15 Istilah Bahasa Gaul Jaksel dan Artinya, Seperti Apa?

bahasa gaul jaksel

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Tentu tidak asing lagi dengan istilah Jaksel yang merupakan akronim dari Jakarta Selatan. Nah, daerah yang satu ini terkenal dengan bahasa gaulnya yang banyak digunakan oleh masyarakat bahkan sudah terkenal. 

Belakangan ini pun, bahasa Jaksel mulai banyak digunakan di media sosial dalam berbagai perbincangan dengan teman. Katanya sih anak Jakarta belum gaul kalau belum pakai bahasa ini. 

Apa saja sih bahasa gaul Jaksel dan artinya kamus bahasa gaul Jaksel? 

Selain bahasa daerah, istilah bahasa Jaksel sendiri adalah bahasa kebanggaan yang sering digunakan oleh masyarakat terutama anak tongkrongan JakSel, gen Z dan ABG Jaksel. Tren bahasa Jaksel sendiri mulai populer sejak tahun 2018. 

Uniknya, istilah bahasa gaul Jaksel bisa menjadi kata pendukungnya yang mendeskripsikan keadaan seseorang. 

Eits, tetapi Lister penasaran dari mana munculnya bahasa gaul Jaksel ini, apa mereka membuat bahasanya sendiri? Nah, ternyata walaupun disebut ‘bahasa gaul JakSel’ terdapat campuran bahasa Inggris serta bahasa Indonesia yang sudah terkenal serta menyebar ke kota-kota besar lainnya. 

Bahasa Jaksel pun berkembang pesat dari yang tadinya hanya digunakan oleh anak tongkrongan atau anak remaja, kini sudah banyak muncul di media sosial untuk mengirim pesan atau menulis sesuatu. 

Selain itu, bahasa yang satu ini sesuai untuk diterapkan dalam obrolan sehari-hari dengan teman. Berikut beberapa istilah bahasa gaul Jaksel dan artinya kamus bahasa gaul Jaksel.

Baca juga: Kenali Good Vibes Artinya Bahasa Gaul Inggris, Sering Dipakai

Istilah hubungan sosial dalam Bahasa Gaul Jaksel

Tidak bisa dipungkiri apabila di masa sekarang bahasa Inggris banyak mendominasi obrolan, termasuk dalam bahasa Jaksel, nih. 

Ya, rasanya tanpa ada campuran bahasa Inggris obrolan akan terasa kaku. Jadi, tidak heran apabila dalam bahasa Jaksel ada beberapa istilah hubungan sosial yang dicampur bahasa Inggris, antara lain:

1. Gas lighting, yaitu keadaan saat seseorang menipu daya suatu keadaan agar bisa mendapat posisi lebih tinggi. Tipe orang seperti ini biasanya tidak akan meminta maaf. Siapa yang sebelumnya mengira ini berarti nyalain gas? Istilah ini sendiri sering digunakan saat para pasangan sedang berseteru atau cekcok. 

2. Couple goals, yaitu istilah untuk pasangan yang patut dicontoh atau menjadi panutan banyak orang. 

3. Istilah kali ini digunakan untuk menyebut percakapan mendalam antara dua orang yang membahas tentang hubungan mereka, yaitu deep talk. Bisa dikatakan juga sebagai bicara dari hati ke hati. 

4. Trust issue, istilah ini sering digunakan untuk menyebut orang sulit mempercayai orang lain. Krisis rasa percaya seperti ini biasanya dikarenakan rasa kecewa pada masa lalunya.

5. Siapa yang sering di-ghosting, nih? Pasti tahu arti istilah tersebut, yaitu sebutan untuk orang yang suka tiba-tiba menghilang tanpa memberi kabar ataupun kepastian. Istilah ini sendiri diambil dari bahasa Inggris, yaitu ‘ghost‘ yang artinya hantu.

Baca juga: Crush dalam Bahasa Gaul: Penjelasan dan Contoh Penggunaan

6. Kali ini ada istilah healthy relationship atau hubungan asmara yang sehat dan tidak ada hal yang negatif dari perbincangan dan sikap.

