Belajar IELTS, Bisa Jadi Menyenangkan! Coba 7 Cara ini

belajar ielts menyenangkan

Lister – Banyak jalan menuju Roma. Begitulah sebuah pepatah kuno berbunyi. Arti pepatah tersebut kurang lebih untuk mencapai suatu tujuan, banyak jalan yang bisa ditempuh.

Begitupun halnya jika kamu ingin belajar bahasa Inggris khususnya untuk mempersiapkan tes IELTS. Terlebih lagi kini dengan menggunakan teknologi internet kamu bisa belajar dengan lebih banyak alternatif cara sesuai keinginan dan tipe belajarmu.

Kamu bisa memilih materi yang sesuai dengan metode belajar terbaikmu. Berikut ini beberapa cara belajar bahasa Inggris dan IELTS yang menyenangkan.

Desain Dream Board Sekreatif Mungkin

Dream board atau papan mimpi adalah sebuah papan yang dapat digunakan untuk menuliskan mimpi-mimpi atau target. 

Walaupun kamu harus mendesain papan ini dengan tulisan yang jelas dan meletakkannya di tempat yang sering dilihat, kamu tetap bisa mendesainnya sekreatif mungkin. Jadi kamu tidak akan bosan untuk melihat atau mengubah tampilan dari dream board itu.

Ketika kamu menargetkan untuk mengikuti tes IELTS dalam beberapa bulan ke depan, kamu bisa membuat papan ini dan mengisinya dengan target belajar harian dan mingguan.

Manfaat membuat papan ini antara lain membantu untuk terus termotivasi belajar dan tetap berkomitmen untuk mencapai target. Selain itu papan ini juga bisa membantu untuk mengingat ingat pencapaian belajar.

Belajar dari Situs di Internet

Baik belajar IELTS dengan menggunakan jasa kursus persiapan atau secara mandiri, menambah jam belajar dengan belajar dari situs di internet bisa cukup membantu.

Terlebih banyak situs yang menyediakan latihan soal sekaligus pembahasan secara gratis. Selain itu situs-situs ini juga memberikan pembelajaran melalui video. Jadi kamu dapat menyimak video mereka sembari menengok buku latihan.

Buku latihan soal dapat kamu peroleh dengan berbagai cara. Mulai dari membeli buku latihan yang resmi, meminjam punya saudara atau teman, hingga mengunduh dari internet secara gratis.

Belajar IELTS
Belajar IELTS

Belajar Kosakata Baru

Salah satu aspek penilaian dari IELTS ialah lexical resource, yaitu kekayaan jumlah kosakata bahasa Inggris yang digunakan dengan tepat. Untuk menambah kosakata ini, kamu bisa mendengarkan lagu atau menonton film berbahasa Inggris (minimal memiliki subtitle bahasa Inggris).

Jadi ketika kamu menemukan kosakata yang sulit, catat dan cari di kamus untuk dihafalkan. Jumlah kosakata bahasa Inggris ada sekitar 1 juta. Oleh karena itu kamu perlu menetapkan target jumlah kosakata yang dihafalkan per harinya.

Kamu bisa mendengarkan soundtrack film-film Disney. Selain enak didengar, lagu-lagu tersebut cenderung memiliki artikulasi yang jelas.

Selain itu kamu juga bisa mendengarkan lagu sambil membaca teks liriknya. Ketika menemukan kata yang susah dipahami, kamu bisa langsung mencatatnya.

Kamu juga bisa menambah kosakata bahasa Inggris anda dengan menonton video atau mendengarkan audio berbahasa Inggris, terlepas apapun temanya.

Asalkan ketika kamu menemukan kosakata yang susah dipahami langsung catat, cari, dan hafalkan. Beberapa video YouTube juga menyediakan pembelajaran bahasa Inggris dengan perbandingan aksen.

Ini berguna  untuk melatih pendengaran terhadap ketiga aksen utama bahasa Inggris. Ketika aksen tersebut muncul secara acak saat IELTS bagian Listening, kamu sudah cukup mengerti perbedaannya.

Mencari Sparring Partner untuk Belajar

Setelah menambah koleksi kosakata kamu juga harus mencari rekan seperjuangan untuk belajar bersama mempraktikkan kosakata. Sebab IELTS, terutama subtest Writing dan Speaking, menuntut kamu menggunakan kosakata yang luas. 

Jika kamu tidak terbiasa berbicara memakai bahasa Inggris dalam kehidupan sehari hari, kamu juga akan gugup dan tidak natural saat menjalani tes Speaking. Rasa gugup tersebut akan menghilangkan kata-kata yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini, kamu dapat bergabung dengan berbagai komunitas di seluruh dunia. Gunakanlah komunitas ini untuk belajar bahasa Inggris sekaligus mencari rekan dari belahan dunia manapun.

Saat ini juga sudah banyak forum belajar IELTS di media sosial. Kamu bisa memanfaatkan forum-forum tersebut.

Namun tetaplah berhati-hati. Tidak menutup kemungkinan jika forum-forum tersebut dikelola oleh pihak-pihak yang bukan IELTS-professional. Kamu bisa terjebak dalam mitos-mitos tentang IELTS.

Baca Majalah atau Publikasi Berbahasa Inggris

Sebagaimana yang kita ketahui, IELTS bagian Reading maupun Writing akan menyajikan topik-topik umum yang menarik untuk dipelajari. Namun topik-topik umum ini sangat bervariasi. Ada baiknya kamu mengumpulkan ide-ide pokok bahasan terlebih dahulu sebelum tes.

Untuk Writing, kamu bisa menggunakan ide-ide tersebut untuk berlatih menulis paragraf sepanjang 150 dan 250 kata. Ketika tes berlangsung, pengetahuanmu sudah cukup untuk dijadikan bahan pembahasan.

Latih Pronounciation dan Wiriting Skills

Cara ini adalah cara yang sederhana untuk melatih pronounciation. Kamu dapat berlatih pronounciation dengan cara ini setiap hari dengan gratis.

Cara ini adalah alternatif yang bisa dilakukan jika teman belajarmu sedang tidak bisa menemani. Namun karena kamu bukan penutur asli bahasa Inggris, terdapat kemungkinan besar produk artificial intelligence yang satu ini salah mendeteksi apa yang kita ucapkan.

Untuk melatih writing skill, kamu bisa menggunakan Grammarly.

Berikan Reward untuk Diri Sendiri

Tidak menutup kemungkinan kamu akan merasa jenuh walaupun kamu belajar IELTS dengan cara yang menyenangkan.

Oleh karena itu kamu harus memberikan motivasi positif agar tetap belajar. Motivasi tersebut dapat berupa reward atas hasil usahamu. Reward tersebut bisa jadi berupa jalan-jalan, menikmati makanan di tempat favorit, atau apapun yang kamu sukai.

Metode-metode di atas adalah metode alternatif yang bisa kamu gunakan supaya proses belajar bahasa Inggris dan IELTS terasa menyenangkan.

Setiap individu memiliki cara dan metode belajar yang berbeda. Bila belum menemukan cara belajar yang tepat, tujuh cara di atas bisa sesekali kamu coba. Selamat belajar!