Kenali Analisis SWOT dan Cara Menerapkan untuk Bisnis

analisis swot

Kursus Business EnglishAnalisis SWOT adalah salah satu teknik dasar perencanaan yang digunakan banyak bisnis. Tujuan metode analisis ini adalah mengenali kekuatan dan menggunakannya untuk mengatasi kelemahan dalam pengembangan bisnis.

Bagaimana cara menerapkan SWOT dalam strategi bisnis?

Analisis SWOT adalah

SWOT adalah akronim dari Strength, Weakness, Opportunity, Threats. Analisis SWOT adalah metode analisis yang menggunakan empat aspek tersebut.

Arti dari masing-masing aspek SWOT yaitu:

  • Strength – Kekuatan
  • Weakness – Kelemahan
  • Opportunity – Kesempatan
  • Threats – Ancaman

Keempatnya dapat dipecah lagi menjadi faktor internal dan eksternal. Strength dan weakness adalah faktor internal, seperti strategi bisnis, kualitas produk, dan sumber daya.

Sementara itu opportunity dan threats adalah faktor eksternal, seperti kondisi pasar, kompetitor, hingga kebijakan pemerintah.

Analisis menggunakan SWOT tidak hanya dilakukan pada awal mendirikan bisnis saja, tetapi sepanjang waktu. Pasalnya keempat faktor tersebut bersifat fluktuatif. Bisnis harus dapat merespons dengan proaktif.

Contoh Aplikasi SWOT

  • Kekuatan (strengths) digunakan untuk mengambil peluang (opportunities).
  • Kelemahan (weaknesses) dapat menimbulkan ancaman (threats) baru.
  • Kekuatan (strengths) digunakan untuk mengatasi ancaman (threats).

Baca juga: Butuh Ide Peluang Usaha di Kota dan Desa? Ulik di Sini!

Fungsi Analisis SWOT

Setelah mengetahui keempat faktor yang ada dalam SWOT, perusahaan dapat menggunakan hasil analisis untuk mengembangkan bisnis.

Dari sini perusahaan dapat mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan maupun dihindari. Perusahaan dapat menentukan prioritas dalam pengembangan bisnis.

Para stakeholder dan investor juga dapat mengetahui kondisi perusahaan, sehingga bisa mengambil kebijakan yang tepat.

Tanpa analisis menggunakan SWOT, perusahaan akan kesulitan memahami situasi internal, potensi pasar, dan peluang yang ada.

4 Faktor SWOT

Apa contoh faktor-faktor yang disebutkan dalam SWOT? Berikut penjelasannya, seperti yang disebutkan dalam Investopedia.

Strengths

Kekuatan (strengths) merujuk pada kelebihan suatu perusahaan atau organisasi yang membedakannya dengan kompetitor.

Contoh:

  • brand yang kuat
  • pelanggan setia
  • neraca yang kuat
  • kelebihan teknologi

Weaknesses

Kelemahan (weaknesses) dapat menghalangi perusahaan atau organisasi mencapai performa terbaiknya. Kelemahan ini harus diatasi agar dapat berkompetisi di pasar.

Contoh:

  • brand yang lemah
  • turnover di atas rata-rata
  • tingkat utang tinggi
  • rantai pasokan tidak mencukupi
  • kurangnya modal

Opportunities

Peluang (opportunities) merujuk pada faktor eksternal di mana perusahaan atau organisasi dapat bersaing. Contohnya terdapat peluang pasar baru menyediakan kesempatan untuk meningkatkan penjualan.

Threats

Ancaman (threats) merujuk pada faktor yang dapat mengancam perusahaan atau organisasi. Contoh:

  • naiknya harga bahan pokok
  • naiknya kompetisi
  • minimnya sumber daya manusia
  • bencana alam
  • kebijakan ekonomi dan politik

Cara Menerapkan Analisis SWOT

Bagaimana cara menerapkan analisis metode SWOT untuk merencanakan strategi bisnis? Pertama, pisahkan faktor internal dan eksternal terlebih dahulu.

Internal

Faktor internal adalah faktor yang dapat dikendalikan oleh perusahaan. Contohnya sumber daya manusia, sumber keuangan, aset brand, sistem kerja, dan lain-lain.

Kemudian buat daftar jawaban atas pertanyaan berikut.

  • (Strength) Apa kemampuan kita?
  • (Strength) Apa aset terbaik kita?
  • (Weakness) Apa kekurangan kita?
  • (Weakness) Di bagian mana performa kita kurang baik?

Eksternal

Faktor eksternal tidak dapat dikendalikan secara langsung oleh perusahaan, tetapi dapat mendukung kesuksesan. Contohnya kebijakan ekonomi, perubahan pasar, akses suplai, dan lain-lain.

Buat daftar jawaban atas pertanyaan berikut.

  • (Opportunity) Apa tren di pasar saat ini?
  • (Opportunity) Apakah ada kelompok demografi yang belum kita targetkan?
  • (Threat) Siapa saja kompetitor kita?
  • (Threat) Apakah ada kebijakan yang dapat menghalangi operasional kita?

Kursus Business English, Langkah Sukses untuk Karier Global

Kosakata yang digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan tentu berbeda dengan percakapan sehari-hari. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Sejumlah alumni Lister terbukti merasakan bagaimana kursus di Lister mendukung karier mereka. Cari tahu pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!