Belajar Alfabet Bahasa Inggris dari Nol, dengan Pengucapannya

alfabet bahasa inggris

Kursus Academic English – Belajar bahasa Inggris dari dasar dimulai dari menguasai alfabet atau abjad. Bagaimana mengucapkan tiap-tiap abjad dari alfabet bahasa Inggris yang benar?

Dalam pengucapan abjad bisa berbeda dengan saat ditempatkan di dalam kata.

Contohnya adalah huruf h. Dalam kata seperti house atau hammer, huruf h diucapkan. Namun dalam kata hour atau honest, huruf h hilang atau tidak diucapkan. Contoh lainnya adalah kata knock. Meskipun dituliskan di awal, huruf k melebur alias tidak diucapkan.

Kemudian huruf y yang dieja [waɪ]. Namun saat menjadi bagian dari suatu kata, terkadang terdengar seperti /iː/. Contohnya saat menjadi huruf terakhir dari suatu kata, seperti dalam kata family.

Bagaimana mengetahui cara membedakan pelafalan huruf dalam masing-masing kata? Tentu kamu harus membiasakan diri dengan memperkaya kosakata dan berlatih speaking.

Ingin tahu lebih lengkap tentang contoh huruf yang tidak diucapkan di dalam kata? Berikut ulasannya dalam artikel Silent Letter: Pengertian dan Contoh yang Perlu Kamu Tahu.

Daftar Alfabet Bahasa Inggris dan Cara Pengucapannya

Alfabet bahasa Inggris terdiri dari 26 huruf, yakni 5 huruf vokal dan 21 huruf konsonan. Jumlahnya mirip dengan bahasa Indonesia, bukan? Yang membedakan antara alfabet bahasa Inggris dan bahasa Indonesia hanya cara pengucapannya saja.

Mengapa kamu perlu belajar alfabet bahasa Inggris? Mengetahui deretan abjad dalam bahasa Inggris akan membantu kamu dalam mengeja (spelling) dan pelafalan (pronunciation) kata dengan tepat.

Berikut tips yang akan membantu mengingat alfabet bahasa Inggris dengan mudah. Hal ini akan sangat berguna saat mempelajari materi bahasa Inggris lebih dalam, yakni dimulai dari membaca, mendengarkan, menulis, hingga berbicara.

Huruf KapitalHuruf KecilCara Pengucapan
Aa[eɪ]
Bb[biː]
Cc[siː]
Dd[diː]
Ee[iː]
Ff[ɛf]
Gg[dʒiː]
Hh[eɪtʃ]
Ii[aɪ]
Jj[dʒeɪ]
Kk[keɪ]
Ll[ɛl]
Mm[ɛm]
Nn[ɛn]
Oo[oʊ]
Pp[piː]
Qq[kjuː]
Rr[ɑr]
Ss[ɛs]
Tt[tiː]
Uu[juː]
Vv[viː]
Ww[ˈdʌbəl juː]
Xx[ɛks]
Yy[waɪ]
Zz[ziː]

Perbedaan antara American English dengan British English

Saat mengucapkan alfabet bahasa Inggris, ada perbedaan antara American English dengan British English.

Sebagai contoh, huruf z dibedakan pengucapannya. Dalam bahasa British English, huruf tersebut dieja /zɛd/. Sementara itu dalam American English dieja /ziː/.

Contoh lainnya adalah pada huruf r. Huruf ini diucapkan /ɑː/ dalam bahasa British English dan diucapkan /ɑr/ dalam bahasa American English.

Kursus Academic English, Langkah Awal Sukses Studi

Sudah semakin paham teks dalam bahasa Inggris? Agar kamu semakin mahir menulis dan menganalisis teks bahasa Inggris, ikuti Kursus Academic English di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Devi Marietta Siregar
Devi Marietta Siregar
aktif menulis tentang perjalanan tak biasa di Korea dan menulis untuk dampak positif

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.