fbpx
Kursus Bahasa Inggris
Category Culture, Fakta, Mandarin
angpao imlek

Kursus Bahasa Mandarin – Angpao menjadi bagian dari tradisi Tahun Baru Imlek. Tahukah kamu, asal-usul tradisi memberi angpao Imlek ini?

Apa itu angpao Imlek?

Tradisi mendapatkan angpao saat Imlek biasanya paling dinanti-nanti oleh anak-anak dan orang yang masih lajang. Angpao merupakan hadiah berisi uang yang dimasukkan ke dalam amplop merah.

Dalam bahasa Mandarin disebut sebagai hongbao, lai see dalam bahasa Kanton, dan ang pow dalam bahasa Hokkien.

Warna merah melambangkan energi, kebahagiaan, dan keberuntungan dalam budaya Tionghoa. Umumnya, amplop merah untuk angpao sering dihiasi dengan kaligrafi dan simbol yang indah. 

Selain itu, amplop merah disebut ya sui qian (压岁钱 ), yang artinya menekan uang Sui (setan). Makna menerima amplop merah adalah harapan di tahun baru yang datang akan aman dan damai.

Asal-usul Tradisi Memberi Angpao Saat Imlek

Di balik pemberian angpao setiap hari raya Imlek, ternyata ada dua legenda menarik yang menjadi asal-usul tradisi ini. Berdasarkan Singapore Infopedia, terdapat legenda kuno di China tentang delapan Dewa yang mengubah dirinya menjadi koin. Ia membantu pasangan lansia menyelamatkan putranya dari iblis yang bernama Sui. Berdasarkan kepercayaan ini, pada malam tahun baru Imlek, orang tua akan membungkus delapan koin dengan kertas merah dan diletakkan di bawah bantal anaknya untuk mengusir setan.

Legenda lain menceritakan peristiwa kelahiran putra Kaisar Xuanzong pada zaman Dinasti Tang. Sang Kaisar memberikan koin emas dan perak kepada selirnya untuk digunakan sebagai jimat untuk melindungi bayinya.

Kemudian, tradisi ini diadaptasi menjadi pemberian uang yang dibungkus dengan kertas merah yang kini dipahami sebagai uang yang diberikan kepada anak-anak oleh orang tua.

Bagaimana dengan tradisi unik lainnya dari China? Baca ulasannya dalam artikel 11 Budaya China Unik yang Nggak Ada di Negara Lain!

Bagaimana ketentuan memberikan angpao?

angpao imlek

Angpao umumnya diberikan dari orang tua, pasangan, atau seseorang yang sudah menikah kepada anak-anak atau kerabat yang masih belum menikah.

Jumlah uang yang diberikan untuk angpao dapat bervariasi sesuai kemampuan, tidak ada ketentuan resmi mengenai hal ini. Akan tetapi, berikut acuan yang dapat digunakan untuk menentukan nominal angpao berdasarkan usia si penerima.

1. Untuk anak-anak bayi dan balita usia 0-3 tahun

Angpao dapat diberikan sejumlah Rp5.000 – Rp10.000, dengan pemahaman bahwa anak-anak dalam rentang usia ini masih menjadi tanggung jawab orang tua, sehingga tidak perlu memberikan angpao yang terlalu besar.

2. Untuk anak kecil usia 4-11 tahun

Angpao dengan sejumlah uang Rp10.000 – Rp50.000 bisa dikategorikan cukup untuk anak-anak usia ini.

3. Untuk remaja usia 12-17 tahun

Untuk anak remaja usia ini, nominal yang diberikan dapat lebih besar, yaitu sekitar Rp50.000- Rp100.000.

4. Untuk dewasa usia 18-22 tahun

Rentang usia ini sudah tergolong dewasa untuk menggunakan uang dengan baik, sehingga pemberian sejumlah Rp100.000-Rp200.000 cukup masuk akal.

5. Untuk dewasa dan sudah bekerja usia 23-29 tahun

Angpao Imlek sebesar Rp200.000-Rp500.000 dapat menjadi estimasi pilihan untuk kerabat atau anggota keluarga yang masih lajang atau belum menikah di usia dewasa.

 6. Untuk dewasa dan belum menikah usia di atas 30 tahun

Jumlah nominal yang diberikan dapat disesuaikan dengan budget, karena seseorang pada usia ini dapat dikategorikan sudah lebih mapan. Isi angpao yang diberikan kemungkinan tidak berpengaruh besar, tetapi doa yang tulus dan makna angpao akan lebih berarti bagi si penerima.

Secara umum, kamu dapat menentukan besaran angpao sesuai dengan kemampuan masing-masing, sehingga tak perlu memaksakan diri.

Kursus Bahasa Mandarin dengan Bimbingan Tutor Berkualitas!

Untuk memahami budaya, studi, hingga bekerja di China, kamu harus menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Mandarin Lister.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu).

Need Help?