7. Bestie, bahasa gaul yang satu ini berasal dari best friend atau teman baik. Tentunya, bestie tidak akan bisa ditemukan dalam kamus bahasa Inggris. Biasanya istilah ini digunakan untuk memanggil teman akrab, nih.

8. Kalau bestie lebih sering digunakan para perempuan, tenang saja ada bro mens untuk para teman cowok. Biasanya istilah bro mens digunakan untuk memanggil teman yang akrab antara dua laki-laki.

9. Toxic relationship, istilah ini adalah lawan dari healthy relationship. Bisa disimpulkan bahwa toxic relationship berarti hubungan yang tidak sehat serta merugikan satu sama lain. Nah, pasti dalam hubungan ini ada yang red flag, istilah baru yang berarti harus dihindari atau berhenti. 

Dalam kondisi menghadapi orang dengan sifat red flag atau bisa dikatakan berbahaya untuk kita sendiri lebih baik dihindari. Adapula istilah green flag yang menunjukkan sifat baik seperti perhatian, lembut, sayang, dan lainnya sehingga melahirkan hubungan yang sehat.

10. Dalam sebuah hubungan pasti ada cekcok yang membuat masing-masing akan menunjukkan sikap kesal atau lainnya.

Di kondisi ini salah satunya akan ada yang melakukan silent treatment, yaitu sikap seseorang yang mengabaikan pasangan dalam jangka waktu tertentu, parahnya tanpa memberi penjelasan atau mencoba menyelesaikan masalah. Semacam ingin pasangannya sadar dengan sendirinya gitu.

Baca juga: Apa itu Cosplay? Bahasa Gaul Sering Muncul di Media Sosial

11. Emotional abuse, kali ini ada sebutan untuk seseorang yang suka memanipulasi orang lain dengan tindakan atau perkataan yang bersifat mengancam. Kali ini lebih berbahaya dari gaslighting sepertinya karena sudah melibatkan emosional atau perasaan. Hal ini akan membuat orang lain merasa diintimidasi dan ketakutan.

12. Strict parents pasti ada yang mengalaminya, di mana ada larangan tertentu tentang pergi ke mana, pertemanan, dan lainnya. Ya, istilah ini memang ditujukan untuk orang tua yang terlalu mengekang anaknya dengan tidak memberi kebebasan anaknya untuk melakukan hal yang disukainya.

13. Ada juga seseorang yang memiliki sifat clingy, sehingga banyak dibenci oleh orang di sekelilingnya. Clingy sendiri adalah sikap seseorang yang cenderung mengandalkan atau bergantung pada orang lain. Istilah ini dikenal juga dengan cringe dan sering terjadi dalam hubungan percintaan maupun pertemanan.

14. Love language ini menghiasi kamus percintaan, sesuai artinya berarti bahasa cinta. Dengan kata lain, istilah ini digunakan untuk menyebut bahasa cinta atau tindakan seseorang kepada pasangannya sebagai tanda cinta.

15. Support system berarti sistem pendukung atau bisa diartikan sebagai lingkungan yang saling mendukung. Salah satu support system adalah keluarga yang selalu ada untuk kita dalam suka dan duka, atau kamu punya support system lainnya?

Nah, itulah beberapa istilah bahasa gaul Jaksel dan artinya kamus bahasa Jaksel yang pasti sudah kamu ingat karena sering muncul di media sosial. Selain yang telah disebutkan di atas, pasti ada istilah lainnya yang sudah kamu ketahui. 

Memang perkembangan bahasa gaul Jaksel sangatlah cepat, sehingga kita perlu menyesuaikannya dengan baik.

Bahasa gaul jaksel muncul sebagai sebuah perkembangan kebahasaan di tengah masyarakat. Dilihat dari segi bahasa, bahasa gaul jaksel ini mencampurkan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam satu kalimat. 

Seiring berjalannya waktu, bahasa gaul jaksel biasa digunakan di wilayah Jakarta Selatan. Penggunaannya yang dominan dalam situasi informal menunjukkan bahwa bahasa ini merupakan sebuah pilihan dalam ranah pergaulan. 

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.