Jangan Sampai Salah, ini Arti etc, ie, dan eg dan Contohnya

arti etc

Kursus Vocabulary Building – Dalam bahasa Latin, etc. adalah singkatan dari et cetera yang memiliki arti “dan lain-lain”. Walaupun sudah umum ditemui di berbagai tulisan, ada beberapa aturan penggunaan yang perlu kamu ketahui.

Penggunaan etc. dalam kalimat

Dikutip dari Grammar Book, berikut beberapa aturan yang perlu diperhatikan saat menggunakan etc. dalam sebuah kalimat.

Penulisan Koma

Menurut The Element of Style oleh Strunk dan White pada 1979, penggunaan etc. harus diikuti koma setelahnya.

  • We could use butter, milk, cheese, etc., – Kita bisa menggunakan mentega, susu, keju, dan lain sebagainya,

Namun menurut Bryan A. Garner dalam A Dictionary of Modern American Usage, sebaiknya tanda koma setelah etc. dihilangkan. Perhatikan contoh berikut.

  • Bring me some paper, glue, scissors, etc. – Bawakan aku beberapa kertas, lem, gunting, dan lain sebagainya.

Gunakan untuk konteks informal

Meskipun penggunaan etc. dalam bahasa Inggris sudah diakui, tetapi hal ini harus dihindari saat menulis tulisan formal, misalnya dalam esai akademik atau laporan bisnis.

Lantas, bagaimana tips penulisan esai akademik yang baik? Simak dalam artikel Tips Menulis dan Contoh Essay Academic Writing, Wajib Tahu!

Jangan gunakan frasa berikut secara bersamaan

Kata etc. tidak dapat digunakan secara bersamaan dengan beberapa frasa, seperti such as dan for example.

Berikut contoh penggunaan etc. yang kurang tepat.

  • I learn many subjects in school such as mathematics, biology, chemistry, etc. – Aku belajar banyak mata pelajaran di sekolah seperti matematika, biologi, kimia, dan lain sebagainya. ✖

Berikut contoh penggunaan etc. yang tepat.

  • I learn many subjects in school such as mathematics, biology, and chemistry. – Aku belajar banyak mata pelajaran di sekolah seperti matematika, biologi, dan kimia. ✔

Tidak perlu menambahkan and sebelum etc.

Menambahkan and sebelum etc. menjadikan kalimat tersebut tidak efektif.

Contoh:

  • I have to pack my things, make a passport, and etc. before I go to Italy. – Aku harus mengemas barang-barangku, membuat paspor, dan dan lain-lain sebelum pergi ke Italia. ✖

Agar lebih tepat, kamu dapat menulis kalimat tersebut seperti ini.

  • I have to pack my things, make a passport, etc. before I go to Italy. – Aku harus mengemas barang-barangku, membuat paspor, dan lain-lain sebelum pergi ke Italia. ✔

Jangan gunakan untuk menyebut nama orang

Jika ingin menulis beberapa nama orang dalam satu kalimat, hindari menggunakan etc. Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan et al. yang artinya “dan kawan-kawan” atau biasa disingkat dkk dalam bahasa Indonesia.

Sama seperti etc., di akhir kata et al. harus diakhiri dengan tanda baca titik.

Contoh:

  • I met Joe, Agnes, Jessie, et al last night. – Aku bertemu Joe, Agnes, Jessie, dan kawan-kawan tadi malam.
English grammar.
English grammar.

Perbedaan dengan i.e dan e.g

Selain etc., singkatan i.e dan e.g juga sering digunakan dalam sebuah kalimat. Berikut perbedaannya, dilansir dari Merriam Webster Dictionary.

Apa itu i.e?

Diambil dari bahasa Latin, i.e (id est) memiliki arti “yaitu” dalam bahasa Indonesia, atau it is dalam bahasa Inggris. Singkatan ini biasa digunakan untuk menjelaskan sesuatu agar lebih spesifik.

Contoh penggunaan i.e:

  • There are three best-seller desserts at this cafe, i.e blueberry cheesecake, american pie, and mochi ice cream.– Terdapat tiga hidangan penutup yang paling laris di kafe ini, yaitu blueberry cheesecake, american pie, dan es krim mochi.

Apa itu e.g?

Sama halnya dengan i.e, e.g (exempli gratia) juga diambil dari bahasa Latin. Singkatan ini memiliki arti “contohnya adalah”.

Singkatan tersebut biasanya digunakan untuk menyebutkan contoh yang berjumlah lebih dari satu.

Contoh penggunaan e.g:

  • I love to watch many movie genres, e.g thriller, drama, and action. – Aku suka menonton berbagai genre film, contohnya thriller, drama, dan aksi.

Contoh Penggunaan etc. dalam Kalimat

  • She got some vitamins, drugs, etc. from the hospital. – Dia mendapat sejumlah vitamin, obat-obatan, dan lain-lain dari rumah sakit.
  • Don’t forget to add salt, pepper, sugar, etc. to the soup. – Jangan lupa menambahkan garam, lada, gula, dan lain sebagainya ke dalam sup.
  • Before someone applies for a job, they should prepare the resume, portfolio, etc. – Sebelum seseorang melamar pekerjaan, mereka harus mempersiapkan resume, portofolio, dan lain-lain.

Ingin Melanjutkan Studi di Luar Negeri? Segera Kuasai Bahasa Inggris!

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di luar negeri adalah menguasai bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa internasional. Bekali dirimu dengan keterampilan bahasa Inggris melalui Kursus Vocabulary Building di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya tentang belajar bahasa asing.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Hanifi Puspasari
Hanifi Puspasari
An English Literature student who loves writing, food, and travel.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.