Bimbingan TPA Bappenas Online, Raih Studi dan Karir Impian

bimbingan tpa bappenas

Bimbingan TPA Bappenas – Dengan kemajuan teknologi dan segala kemudahan yang ada, sekarag ini kamu bisa mengakses bimbingan secara online. 

Ada tutor dan fasilitas berupa materi dan panduan untuk  mengembangkan potensi akademik dan profesional. Simak penjelasan seputar cara raih skor tinggi pada TPA Bappenas. 

TPA Bappenas

TPA Bappenas merupakan salah satu jenis tes potensi akademik yang dikembangkan oleh Unit Usaha Otonom Penyelenggara Tes (UUO PT) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Indonesia. 

Ujian ini dirancang untuk mengukur potensi kognitif dan kemampuan berpikir logis pada diri individu. Terutama dalam pengetahuan seperti matematika, bahasa, hingga logika. 

TPA Bappenas digunakan sebagai salah satu alat ukur untuk menilai kemampuan calon mahasiswa atau peserta seleksi yang akan masuk dalam sebuah instansi. 

Adanya perkembangan dari ujian potensi ini, Bappenas memiliki visi dan misi dalam memberikan alat yang obyektif dan standar sama untuk mengukur kemampuan para peserta. 

Tes TPA Bappenas menjadi penting dalam meraih studi dan karir impian, karena hasil tes ini dapat memengaruhi peluang seseorang untuk melanjutkan pendidikan atau memperoleh pekerjaan sesuai yang diminati. 

Hasil TPA Bappenas, yang sering juga disebut sebagai TPA OTO Bappenas, memiliki peran penting sebagai standar seleksi masuk bagi berbagai institusi pendidikan dan instansi. 

Seperti, perguruan tinggi, banyak perguruan tinggi di Indonesia menggunakan hasil TPA Bappenas sebagai salah satu faktor penentu dalam proses seleksi masuk. 

Selain itu, ada juga program beasiswa. Ada beberapa program beasiswa dalam negeri menggunakan hasil TPA Bappenas sebagai salah satu kriteria pemilihan penerimanya. 

Di beberapa kasus, jenis tes potensi akademik ini juga digunakan oleh instansi pemerintah dalam melakukan proses seleksi pegawai atau tenaga kontrak. 

Tujuan TPA Bappenas

TPA Bappenas kini tidak hanya digunakan untuk beasiswa S-2 dan S-3 di luar negeri. Berikut contoh seleksi masuk yang menggunakan TPA Bappenas.

  • Program S-2 dan S-3 perguruan tinggi negeri dan swasta dalam negeri
  • Penerimaan pegawai baru
  • Mutasi/promosi jabatan oleh departemen/lembaga non-departemen di pusat dan daerah serta BUMN/BUMD
  • Mutasi/promosi jabatan di perusahaan swasta

Tujuan dari penggunaan TPA Bappenas dalam berbagai seleksi dalam negeri menunjukkan bahwa tes ini memiliki peran yang sangat penting dalam mengevaluasi kemampuan akademik dan potensi kognitif individu. 

Oleh karena itu, persiapan yang baik dan pemahaman tentang jenis tes ini sangat diperlukan bagi para calon peserta yang ingin meraih studi dan karir impian di dalam negeri.

Struktur TPA Bappenas

TPA Bappenas terdiri dari 250 soal yang harus dikerjakan dalam 3 jam, yakni terdiri dari tiga bagian.

  • Tes Kemampuan Verbal mengukur kemampuan seseorang memahami kata dan bahasa.

Salah satu bagian yang diujikan adalah, Kemampuan Sinonim dan Antonim. 

Aspek ujian yang mengujikan pemahaman tentang kata, seperti kemampuan untuk mengidentifikasi sinonim atau kata dengan makna yang mirip dan antonim atau kata dengan makna yang berlawanan. 

  • Tes Numerik mengukur kemampuan seseorang menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan angka.

Salah satu aspek yang diujikan dalam tes potensi akademik adalah Pemecahan Masalah. Tes Numerik sering mencakup soal-soal yang menuntut pemecahan masalah. 

Para peserta diharapkan untuk mengidentifikasi masalah, merancang strategi untuk menyelesaikannya, dan melakukan perhitungan yang diperlukan.

  • Tes Penalaran mengukur kemampuan penalaran dan permasalahan secara logis.

Tes Penalaran adalah jenis ujian yang dirancang untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berpikir logis, menganalisis informasi. 

Selain itu, mengujikan pada kemampuan seseorang dalam membuat keputusan yang rasional. 

Tes ini sering digunakan dalam berbagai konteks, termasuk seleksi masuk perguruan tinggi, seleksi pekerjaan, dan penilaian kemampuan analitis dalam berbagai situasi.

Beberapa soal dalam tes Penalaran mungkin mencakup pertanyaan tentang logika formal, seperti proposisi, implikasi, dan kontradiksi.

Tips TPA Bappenas raih skor di atas 500

Meraih skor di atas 500 dalam TPA Bappenas bisa menjadi impian yang menantang, tetapi bisa dicapai dengan persiapan yang baik dan tekad untuk berhasil. 

Pahami perintah soal

Setiap bagian memiliki perintah masing-masing. Walaupun sudah sering berlatih, sebaiknya kamu tetap membaca bagian perintah dengan cermat, karena tidak menutup kemungkinan adanya perubahan.

Pertajam logika

Perbanyak latihan soal-soal yang memerlukan penalaran logika. Pasalnya mengerjakan soal logika cukup memakan waktu jika kamu tidak memahami cara mengerjakannya.

Selain itu, kamu dapat mengasah kemampuan berpikir untuk soal bagian lain dengan logika yang tepat.

Simulasikan Kondisi Ujian

Pentingnya untuk melakukan simulasi kondisi ujian terutama yang fokus pada pembagian waktu pengerjaan. 

Ujian sering memiliki batasan waktu yang ketat. Dengan mensimulasikan kondisi ujian, kamu dapat berlatih dalam mengelola waktu dengan baik. 

Seperti menjawab setiap soal dalam waktu yang ditentukan. Ini membantu mengurangi risiko tidak selesai dalam tes sebenarnya.

Periksa Hasil dan Pelajari dari Kesalahan

Setelah mengerjakan latihan soal, periksa jawaban kamu dan pelajari dari kesalahan yang dibuat. Ini akan membantumu dalam memahami di mana kamu perlu meningkatkan pemahaman.

Mengikuti bimbingan TPA Bappenas 

Jangan ragu untuk memilih Lister sebagai lembaga belajar TPA Bappenas. 

Bimbingan belajar di Lister atau lembaga bimbingan serupa bisa menjadi sumber yang berharga untuk membantumu dalam meraih skor di atas 500 dalam TPA Bappenas. 

Lister menyediakan banyak fasilitas bagi peserta, seperti materi pembelajaran yang komprehensif, termasuk buku panduan, soal latihan, dan pelajaran yang disesuaikan. 

Adanya banyak latihan soal dan kerjakan sebanyak mungkin soal latihan untuk mengasah keterampilanmu dalam menjawab jenis pertanyaan yang mungkin muncul dalam TPA Bappenas.

Bimbingan TPA Bappenas, Siapkan Diri Raih Skor Tertinggi

Mengerjakan TPA Bappenas membutuhkan persiapan matang dari jauh-jauh hari, terutama jika menargetkan skor tinggi. Agar lebih maksimal, ikuti Kursus TPA Bappenas di Lister.

Alumni Lister terbukti telah meraih skor 610 di TPA SBM ITB setelah mengikuti kursus di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh jcomp di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.