Rumus Past Perfect Tense dan Cara Menggunakannya dalam Percakapan

past perfect tense

Kursus Grammar Masterclass – Bahasa Inggris memiliki berbagai macam tenses dalam tata bahasanya, salah satunya past perfect tense. Tense ini disebut juga dengan pluperfect.

Dalam percakapan, past perfect tense berfungsi membicarakan tindakan yang sudah selesai dilakukan pada masa lalu.

Sudahkah kamu tahu rumus past perfect tense? Di artikel ini, akan dibahas dengan lengkap rumus dan contoh kalimatnya. Simak sampai tuntas, ya!

Apa itu past perfect tense?

Past perfect tense berfungsi membicarakan peristiwa yang sudah terjadi sebelum peristiwa lain. Begini contohnya dalam sebuah runtutan peristiwa.

Tim softball berlatih di gelanggang sekolah. Setelah selesai berlatih, turun hujan. Untuk menceritakan urutan kejadian tersebut kepada orang lain, kamu dapat menggunakan kalimat berikut.

  • They had played softball in the field before it started to rain. – Mereka sudah (selesai) bermain softball di gelanggang tersebut sebelum hujan turun.

Contoh lainnya adalah kamu mengadakan jamuan makan malam dan mengundang keluarga Dickinson. Sebelum mereka datang, kamu sudah menyiapkan makanan yang akan disajikan. Berikut kalimat yang dapat kamu gunakan untuk mendeskripsikannya.

  • I had prepared dinner before the Dickinsons came. – Aku sudah menyiapkan makan malam sebelum keluarga Dickinson datang.

Dengan menggunakan past perfect tense, orang yang mendengar kalimat tersebut akan lebih mudah memahami urutan peristiwa yang terjadi.

Untuk memahami simple past tense maupun tense masa lampau lainnya, simak artikel Up Skill Your Grammar: 3 Tipe Past Tense yang Wajib Kamu Tahu.

Rumus Past Perfect Tense

Rumus untuk past perfect tense adalah:

had + [past participle]

Meskipun subjeknya singular atau plural, kata kerja yang digunakan selalu berbentuk had.

Penggunaan Past Perfect Tense

Lantas apa perbedaan past perfect tense dengan simple past tense? Past perfect tense dapat membantu penulis atau pembicara menjelaskan rangkaian peristiwa.

Past perfect tense juga lebih jelas dan spesifik dibandingkan simple past tense. Perhatikan contoh berikut.

  1. We were relieved that the softball team finished early.
  2. We were relieved that the softball team had finished early.

Perbedaannya mungkin tidak terlalu terlihat, tetapi dapat memengaruhi makna kalimat. Di kalimat pertama, pembaca dapat menginterpretasikan bahwa tim softball memang memiliki kebiasaan selesai berlatih cukup awal.

Namun di kalimat kedua, tampak jelas bahwa peristiwa tersebut bukan kebiasaan sehari-hari, tetapi suatu peristiwa yang spesifik, yakni kebetulan tim softball selesai berlatih lebih awal.

Past perfect tense juga digunakan untuk menunjukkan sebuah situasi dan kondisi. Berikut contohnya.

  • If the softball team had finished later, they would have been drenched in the rain. – Jika tim softball selesai berlatih lebih lama, mereka akan basah kuyup karena hujan.

Past perfect tense digunakan untuk kalimat yang menjelaskan situasi (if-clause). Biasanya past perfect tense digunakan untuk menunjukkan suatu peristiwa terjadi sebelum peristiwa lainnya dalam satu kalimat yang sama.

Peristiwa yang terjadi belakangan menggunakan simple past tense.

Kursus Grammar Masterclass, Tata Bahasa Inggris Jadi Lebih Mudah

Salah satu skill yang banyak diperlukan dalam era globalisasi adalah kemampuan berbahasa Inggris. Pemahaman grammar yang tepat dapat membantumu dalam penulisan, percakapan, hingga penggunaan bahasa Inggris yang benar.

Siapkan dirimu dengan mengikuti Kursus Grammar Masterclass di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari

15 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari, Lengkap dengan Artinya

Kamu perlu belajar kosa kata bahasa Korea sehari-hari penting untuk berkomunikasi dengan lancar saat berlibur di sana. Mulai dari sapaan hingga ungkapan umum seperti berterima kasih. Sederet kumpulan kata bahasa Korea ini bisa kamu lafalkan dan hafalkan dengan mudah.

Limited Offer!

Diskon belajar hingga Jutaan Rupiah menanti Anda!

Dapatkan kode diskon dengan mengisi form di bawah ini.

Thank you!

Kode Diskon akan segera dikirimkan Tim Student Success ke Nomor WhatsApp Anda.