Apa itu Cosplay? Bahasa Gaul Sering Muncul di Media Sosial

apa itu cosplay

Kursus Bahasa Jepang – Bagi kamu yang sering wara wiri di aplikasi media sosial, seperti Twitter, Facebook, dan Instagram pasti tidak asing dengan salah satu kata gaul, cosplay

Namun, sebagian dari kamu mungkin bingung dengan apa itu cosplay. Ternyata kata tersebut diambil dari bahasa Jepang yang kerap muncul saat adanya festival atau peragaan kostum. 

Ketahui lebih banyak seputar cosplay berikut ini. 

Apa itu Cosplay?

Cosplay merupakan kata serapan dari bahasa Jepang yaitu Kosupure ke dalam bahasa Inggris. Cosplay adalah perpaduan dari dua kata yaitu Costume yang berarti kostum atau pakaian dan Play yang berarti permainan. 

Jadi, cosplay artinya permainan kostum atau pakaian. Kata tersebut sering muncul saat ada festival peragaan kostum terutama pada karakter anime, game, dan manga Jepang atau kartun. 

Ada sebutan untuk seseorang yang melakukan cosplay yaitu cosplayer

Sejarah Cosplay 

Cosplay merupakan kegiatan yang cukup unik dan ikonik dengan mengadaptasi karakter manga, anime, atau game ke dunia nyata. 

Contoh pertama kegiatan cosplay yang berhasil di dokumentasikan terjadi pada tahun 1908 ketika sepasang suami istri dari Ohio, William Fell, menghadiri pesta topeng dengan kostum yang menggambarkan Tuan Skygack dan Nona Pickles. 

Karakter tersebut adalah manusia luar angkasa dari komik surat kabar yang pertama kali dimuat di Chicago Day Book.

Dilain sumber, penggunaan kata cosplay diperkenalkan oleh Takahashi Nobuyuki yang menghadiri acara di Los Angeles Science-Fiction Convention pada tahun 1984. 

Jenis Cosplay 

Sebetulnya, ada banyak jenis cosplay yang biasa digunakan oleh para penggemar. Beberapa diantaranya, 

  • Cosplay anime yang berarti permainan kostum dan aksesoris yang menyamai karakter di anime Jepang. 
  • Harajuku Style yang menunjukkan karakter dalam dongeng hingga film. Biasanya, orang yang berpartisipasi di Harajuku Style juga mengadaptasi karakter kartun. 
  • Cosplay gothic. Seperti namanya, gothic umumnya didominasi warna serba hitam atau gelap. Cosplay gothic bisa muncul dengan memerankan karakter vampir atau malaikat pencabut nyawa yang menyeramkan. 

Dapatkan Garansi Skor Bahasa Jepang 

Setelah menentukan jumlah kelas, tutor, hingga kelas pengganti. Kamu juga bisa mendapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Program Garansi Skor sangat menguntungkan kamu, jika ingin mempersiapkan diri menghadapi uji kemahiran bahasa Jepang.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.