Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

11 Budaya China Unik yang Nggak Ada di Negara Lain!

budaya china unik

Negara China terkenal dengan budayanya yang kental. Meskipun sudah modern, budaya tersebut tetap dipertahankan dalam keseharian masyarakat China.

Bahkan di negara lain, masyarakat China tetap mempertahankan budayanya. Contohnya budaya China di Indonesia yang masih dijalankan turun-temurun.

Beberapa tradisi China sangatlah unik, bahkan tidak dapat ditemui di negara lain. Berikut daftar budaya China yang unik.

Memberikan angpao saat Imlek

Tahun Baru China disebut juga dengan Imlek atau Festival Musim Semi. Perayaan ini adalah perayaan paling meriah di China.

Tanpa memandang agama atau latar belakang keluarga, masyarakat di China merayakan hari ini secara besar-besaran.

Salah satu tradisi yang dilakukan adalah memberikan uang dalam amplop merah kepada anggota keluarga yang lebih muda. Tradisi ini disebut pemberian angpao.

Merayakan ulang tahun dua kali

China menggunakan dua penanggalan sekaligus, yakni penanggalan tradisional dan Gregorian. Banyak generasi tua di China yang masih merayakan ulang tahun berdasarkan penanggalan tradisional.

Makan pangsit saat Titik Balik Musim Dingin

Pangsit (jiaozi) disajikan di berbagai restoran, baik yang besar maupun kecil, di seluruh penjuru China selama masa Titik Balik Musim Dingin.

Mitos mengatakan jika kamu tidak makan pangsit saat Titik Balik Musim Dingin, telingamu akan kedinginan diterpa angin.

Minum air panas

Saat berada di restoran, biasanya masyarakat China akan memesan air panas. Bahkan banyak yang menyukai air mendidih.

Pasalnya mereka meyakini air panas dapat mencegah berbagai penyakit.

Tidak menghabiskan minuman setelah ganbei

Setelah mengucapkan ganbei (cheers), kamu diharapkan menghabiskan alkohol di gelas, bukan hanya menyesapnya.

Jika kamu tidak meminum alkohol tersebut, kamu bisa dianggap tidak sopan di China.

Namun apabila kamu tidak minum alkohol, biasanya digantikan dengan minuman lainnya seperti teh.

Memberikan dan menerima kartu nama dengan kedua tangan

Saat memberikan atau menerima kartu nama bisnis, kamu diharapkan melakukannya dengan kedua tangan. Hal ini menunjukkan hormat terhadap satu sama lain.

Membayar ekstra supaya mendapat kembalian utuh

Jika barang yang kamu beli seharga 6 yuan, berapa jumlah uang yang akan kamu berikan untuk membayar?

Orang asing mungkin akan membayar dengan 10 yuan. Namun orang China akan membayar dengan 10 yuan dan 1 yuan agar mendapat kembalian yang utuh 5 yuan.

Memakai pakaian dalam merah

Masyarakat China memakai pakaian merah saat Ben Ming Nian (tahun shio). Mereka meyakini memakai pakaian dalam merah dapat mencegah peruntungan buruk selama tahun shio mereka berlangsung.

Tidak berbagi pir

Kepercayaan ini berasal dari ungkapan China fen li (分梨 atau 分离). Kata tersebut dapat diartikan “membelah pir” atau “keberangkatan”. Berbagi pir dianggap akan menimbulkan perpisahan dengan orang tersebut.

Pamali memberi hadiah jam

Jangan pernah memberi hadiah jam kepada orang China. Pasalnya “memberi jam” dalam bahasa China adalah song zhong (送钟) yang berbunyi sama dengan song zhong (送终), artinya “merawat orang sekarat” atau “mengubur seseorang”.

Menanam tumbuhan di berbagai tempat

Masyarakat China gemar menanam tumbuhan. Mulai di halaman rumah, balkon apartemen, hingga tepi jalan dipenuhi dengan tumbuhan yang ditanam masyarakat China.

Tertarik mempelajari budaya China lebih jauh? Maka kamu wajib mempelajari bahasanya pula. Kamu akan mempelajari hal tersebut secara mendalam di Kursus Bahasa Mandarin di Lister.