun ada beberapa ketidakakuratan, ketidaktepatan dan kesalahpahaman. Dapat menggunakan dan memahami bahasa yang cukup kompleks, terutama dalam situasi yang akrab.
IELTS Band 5
Modest user
mampu melakukan sebagian perintah bahasa, mengatasi makna keseluruhan dalam kebanyakan situasi, meskipun cenderung membuat banyak kesalahan. Harus mampu menangani komunikasi dasar di bidangnya sendiri.
IELTS Band 4
Limited user
kompetensi dasar terbatas pada situasi yang sudah dikenal. Sering mengalami masalah dalam pemahaman dan ekspresi. Tidak dapat menggunakan bahasa yang rumit.
IELTS Band 3
Extremely limited user
menyampaikan dan memahami hanya makna umum dalam situasi yang sangat akrab. Sering terjadi gangguan dalam komunikasi.
IELTS Band 2
Intermittent user
tidak ada komunikasi nyata yang mungkin terjadi kecuali untuk informasi yang paling dasar menggunakan kata-kata yang terisolasi atau rumus-rumus singkat dalam situasi yang sudah dikenal dan untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Memiliki kesulitan besar dalam memahami bahasa Inggris lisan dan tulisan.
IELTS Band 1
Non-user
pada dasarnya tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa di luar kemungkinan beberapa kata yang terisolasi.

Skor IELTS Minimal dan Maksimal

Skor IELTS yang bagus berkisar antara 6 dan 9, sedangkan skor IELTS minimal berada di angka 1.

Skor band keseluruhan dapat dihitung dengan cara mengambil skor rata-rata dari empat komponen tes (Mendengarkan, Membaca, Menulis dan Berbicara). Skor untuk setiap komponen memiliki bobot yang sama. Skor keseluruhan band dibulatkan ke seluruh atau setengah band terdekat.

Jika kamu meraih skor 6.5 di bagian Listening, 6.5 di bagian Reading, 5.0 di bagian Writing dan 7.0 di bagian Speaking, hasil skor band IELTS secara menyeluruh adalah:
(6.5 + 6.5 + 5.0 + 7.0) ÷ 4 = 6.25 sehingga skor IELTS-nya adalah 6.5

Jika kamu meraih skor 4.0 di bagian Listening, 3.5 di bagian Reading, 4.0 di bagian Writing and 4.0 di bagian Speaking, hasil skor band IELTS secara menyeluruh adalah:
(4.0 + 3.5 + 4.0 + 4.0) ÷ 4 = 3.875 sehingga skor IELTS-nya adalah 4.0

Daftar kelas IELTS di Lister sekarang dan dapatkan penawaran terbaik!