Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Belajar TOEFL Sendiri Tanpa Ribet, Begini Triknya!

Belajar TOEFL Sendiri Tanpa Ribet

Kursus TOEFL iBT –  Jika kamu ingin belajar TOEFL sendiri tanpa ribet, hal terpenting yang harus ada adalah strategi. Kamu akan diuji kemampuan bahasa Inggris (Mendengarkan, Membaca, Berbicara dan Menulis) dalam waktu yang sangat terbatas. 

Oleh sebab itu, kamu mesti menyusun strategi untuk menggunakan waktu yang diberikan dengan sangat efisien. 

Tentu saja, kamu memerlukan strategi yang berbeda untuk keterampilan yang diuji. Untuk memahami triknya, simak penjelasannya berikut ini. 

Baca juga: Pelajari Panduan Test TOEFL

Reading 

Bagian Reading yang akan kamu temukan akan cukup panjang dan beragam topik. Biasakan diri dengan berbagai jenis pertanyaan yang akan ditemui. Kenali semua jenis pertanyaan yang berbeda seperti pertanyaan benar-salah, parafrase, dan sinonim kosakata. 

Listening 

Bagian terpenting dari tes listening adalah kemampuan membuat catatan. Jika kamu tidak memiliki catatan yang baik, akan sulit untuk menjawab pertanyaan.

Ingat, pertanyaan tidak akan muncul di layar komputer saat kamu mendengarkan rekaman. Kamu akan mendengarkan rekaman terlebih dahulu dan kemudian menjawab semua pertanyaan yang terkait dengan bagian mendengarkan tersebut. Sehingga, latihlah kemampuan mencatat keyword dari percakapan yang didengar sesering mungkin. 

Baca juga: Institusi Penerima Skor TOEFL iBT, Mana Saja?

Speaking 

Bagian speaking di tes TOEFL iBT ini cukup berbeda dengan yang ada di tes IELTS. Terlepas dari kenyataan bahwa kamu akan berbicara di depan komputer, kamu juga perlu membuat catatan saat mendengarkan percakapan.

Tes speaking memiliki enam bagian, dan pertanyaan  setiap bagian akan didasarkan pada percakapan. Keterampilan mencatat sangat penting untuk dapat sukses di tes ini. 

Khusus untuk bagian speaking, kamu bisa berlatih dengan membuat daftar pertanyaan dan menjawabnya. Contoh membuat daftar pertanyaan seperti, “ Apa favoritnya kamu..?” lalu  menjawabnya sendiri. 

Saat berlatih untuk speaking, sebaiknya rekam respons kamu dan putar ulang kepada diri sendiri atau orang lain untuk melihat seberapa baik kamu melakukannya.

Writing 

Untuk mengasah bagian writing, miliki rencana bagaimana menyusun esai dan gunakan sebagai persiapan sebelum mengikuti ujian yang real

Setiap kali kamu menyelesaikan esai, tunjukkan kepada teman atau dosen, atau siapa saja yang dapat membantu mengoreksi esai kamu. Misalnya, meminta proofreader atau tutor untuk mengoreksi dan memberikan feedback

Kursus TOEFL iBT, Saatnya Raih Skor Tinggi 

Mengerjakan TOEFL membutuhkan persiapan matang dari jauh-jauh hari, terutama jika menargetkan skor yang tinggi. Agar lebih maksimal, ikuti Kursus TOEFL iBT di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!