Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Arti Mise en Place di Industri Kuliner, ini Tahapannya

Mise en Place

English for Food and Beverages – Dalam dunia kerja di bidang kuliner, umumnya memiliki alur kerja yang profesional di antara para pekerja. Ada beberapa tahapan yang dilakukan guna menciptakan proses kerja yang efektif dan efisien.

Salah satunya adalah tahapan persiapan (preparation) atau Mise en Place. Tahap ini dilakukan untuk memudahkan para senior cook yang mengolah bahan baku menjadi sajian  yang siap digunakan. 

Pengertian Mise en Place

Mise en Place berasal dari istilah bahasa Perancis yang artinya “pembentukan atau persiapan”. Contoh tahapan Mise en Place di dapur di antaranya adalah membersihkan, mengupas, memotong, dan memasak bahan pokok menjadi sajian menu yang siap disajikan para koki. 

Tahukah kamu, proses Mise en Place tak hanya fokus pada persiapan hidangan, tetapi juga alat penunjang operasional. Tujuan dari Mise en place dilakukan agar proses alur kerja berjalan lancar tanpa membuat tamu komplain.

Tujuan Mise en Place 

Jadi, apa fungsi dan tujuan utama Mise en Place? Yakni untuk menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan seperti untuk memasak, memanggang, atau meracik hidangan terakhir tamu.

Baca juga: Pelatihan Bahasa Asing untuk Industri Food & Beverage

Mengapa Mise en Place Penting?

Mise en place adalah kunci untuk memelihara dapur berjalan profesional dan lancar. Selain itu, Mise en place juga memungkinkan adanya layanan yang lebih baik. Agar hidangan lezat yang dimasak dengan sempurna disajikan tepat waktu, melakukan persiapan dan pengaturan yang tepat sangat penting.

Tahapan Mise en Place

Untuk melakukan tahapan Mise en Place dengan sukses, ada beberapa hal yang mesti disiapkan seperti kondisi ruang kerja yang rapi dan siap digunakan dengan peralatan dan perlengkapan yang tertata. Tahapan agar mise en place ini berjalan lancar, yaitu dengan: 

Cek Resep 

Pertama, baca dengan cermat bahan-bahan resep dan catat komponen dan peralatan masak yang diperlukan. 

Kumpulkan Semua Alat 

Kumpulkan semua peralatan yang kamu perlukan untuk menyiapkan bahan dan meracik hidangan. 

Kumpulkan Bahan-Bahan 

Pergilah ke pantry dan dapatkan semua bahan yang diperlukan. Gunakan resep sebagai panduan, ukur komposisi yang tepat. Sisihkan masing-masing bahan ini dalam mangkuk terpisah agar mudah diambil ketika diperlukan. 

Selesaikan tugas-tugas sederhana

Selesaikan tugas-tugas sederhana seperti memotong daging, mencuci buah dan sayuran, menggiling bumbu, memanggang kacang, dan memotong, mengupas, atau memotong bahan-bahan yang diperlukan.

Baca juga: Pecha Kucha: Strategi Presentasi yang Memikat Hati

English for Food and Beverages, Raih Peluang yang Lebih Luas 

Kosakata yang digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan tentu berbeda dengan percakapan sehari-hari. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus English for Food and Beverages di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!