Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Cara Belajar IELTS Paling Ampuh, Riil Bisa Kamu Lakukan!

cara belajar ielts

Ingin kuliah di luar negeri? Kini banyak negara yang mensyaratkan skor IELTS, lho. Untuk mempersiapkan diri, kamu bisa mengikuti Kursus IELTS di Lister.

Bagaimana sih cara belajar IELTS dengan menyenangkan? Walaupun IELTS terkesan sebagai ujian yang sulit, bukan tidak mungkin kamu bisa mempelajarinya dengan senang hati.

blogpost inggris beasiswa

Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

blogpost ielts januari 2022

Kenapa Perlu Mengikuti IELTS?

Ingin bekerja, tinggal, atau melanjutkan pendidikan di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris? Maka kemampuan berbahasa Inggris wajib kamu kuasai.

Mampu menggunakan bahasa setempat di negara tempat kamu tinggal memiliki banyak keuntungan. Kamu dapat memperoleh kesempatan kerja yang lebih baik dan mampu melebur dalam masyarakat.

IELTS adalah tes paling populer bagi mereka yang hendak bermigrasi ke Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Inggris. IELTS diakui secara global oleh lebih dari 11.000 pemberi kerja, universitas, sekolah, dan badan imigrasi, termasuk 3.400 institusi di Amerika Serikat.

9 Cara Belajar IELTS Terbaik

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk belajar IELTS? Berikut sejumlah cara riil yang bisa kamu praktikkan.

1. Ikuti Simulasi Tes

Ikuti simulasi ujian yang diselenggarakan lembaga-lembaga tertentu. Dari sini kamu bisa mengidentifikasi kelemahan untuk diolah menjadi lebih baik.

2. Pahami Format Tes

Sebelum menjalani tes sesungguhnya, pahami format tes. Buat dirimu familiar dengan konten yang terdapat dalam tes, begitu pula dengan pertanyaan dan jenis soal di setiap seksi.

3. Waspadai Batasan Waktu Ujian

Semakin jelas kamu memahami struktur tes, semakin besar kesempatan kamu bisa menyelesaikannya dalam batasan waktu yang diberikan.

Lakukan persiapan dengan membatasi waktu, sehingga kamu terbiasa dengan kecepatan tes.

4. Kembangkan Kemampuan Berbahasa Inggris dan Strategi IELTS

Jangan hanya fokus pada latihan IELTS. Namun tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu sebelum mengikuti ujian, terlebih jika kemampuanmu di bawah level intermediate.

5. Lakukan Multitasking saat Mendengarkan

Pada seksi Listening, rekaman audio hanya akan diputar sekali. Kamu harus mengerjakan soal berdasarkan rekaman audio tersebut.

Pahami dan catat setiap detail dalam rekaman audio yang diputar. Dengan begitu kamu tidak akan ketinggalan menjawab semua pertanyaan.

6. Kembangkan Kemampuan Membaca Secara Luas

Pastikan kamu melatih diri dengan berbagai macam pertanyaan, sehingga kamu terbiasa dengan setiap jenis soal.

Modul Reading bertujuan menguji kemampuan membaca secara luas. Mulai dari membaca ide pokok, membaca detail, skimming, memahami argumen logis, mengenali opini penulis, dan lain-lain.

7. Gunakan Istilah Bahasa Inggris yang Tepat saat Menulis

Gunakan istilah bahasa Inggris yang tepat untuk mengerjakan seksi Writing. Buat dirimu familiar dengan struktur esai, bagaimana mengembangkannya, bagaimana mengawali esai, dan bagaimana menyimpulkannya.

8. Berbicara dengan Lancar

Lakukan latihan setiap bagian dalam seksi Speaking. Tulis catatan jika perlu.

Lakukan latihan menjawab pertanyaan, bahkan jika kamu tidak benar-benar tahu jawabannya. Ingatlah bahwa yang diuji bukan pengetahuanmu, tetapi keterampilan berbahasa Inggris.

9. Gunakan Bahasa Inggris di Kehidupan Sehari-Hari

Latih diri sendiri dengan membiasakan diri berbahasa Inggris. Contohnya membaca artikel berbahasa Inggris, menulis buku harian berbahasa Inggris, mendengarkan percakapan berbahasa Inggris, dan lain-lain.