Serba-serbi Tahun Baru Imlek: Legenda, Tradisi, dan Ucapan

tahun baru imlek

Kursus Bahasa Mandarin – Tahun Baru Imlek atau disebut juga Tahun Baru Lunar adalah perayaan besar di China dan komunitas masyarakat Tionghoa pada umumnya.

Perayaan ini dimulai berdasarkan munculnya bulan baru pada periode antara 21 Januari sampai 20 Februari, jika menurut penanggalan Gregorian. Sementara itu, perayaannya sendiri diselenggarakan sampai bulan purnama.

Seperti apa perayaan Tahun Baru Imlek dan seperti apa ucapannya? Simak penjelasan berikut ini.

Perayaan Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek ditetapkan berdasarkan pergerakan fase bulan. Sejak tahun 1990-an, di China terdapat libur khusus selama tujuh hari untuk merayakan tahun baru. Momen tersebut juga menjadi perayaan Festival Musim Semi.

Awal mula perayaan Imlek berasal dari sebuah legenda. Salah satunya adalah monster bernama Nian yang menyerang para penduduk desa setiap tahun baru. Secara harfiah, nian berarti tahun.

Monster ini takut dengan suara keras, cahaya, dan warna merah. Para penduduk desa pun membuat suara keras dan cahaya untuk mengusir si monster.

Perayaan dilakukan untuk memperingati tahun yang telah berlalu dan mendoakan keberuntungan pada tahun yang akan datang. Maka dari itu, Imlek selalu dirayakan dengan kembang api, pakaian berwarna merah, dan dekorasi.

Anak-anak muda diberi uang dalam amplop merah, yakni disebut dengan angpao.

Salah satu bagian dari perayaan juga adalah memberi penghormatan kepada leluhur. Pada masa Imlek, rumah-rumah dibersihkan untuk menghilangkan nasib buruk. Makanan spesial juga disiapkan selama perayaan.

Perayaan terakhir yang diselenggarakan adalah Festival Lampion, di mana lampion digantungkan di kuil atau dibawa selama festival di malam hari.

Naga adalah simbol keberuntungan di Tiongkok, sehingga barongsai yang merupakan tarian naga ditampilkan di banyak tempat.

hampers imlek

Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek

Berikut ini beberapa ucapan selamat tahun baru Imlek yang umum diucapkan kepada keluarga, kerabat, teman, atau rekan kerja. Contoh ucapan lain yang lebih bervariasi dapat kamu lihat dalam artikel 45 Quotes Imlek yang Bermakna, Tak Hanya Gong Xi Fa Cai.

  • 过年好 (guò nián hǎo) – Selamat tahun baru.
  • 新年快乐,万事如意 (xīn nián kuài lè, wàn shì rú yì) – Selamat tahun baru, semoga semua berjalan baik untukmu.
  • 新年快乐,阖家幸福 (xīn nián kuài lè, hé jiā xìng fú) – Selamat tahun baru, semoga keluargamu bahagia.
  • 恭喜发财 (gōng xǐ fā cái) – Semoga kamu dilimpahi kebahagiaan dan kemakmuran.
  • 恭喜发财,红包拿来 (gōng xǐ fā cái, hóng bāo ná lái) – Semoga kamu dilimpahi kebahagiaan dan kemakmuran, minta angpaonya.
  • 祝你…… (zhù nǐ) – Semoga kamu… (kepada orang yang lebih muda).
  • 祝您…… (zhù nín) – Semoga Anda… (kepada orang yang lebih tua).
  • 祝你新年快乐 (zhù nǐ xīn nián kuài lè) – Selamat tahun baru.
  • 春节快乐 (chūn jié kuài lè) – Selamat Festival Musim Semi.
  • 新春快乐 (xīn chūn kuài lè) – Selamat musim semi yang baru.

Belajar Budaya China, Mulai dari Bahasanya

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di China adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Mandarin di Lister.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti Instagram Lister untuk informasi belajar bahasa asing lainnya dan promo terbaru.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.