Bahasa Rusia Terima Kasih, Bagaimana Cara Mengungkapkanya?

bahasa rusia terima kasih

Pelatihan Bahasa Rusia untuk Karyawan – Terima kasih adalah yang banyak digunakan dalam berinteraksi.  Kamu juga bisa menggunakan bahasa Rusia terima kasih untuk berbagai kondisi  seperti di chatting,  percakapan dengan teman dan lainnya. 

Belajar bahasa Rusia juga akan menambah kosakata baru kamu loh!

Bahasa Rusia terima kasih : Спасибо (Spasibo) 

Bahasa Rusia terima kasih Спасибо (Spasibo) salah satu kosakata bahasa Rusia yang populer atau mulai familiar di telinga orang Indonesia. 

Dasarnya  bahasa Rusia terima kasih adalah спасибо yang jika ditulis dengan abjad latin menjadi Spasibo.  

Namun dengan cara membacanya adalah spa-SI-ba di mana  kamu beri penekanan  pada  suku kata si dan fonem /o/ sama-sama dibaca a sehingga menjadi spasiba

Ternyata terimakasih bahasa Rusia tidak hanya berhenti pada спасибо (Spasibo) saja.  Melainkan bisa dikembangkan  dengan beberapa bentuk atau ungkapan terima kasih. 

Menurut Rusia Beyond ( id.rbth.com),  terima kasih dalam bahasa Rusia (Spasibo)  memiliki arti  Harfiah “Tuhan merahmatimu”  yang diambil dari bahasa  Slavia kuno. 

bahasa rusia terima kasih
Bahasa Rusia Terima Kasih | Sumber foto : Freepict

спаси” (spasi) dalam kata spasibo memiliki arti kata  selamatkan atau  melindungi. Makna ini berhubungan dengan  budaya keagamaan di Rusia.  

Dimana  kata Bahasa Rusia Terima Kasih spasibo  merupakan ungkapan untuk mengekspresikan rasa penghargaan  juga syukur atas perlindungan dan anugerah Tuhan. 

Yang akhirnya berkembang  menjadi ungkapan rasa syukur atas bantuan dan kebaikan yang diterima seseorang.

Ternyata artinya tidak sekedar terima kasih ya!  namun mengandung doa pengharapan rahmat Tuhan  untuk seseorang yang diberi ucapan spasibo. 

Baca juga : Belajar 33 Huruf Rusia Lengkap dengan Cara Bacanya!

Pengembangan kata спасибо (spasibo) 

Ada beberapa bentuk Bahasa Rusia Terima Kasih спасибо (spasibo) yang digunakan  untuk berbagai keadaan,  diantaranya 

1. Ungkapan terima kasih banyak 

Selain sekedar Spasibo,   kamu juga bisa menambahkan большое (bolshoe) sebelum  atau sesudah kata  Spasibo. Bolshoe ini memiliki arti banyak sehingga jika digunakan Spasibo Bolshoe maka memiliki arti terima kasih banyak. 

Bisa menggunakan kosakata Spasibo Bolshoe  dalam momen ketika kamu merasa sangat bersyukur atau berterima kasih yang cukup besar kepada seseorang atas  bantuan maupun berkat yang diberikan. 

2. Ungkapan lebih dari terima kasih banyak 

Jika Bahasa Rusia Terima Kasih  Spasibo Bolshoe digunakan untuk menggambarkan  tanda terima kasih banyak kepada seseorang.  Maka ada ungkapan lainnya,  yang menggambarkan  Terima kasih yang cukup besar atau lebih dari terima kasih banyak. 

Yang di dalam bahasa Rusia  memiliki penyebutan спасибо огромное (spasibo ogromnoe) di mana  ini mengungkapkan rasa syukur yang besar  atau rasa terima kasih yang besar kepada seseorang yang telah  memberikan bantuan. 

Kosakata Bahasa Rusia Terima Kasih ini bisa digunakan ketika kamu merasa sangat berterima kasih atau merasa sangat terbantu dengan berkat yang diberikan orang lain dan tidak cukup hanya mengucapkan terima kasih. 

