Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Butuh Ide Peluang Usaha di Kota dan Desa? Ulik di Sini!

peluang usaha

Ingin bisa berbisnis atau bekerja sama dengan orang asing? Kamu wajib mempersiapkan diri dengan mempelajari bahasa asing. Untuk itu, kamu bisa mengambil kelas bahasa asing di Lister for Company.

Saat memulai bisnis, kamu bisa mengawali dengan mencari peluang usaha. Bagaimana mencari ide peluang usaha, terutama di kota dan desa? Berikut ulasannya.

Apa itu Peluang Usaha?

Peluang usaha adalah kesempatan seorang pebisnis dalam meraih tujuan bisnis, yakni imbal hasil. Cara yang dilakukan adalah menggunakan sumber daya yang tersedia.

Apa saja ciri-ciri peluang usaha yang baik?

1. Dapat mendatangkan profit.

2. Modal yang dibutuhkan dapat dipenuhi pemilik bisnis.

3. Bukan usaha musiman.

4. Memiliki nilai jual.

5. Dapat berkelanjutan dalam jangka waktu panjang.

6. Dapat diekspansi.

7. Tidak sekadar ambisi pebisnis, tetapi bersifat riil.

Analisis Peluang Usaha

Bagaimana menilai apakah suatu peluang usaha layak dijalani atau tidak? Kamu bisa menerapkan cara analisis SWOT.

Analisis SWOT terdiri dari Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Kesempatan), dan Threat (Ancaman). Metode analisis ini adalah yang paling mudah dan paling umum dilakukan.

1. Strength (Kekuatan)

Pertama, kamu harus mengetahui kelebihan yang membuat kamu unggul dibandingkan kompetitor. Kamu bisa memaksimalkan keunggulan tersebut untuk menjaring pelanggan.

2. Weakness (Kekurangan)

Selanjutnya kamu harus mengetahui apa saja hal-hal yang menjadi kekuranganmu dibandingkan kompetitor. Tujuannya agar kekurangan tersebut tidak menjadi bom waktu di kemudian hari.

3. Opportunity (Peluang)

Dengan kelebihan dalam situasi yang ada, apa peluang yang dimiliki? Hal ini perlu kamu analisis agar dapat mengetahui potensi di mana bisnismu dapat berkembang.

4. Threat (Ancaman)

Hambatan apa yang mungkin muncul seiring berjalannya bisnismu? Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa mengoptimalkan cara mengatasinya.

Contoh Peluang Usaha

Lantas apa saja peluang usaha yang dapat menjadi ide buatmu? Berikut beberapa contohnya.

Peluang Usaha di Kota

Pertama, akan dibahas contoh peluang usaha di kota.

Tempat Nongkrong dengan Wi-Fi

Nongkrong menjadi salah satu kebutuhan anak muda saat ini. Hal tersebut dapat menjadi peluang usaha yang bagus.

Sediakan wi-fi dan menu yang beragam agar menarik minat konsumen. Pilih tempat yang strategis, misalnya di dekat keramaian atau di dekat kampus.

Kuliner Kekinian

Anak muda dikenal akan kreativitasnya, termasuk dalam membuat kuliner. Maka dari itu, kuliner kekinian sangat diminati di kalangan anak muda.

Hal ini bisa menjadi peluang bagi kamu. Pikirkan kuliner yang tengah populer dan modifikasi agar sesuai dengan selera konsumen.

Jual Pakaian

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer, sehingga akan selalu dicari. Manusia juga selalu membutuhkan pakaian yang beragam untuk berbagai keperluan.

Maka dari itu, berjualan pakaian dapat menjadi peluang yang menarik untuk dijajal. Kamu bisa menargetkan segmen tertentu sesuai dengan minat bisnismu.

Peluang Usaha di Desa

Sementara itu jika kamu tinggal di desa, apa peluang usaha yang bisa kamu jalani?

Produksi Produk Organik

Saat ini semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan dan hidup bersih. Makin banyak yang sadar risiko bahan kimia berlebih dalam makanan.

Maka dari itu, produk organik yang diproduksi secara alami tanpa bahan kimia berlebih akan menjadi peluang usaha yang menarik.

Jual Telur Segar

Kamu tidak memerlukan lahan yang terlalu luas untuk menjalankan bisnis peternakan ayam dan produksi telur. Usaha ini dipastikan sehat, menguntungkan, dan akan selalu dibutuhkan.

Berkebun

Kamu memerlukan lahan yang cukup luas untuk berkebun. Selain itu, kamu memerlukan pengetahuan tentang perkebunan.

Kamu bisa memilih tanaman yang hendak ditanam, seperti cabai, teh, kopi, sayur, atau buah-buahan.