Belajar Sapaan Bahasa Rusia Berbagai Situasi: Privyet!

sapaan bahasa rusia

Kursus Bahasa Rusia – Tertarik belajar bahasa Rusia? Kamu menemukan tempat yang tepat. Kamu dapat mengikuti sebagai awal mula. Salah satunya dengan mengetahui sapaan bahasa Rusia.

Sopan santun adalah hal yang penting dalam berbagai bahasa. Terutama dalam mengenal sapaan dan kata pembuka untuk mengawali percakapan dalam bahasa Rusia.

Saat mempelajari percakapan sehari-hari, kamu tentu harus menguasai kata sapaan. Berikut berbagai kata sapaan bahasa Rusia yang wajib kamu pelajari.

Здравствуйте (Zdravstvuyte)

Kata ini berarti “halo”. Penggunaannya netral, dapat diucapkan kepada siapa saja dalam situasi formal atau informal. Akar katanya merujuk pada makna harapan agar orang yang diajak bicara “sehat dan baik”.

Здравствуй (Zdrastvui)

Kata ini berarti “halo”, yakni versi informal dari Zdravstvuyte. Di sisi lain, kata halo dalam bahasa Rusia memiliki dua bentuk utama yaitu Zdravstvuyte dan Privet. Zdravstvuyte adalah bentuk formal yang digunakan ketika kamu ingin menyapa seseorang dengan sopan.

Misalnya ketika berbicara dengan orang yang tidak terlalu akrab atau dalam situasi resmi.

Привет (Privyet)

Kata ini berarti “hai”. Penggunaannya cenderung informal, yakni dapat digunakan kepada teman. Sebaiknya jangan gunakan sapaan ini dalam situasi resmi, seperti acara bisnis atau rapat kantor.

Di sisi lain, sapaan bahasa Rusia Privet adalah bentuk informal dari menyapa atau mengatakan halo”dalam bahasa Rusia. Ini biasanya digunakan ketika kamu berbicara dengan teman atau orang yang lebih muda, dan berada di suasana yang lebih santai.

Здорово (Zdarova)

Kata ini berarti “halo”, termasuk bahasa slang di Rusia. Kata ini hanya dapat digunakan di antara sesama teman laki-laki.

Доброе утро (Dobroye utro)

Ungkapan sapaan bahasa Rusia berarti “selamat pagi”. Kata ini digunakan untuk menyapa atau mengucapkan selamat pagi kepada seseorang. Kata “Доброе” (Dobroye) berarti “baik” atau “bagus,” sedangkan “утро” (utro) berarti “pagi.”

Добрый день (Dobryy den)

Kata sapaan bahasa Rusia ini berarti “selamat siang”. Secara harfiah, “Добрый” (Dobryy) berarti “baik” atau “bagus,” dan “день” (den‘) berarti “siang” atau “hari.”

Jadi, ketika kamu menggunakan ungkapan sapaan bahasa Rusia, sebenarnya mengucapkan harapan bahwa hari atau siang seseorang akan menjadi baik.

“Добрый день” adalah sapaan yang umum digunakan dan dapat diucapkan kepada siapa saja ketika hari masih dalam periode siang untuk teman, keluarga, rekan kerja, atau orang lain yang ditemui di tengah hari.

Добрый вечер (Dobryy vecher)

Ungkapan sapaan bahasa Rusia ini berarti “selamat sore”. Ungkapan “Добрый вечер” (Dobryy vecher) dalam bahasa Rusia berarti “selamat sore” dalam bahasa Indonesia.

Secara harfiah, “Добрый” (Dobryy) berarti “baik” atau “bagus,” dan “вечер” (vecher) berarti “sore” atau “malam.”

спокойной ночи (Spokoynoy nochi)

Kata sapaan bahasa Rusia yang satu ini berarti “selamat malam”. Dalam suasana formal atau ketika berbicara dengan seseorang yang lebih tua atau tidak terlalu akrab, “Dobryi vecher” dapat digunakan untuk menyampaikan sapaan bahasa Rusia pada malam hari.

До свидания (Do svidaniya)

Kata ini berarti “sampai jumpa” atau “selamat tinggal”. Ungkapan ini dapat disampaikan dalam situasi formal maupun informal karena tergolong netral.

До встречи (Do vstrechi)

Kata sapaan bahasa Rusia ini berarti “sampai jumpa”. Biasanya ungkapan ini disampaikan kepada teman atau keluarga.

Secara keseluruhan, ungkapan sapaan bahasa Rusia ini bisa digunakan untuk mengungkapkan harapan akan bertemu kembali dengan seseorang di masa depan.

Ungkapan ini cenderung digunakan dalam situasi yang lebih akrab, seperti ketika berbicara dengan teman atau anggota keluarga.

Ну тогда до свидания (Nu togda do svidaniya)

Ungkapan ini berarti “semoga harimu menyenangkan”. Kata-kata ini dapat kamu gunakan sebagai pengganti “sampai ketemu”.

Ungkapan Sopan Santun Bahasa Rusia

  • Пожалуйста. (Pozhaluysta.) – Tolong.
  • Спасибо. (Spasibo.) – Terima kasih.
  • Прошу прощения. (Proshu proshcheniya.) – Maaf.
  • Не за что. (Ne za chto.) – Sama-sama.
  • Извините. (Izvinite.) – Permisi.
  • Без проблем. (Bez problem.) – Tidak masalah.

Contoh Percakapan Sapaan Bahasa Rusia

Natalya:Здравствуйте! (Zdravstvuyte!) – Halo!
Andrei:Как дела? (Kak dela?) – Apa kabar?
Natalya:Хорошо. Спасибо. (Horosho. Spasibo.) – Sangat baik. Terima kasih.
Andrei:Как тебя зовут? (Kak tebya zovut?) – Siapa namamu?
Natalya:Меня зовут Мандли. (Menya zovut Natalya.) – Namaku Natalya.
Andrei:Рада познакомиться. (Radа poznakomitsya.) – Senang bertemu denganmu.

Belajar sapaan bahasa Rusia dengan tutor berpengalaman

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class. Keterangan lebih lengkap tentang skema cicilan bisa kamu dapatkan dengan menghubungi Tim Lister.

Jadi kamu tertarik untuk mengikuti kursus bahasa Rusia All Skill di Lister? Jangan ragu untuk menghubungi academic consultant yang kami miliki.

Kamu dapat memilih jumlah pertemuan, mulai dari 2 sampai 80 pertemuan untuk pembelajaran lebih intensif pada kursus bahasa Rusia All Skill.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.