3. Ungkapan terima kasih  secara informal

Jika kamu berada dalam lingkungan informal,  seperti berbincang dengan keluarga,  teman atau kerabat bisa menggunakan tambahan тебе setelah kata spasibo sehingga kosa kata menjadi спасибо тебе (spasibo tebe).

Тебе dalam bahasa Rusia berarti kamu. Sehingga penggunaan kosakata ini digunakan sebagai Bahasa Rusia Terima Kasih lingkungan Informal.

Jika ingin menggambarkan Terima kasih banyak  pada lingkungan informal,  maka tambahan Тебе di tengah Spasibo Bolshoe sehingga kata menjadi спасибо тебе большое (spasibo tebe bolshoe) yang berarti Terima kasih banyak untuk kamu. 

4. Ungkapan terima kasih  secara  formal 

Selanjutnya  Bahasa Rusia Terima Kasih dalam bentuk formal,  bahasa Rusia memiliki kata untuk menggambarkan sopan santun yaitu menggunakan вам (vam) dalam lingkup formal. 

вам (vam) memiliki arti anda  sehingga dalam penggunaannya cocok digunakan untuk lingkungan yang formal. 

Sehingga jika ungkapan terima kasih pada kondisi yang formal bisa menggunakan спасибо вам (spasibo vam).  

Untuk mengungkapkan Terima kasih banyak dalam situasi formal maka bisa menggunakan спасибо вам большое (spasibo vam bolshoe)  yang berarti Terima kasih banyak  kepada anda. 

Dengan perbedaan antara kamu dan anda seperti yang dijelaskan di atas maka penggunaannya harus disesuaikan dengan tempat dan lingkungan. Perbedaan tersebut membuat kita tahu bagaimana cara menghargai seseorang yang berbicara dengan kita dan juga sopan santun menggunakan kata. 

Baca juga : 7 Bahasa Tersulit Di Dunia, Rusia Nomor Berapa?

Bahasa Rusia sama-sama (membalas ucapan terima kasih)

Nah jika sudah belajar tentang bagaimana cara mengungkapkan terima kasih bahasa Rusia,  sekarang  kita belajar bahasa Rusia bagaimana menjawab ucapan terima kasih. 

Bahasa RusiaCara baca Arti bahasa Indonesia
ПожалуйстаPozhaluystaTidak masalah 
Не за что Ne za chtoTidak ada apa-apa
Пожалуй, рад был помочьPozhaluy, rad byl pomochTentu, senang bisa membantu
Рад был вам помочьRad byl vam pomochSenang bisa membantu Anda
Всегда рад помочьVsegda rad pomochSelalu senang bisa membantu
Bahasa Rusia sama-sama

Belajar bahasa Rusia secara terarah dan menyenangkan! 

Pelajari  bahasa Rusia lainnya yang lebih lengkap  Bersama Lister  di program kursus bahasa Rusia.    Kamu  bisa berfokus pada  kursus bahasa Rusia untuk persiapan tes TOERFL maupun kursus bahasa Rusia untuk karyawan  yang ditujukan untuk dunia kerja. 

Belajar bahasa Rusia  secara online dengan jam belajar yang fleksibel dan kesempatan memilih tutor sesuai kualifikasi kamu. Khusus kelas corporate  bisa mengajukan kelas tatap muka langsung dengan memenuhi jumlah minimal  peserta pelatihan  5 orang. 

Kursus bahasa Rusia ini  sudah disesuaikan dengan kebutuhan  pelajar baik untuk tujuan belajar sehari-hari,  persiapan tes TOERFL  dan juga kebutuhan pekerja. 

Follow Instagram Lister untuk dapatkan informasi terbaru  terkait bahasa dan layanan Lister.  Dan manfaatkan promo 10%  untuk kamu yang membeli kelas seharga satu jutaan ( maksimal diskon Rp500.000)  dengan kode voucher BLOGLISTER10.  Daftar melalui  WhatsApp Lister  sekarang juga! 

Sumber gambar : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 50% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.