fbpx
Kursus Bahasa Inggris
Category Culture, Mandarin
gong xi fa cai

Kursus Bahasa MandarinGōng xǐ fā cái adalah ucapan yang biasa disampaikan saat Tahun Baru Imlek atau Lunar New Year. Tahun baru adalah perayaan besar di China, karena menyambut datangnya tahun serta keberuntungan yang baru.

Pada masa ini, orang-orang saling memberi ucapan harapan akan tahun yang baru, di antaranya adalah gōng xǐ fā cái. Namun apakah arti dari kosakata bahasa Mandarin tersebut? Berikut penjelasannya.

Makna Gōng Xǐ Fā Cái

Uang dan kemakmuran sangat dihargai di kebudayaan China. Memiliki dua hal tersebut dapat disebut sebagai keberuntungan.

Saat tahun baru Imlek, adalah hal yang lumrah untuk memberi ucapan harapan terkait kemakmuran seseorang. Terlebih kepada atasan dan rekan kerja. Gōng xǐ fā cái berarti, “Semoga kamu bahagia dan makmur.”

Variasi Gōng Xǐ Fā Cái

Lantas apa saja variasi yang bisa diucapkan untuk menggantikan gōng xǐ fā cái? Simak penjelasan berikut.

  • 财源广进 (cái yuán guǎng jìn) – Semoga uang dan hartamu selalu penuh.
  • 招财进宝 (zhāo cái jìn bǎo) – Semoga kemakmuran dan hart memenuhi rumahmu.
  • 一本萬利 (yī běn wàn lì) – Semoga kamu mendapat untung besar dari modal kecil.
  • 财源滾滾 (cái yuán gǔn gǔn) – Semoga kamu dihujani kemakmuran.
  • 吉星高照 (jí xīng gāo zhào) – Semoga kamu dihujani keberuntungan.
  • 大吉大利 (dà jí dà lì) – Semoga kamu mendapat keberuntungan dan untung besar.
  • 年年有馀 (nián nián yǒu yú) – Semoga kamu dianugerahi kelimpahan dan kemakmuran setiap tahun.
  • 新年大吉 (xīn nián dà jí) – Semoga kamu diberikan keberuntungan tahun baru ini.

Bagaimana asal-usul perayaan Imlek berawal? Perayaan tahun baru berdasarkan perhitungan bulan ini ternyata bermula dari sebuah legenda. Berikut ulasannya dalam artikel Fakta Tentang Tahun Baru Imlek: Tradisi hingga Ucapannya.

terima kasih kembali mandarin

Tradisi Tahun Baru Imlek

Tahun baru Imlek juga disebut Festival Musim Semi. Dalam perayaan ini, ada berbagai tradisi yang dilakukan oleh masyarakat keturunan Tionghoa di seluruh dunia.

1. Membersihkan dan menghias rumah

Selama Festival Musim Semi, orang akan membersihkan rumahnya. Hal ini menyimbolkan menghapus semua nasib buruk selama tahun lalu dan mempersiapkan rumah menerima keberuntungan.

Merah adalah warna utama perayaan tersebut, karena merah dipercaya sebagai warna yang menguntungkan. Setiap jalan, bangunan, dan rumah dihiasi warna merah, terutama lampion merah.

2. Makan malam bersama keluarga pada malam Tahun Baru

Tahun baru Imlek adalah waktunya keluarga berkumpul bersama. Makan malam bersama pada malam tahun baru adalah momen yang paling penting dalam satu tahun.

Pada malam tahun baru, orang akan menunggu-nunggu pergantian tahun. Setelah makan malam, keluarga akan menonton hiburan bersama.

3. Menyalakan kembang api

Menyalakan kembang api menjadi salah satu tradisi pada malam tahun baru. Mulai dari kota besar sampai daerah pedesaan, semuanya bergembira dengan menyalakan kembang api.

4. Membagikan angpao

Hadiah yang paling umum diberikan saat tahun baru Imlek adalah amplop merah berisi uang, atau sering disebut angpao.

Angpao tersebut diberikan kepada anak-anak dan orang yang belum menikah. Angpao menjadi tanda harapan keberuntungan kepada penerimanya.

5. Menonton barongsai

Barongsai atau tarian naga juga umum ditampilkan selama perayaan tahun baru. Penampilan ini bertujuan membawa keberuntungan dan kemakmuran selama tahun yang akan datang.

Belajar Budaya China, Mulai dari Bahasanya

Apakah kamu tertarik dengan kebudayaan China? Mempelajari suatu budaya tentu akan lebih seru jika menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Mandarin di Lister.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti Instagram Lister untuk informasi belajar bahasa asing lainnya dan promo terbaru.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Need Help?