Belajar 33 Huruf Rusia Lengkap dengan Cara Bacanya!

huruf rusia

Kursus Bahasa Rusia – Seperti melansir di laman cnnindonesia.com, ada 5 bahasa tersulit di dunia diantaranya adalah bahasa Rusia.

Bahasa Rusia dinobatkan sebagai bahasa paling sulit dikuasai karena sistem penggunaan huruf Rusia yang berbeda dari biasanya sehingga mempengaruhi cara baca bahasa Rusia.

Rekomendasi Artikel : Belajar Sapaan Bahasa Rusia Berbagai Situasi: Privyet!

Belajar Huruf Rusia

Aksara Rusia dinamakan Aksara Kiril. Dalam bahasa Rusia, alfabet Rusia ini disebut русский алфавит (dibaca: russkiy alfavit) atau азбука (dibaca: azbuka).

Alfabet Rusia menggunakan aksara Kiril yang merupakan modifikasi dari aksara Glagolitsa. Yang dilakukan oleh para murid Santo Kiril dan Metodi dengan meminjam beberapa huruf dari alfabet Yunani

Kemudian menamakannya “aksara Kiril” untuk menghormati guru mereka.

Alfabet Rusia terdiri atas 33 huruf, dengan 10 vokal, 21 konsonan, 1 tanda pelunak dan 1 tanda pengeras. Berikut daftar huruf beserta cara membacanya:

Huruf Rusia

Huruf RusiaCara BacaHuruf Latin
АаAa
БбBeb
ВвVev
ГгGeg
ДдDed
ЕеYey
ЁёYo (yo)yo
ЖжZhezh
Зз Zez
Ииii
Ййi,yi,y
КкKak
Лл ElL
МмEmm
Нн Enn
Оо Oo
РрErr
СсEss
ТтTet
Уу Uu
Фф Eff
Хх KhKh
Цц Tsets
Чч Chech
ШшShash
Щщ Shchashch
Ъъ
ЫыYey
Ьь
ЭэEe
ЮюYuYu
ЯяYaYa
Huruf Rusia | Alfabet Rusia | Wikipedia – https://id.wikipedia.org/wiki/Alfabet_Kiril

Jika ingin mempelajari bahasa Rusia, maka bisa dimulai dengan mempelajari huruf Rusia terlebih dahulu. Sebab huruf adalah sebuah fondasi untuk mempelajari kata, baik menulis maupun membaca kata.

Dari mempelajari huruf Rusia kita juga bisa memahami cara membaca perhuruf dengan benar. Jika hal ini sudah dikuasi maka membaca kosakata Rusia tidak akan sulit dilakukan.

Cara membaca huruf Rusia

Berikut adalah kosakata bahasa Rusia yang bisa digunakan sebagai contoh dan belajar bahasa Rusia.

1. Membaca bahasa Rusia : Cпасибо (Terimakasih)

Berikut adalah contoh membaca bahasa Rusia dalam kosakata bahasa Rusia. Kosakata bahasa Rusia berikut adalah Cпасибо (spasibo) yang berarti terimakasih.

CПАСИБО
SPASIBO
Cara membaca huruf rusia

2. Membaca bahasa Rusia : Привет (Halo)

Berikut adalah contoh membaca bahasa Rusia dalam kosakata bahasa Rusia. Привет dapat dibaca privet yang memiliki arti hallo.

Привет
PRIVET
Cara membaca huruf rusia

3. Membaca bahasa Rusia : стол (Meja)

Berikut adalah contoh membaca bahasa Rusia dalam kosakata bahasa Rusia. стол dapat dibaca stolyang memiliki arti meja.

сТо л
STOL
Cara membaca huruf rusia

Jadi jika ingin mempelajari bahasa Rusia, akan lebih baik mempelajari cara membaca huruf dan juga banyak mengenal kosakata bahasa Rusia terlebih dahulu.

Benarkan bahasa Rusia sulit dipelajari?

Huruf-huruf Rusia memang memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan bahasa lainnya. Hal itulah yang kemudian menjadi alasan mengapa Rusia menjadi salah satu bahasa yang katanya tersulit untuk dipelajari.

Namun menurut laman foreign service institute, untuk penutur asli bahasa Inggris, bahasa Rusia termasuk bahasa dengan tingkat kesulitan 4 atau 5 (bersama banyak bahasa lain). Sehingga tetap mungkin untuk dipelajari orang Indonesia sekalipun.

huruf rusia
Huruf Rusia | Sumber : Pinterest

Uniknya, anggapan bahasa Rusia itu sulit justru datang dari orang -orang Rusia. Seumur hidup mereka, mereka telah diberitahu bahwa bahasa Rusia mustahil dipelajari.

Sedangkan, ratusan etnis berbeda yang tinggal di negara-negara bekas Uni Soviet mempelajari bahasa Rusia dan berbicara dengan lancar.

Selain itu, fakta bahwa orang-orang Barat yang telah lama tinggal di Moskow berbicara bahasa Rusia dengan lancar sepertinya tak cukup mematahkan sikap “masokhisme” orang Rusia terhadap bahasa mereka.

Belajar bahasa Rusia bersama Lister!

Ingin mempelajari bahasa Rusia lebih dalam? bisa belajar bareng Lister! Belajar bahasa Rusia di program kursus bahasa Rusia secara online.

Belajar bahasa Rusia bareng Lister cukup fleksibel, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya. 


Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang melalui WhatasApp Lister!

Hi Lister, saya membaca blog dan tertarik kursus di Lister

Sumber gambar sampul : Freepict

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.