Apa itu Parallelism?

Apa itu Parallelism

Kursus Academic Writing – Sedang belajar bahasa Inggris, fokus pada kepenulisan? Salah satu tata bahasa yang biasa muncul dan diajarkan adalah Parallelism atau Paralelisme dalam bahasa Indonesia. 

Dalam mendalami suatu keahlian berbahasa, menulis menjadi salah satu skill penting yang harus dimiliki dengan baik. 

Kemampuan seseorang bisa diuji terhadahap pemahaman bahasa asing melalui tulisan. Mengulik lebih jauh seputar apa itu parallelism, berikut ini.

Parallelism adalah…

Dalam tata bahasa Inggris, parallelism merupakan gabungan dua frasa atau klausa dalam kalimat yang memiliki struktur tata bahasa yang sama.

Menurut definiasi, parallelism adalah tata bahasa dan gaya penulisan di mana elemen-elemen yang setara dalam sebuah kalimat atau rangkaian kalimat memiliki struktur atau bentuk yang serupa. 

Sering kali, parallelism digunakan untuk menghindari adanya ambiguitas dalam suatu kalimat. Cara ini biasanya muncul dalam puisi, sastra, dan kepenulisan yang lainnya.

Dilansir dari laman MasterClass, seseorang akan lebih mudah dan menyenangkan untuk membaca semua kalimat dengan struktur bahasa yang indah dan mudah dimengerti. 

Secara contoh, parallelism bisa saja digunakan seperti ini, “The finale was illogical, rushed, and disappointing.” yang mana dalam satu kalimat terdapat tiga kata sifat sekaligus. 

Paralelisme sering digunakan untuk menciptakan aliran yang lebih baik pada kalimat yang dibuat oleh seorang penulis. 

Tata bahasa ini bisa digunakan untuk membuat puisi maupun pidato. Cara ini juga bisa dipakai untuk tulisan yang memberikan penekanan berupa pengulangan. 

Dilihat dengan tujuan yang sama, paralelisme adalah teknik retorika yang menarik dalam pidato.

Bagaimana cara membuat parallelism dalam karya?

Dilansir dari laman Grammarly, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat parallelism dalam sebuah karya tulis. 

Seperti, kalimat dengan gabungan tata bahasa yang efektif, kalimat dengan konstruksi paralel yang berkelas, dan kalimat yang bisa membuat siapa saja yang membacanya jadi berkesan. 

Dilihat dari segi tujuan, seorang penulis yang menggunakan parallelism biasanya ingin menghadirkan atau menciptakan alur dan ritme tulisan. 

Bagi kalangan orator, parallelism hal yang lumrah dan banyak digunakan untuk membacakan narasi sehingga membuat perhatian audiens tertuju lebih lama. 

Parallelism juga bisa digunakan dengan tujuan untuk membuat dua ide menjadi satu kalimat yang mudah dipahami. 

Parallelism dalam karya sastra

Seorang penulis karya sastra biasanya menggunakan parallelism untuk memberikan kiasan dengan makna lebih mendalam dalam sebuah kalimat. 

Mengulang kata atau klausa secara berurutan dalam parallelism disebut dengan anafora. Selain menggunakan kata secara berulang atau berurutan, dalam parallelism juga ada kalimat yang dibuat dengan menggunakan ide berlawanan. 

Seperti kalimat Neil Armstrong saat pertama kali menginjakkan kakinya di bulan, “That’s one small step for man, one giant leap for mankind.” atau satu langkah kecil bagi manusia, satu lompatan besar bagi umat.

Kursus Academic English, Raih Prestasi Maksimal!

Kemampuan menulis bahasa Inggris secara akademis berbeda dengan menulis bahasa Inggris pada umumnya.

Daftarkan dirimu dengan mengikuti di Kursus Academic English Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.  

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts