Apa itu Afirmasi Positif untuk Diri Sendiri?

apa itu afirmasi positif

Kursus bahasa InggrisAfirmasi positif merupakan kunci penting dalam pengembangan diri seseorang. Tidak hanya berupa kata-kata tetapi juga tindakan sehingga bisa memberikan banyak hal baik untuk orang disekitar. 

Ketika seseorang memiliki afirmasi positif dalam dirinya, ia cenderung lebih percaya diri, bersemangat, dan mampu menghadapi tantangan lebih baik. 

Lister rangkum seputar apa itu afirmasi secara umum hingga spesifik tentang afirmasi positif berikut ini.

Apa itu Afirmasi?

Dilansir dari laman Merriam Webster, difinisi afirmasi atau affirmation dalam bahasa Inggris adalah tindakan menegaskan. 

Disisi lain, secara hukum, affirmation merupakan pernyataan serius dari seseorang yang dibuat dibawah hukuman sumpah secara sadar untuk menolak bersumpah. 

Ditambahkan dari laman Everyday Health, afirmasi merupakan frasa yang jika diulang secara teratur bisa mengubah pikiran dan pola seseorang yang tadinya berperilaku negatif menjadi positif. 

Penyataan dari kalimat afirmasi bisa jadi membantu mengalihkan energi negatif ke positif. Sehingga, memotivasi sesuatu atau seseorang menjadi lebih bermanfaat. 

Selain itu, afirmasi juga bisa membantu peningkatan harga diri menjadi lebih baik. Adanya persiapan atau pola pikir seseorang yang lebih menantang ke arah yang lebih baik. 

Lalu, apa itu afirmasi positif? Menjelaskan lebih lanjut seputar afirmasi. 

Afirmasi positif merupakan penyataan yang lebih baik atau arah yang baik dalam diri seseorang. Umumnya, afirmasi positif bisa dilakukan untuk menyatakan atau memengaruhi sifat baik dalam diri orang. 

Afirmasi positif sangat erat kaitannya dengan pola pikir seseorang menjadi lebih baik. 

Cara menerapkan afirmasi diri sendiri

Pasalnya, afirmasi positif sangat berakitan erat dengan pola pikir maka harus adanya penerapan secara rutin dan berulang agar dapat tersimpan dalam otak. 

Setiap orang mungkin memiliki afirmasi positif yang berbeda-beda. Tidak semuanya sama, tetapi beberapa orang mungkin akan lebih mudah mendapatkan dan menerapkan afirmasi positif dengan kegiatan yang baik. 

Seperti jogging di pagi hari, yoga, atau menikmati lagu favorit. 

Baca juga: Fungsi, Aturan, dan Contoh Slip Gaji Karyawan

Apa saja yang perlu dilakukan untuk mendapatkan afirmasi positif?

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan afirmasi diri sendiri, seperti menuliskan nilai-nilai baik dalam diri sendiri. Dengan begitu, kamu bisa terbantu dengan sisi positif dalam hidupmu. 

Manfaat afirmasi diri sendiri

Afirmasi positif adalah kekuatan luar biasa yang dapat mengubah hidup seseorang secara positif. 

Ketika kamu bisa menggunakan afirmasi diri sendiri dengan benar, maka kamu akan membuka pintu menuju perubahan dalam diri yang lebih baik. 

Dalam era yang penuh dengan stres dan tekanan, afirmasi diri sendiri bisa menjadi oase kebahagiaan dan ketenangan. Mereka membantu meningkatkan rasa percaya diri, memotivasi diri. 

  • Afirmasi diri sendiri bisa mengurangi stres dan gangguan kesehatan. 
  • Afirmasi diri sendiri juga bisa secara efektif membuat perilaku seseorang menjadi lebih baik. 
  • Afirmasi diri sendiri juga bisa membantu memahami pesan atau tindakan tidak baik orang lain. 

Dari segi kesehatan, afirmasi diri sendiri yang baik juga bisa merespon banyak hal terutama organ tubuh agar menjadi lebih sehat. Seperti pada pecandu rokok atau minuman beralkohol. 

Cara melatih diri untuk memelihara afirmasi diri sendiri

Melatih diri untuk memelihara afirmasi positif adalah langkah pertama yang sangat penting dalam perjalanan menuju perubahan positif dalam hidup. 

Dalam dunia yang seringkali penuh dengan ketidakpastian dan tekanan, memiliki afirmasi diri sendiri dapat menjadi fondasi yang kuat untuk menjalani hidup dengan lebih percaya diri dan optimisme. 

Simak beberapa cara untuk melatih diri mendapatkan dan memelihara afirmasi diri sendiri berikut ini. 

Jangan menghindar

Mungkin kamu merasa lucu pada diri sendiri saat harus berdiri di depan cermin dan mengatakan hal baik hari ini. Padahal cara ini terbukti bisa memelihara afiirmasi dalam diri sendiri. 

Buang semua keraguan dalam diri sendiri kemudian selalu sematkan pikiran baik dalam batin. 

Ulangi contoh kalimat afirmasi dalam diri sendiri 

Jangan ragu untuk mengucapkan secara berulang kalimat afirmasi dalam diri sendiri. Kamu bisa tulis di depan kaca dan baca secara berulang agar meresap dalam batin. 

Baca juga: Seputar On Boarding, Apa Manfaatnya untuk Karyawan Baru?

Contoh kalimat afirmasi diri sendiri

Berikut ada contoh kalimat afirmasi diri sendiri untuk diri sendiri yang bisa kamu jadikan inspirasi pengingat di hari ini. 

NoContoh kalimat afirmasi diri sendiri Artinya
1It is important for me to have the necessary skills and abilities to be successful at the workplace.Penting bagi saya untuk memiliki keterampilan dan kemampuan yang diperlukan agar sukses di tempat kerja.
2The more I learn, the better I become as a professional.Semakin banyak saya belajar, semakin baik saya sebagai seorang profesional.
3The ability to stay calm in difficult situations and cope with stress is one of my strengths.Kemampuan untuk tetap tenang dalam situasi sulit dan mengatasi stres adalah salah satu kekuatan saya.
4As far as my career goals are concerned, I have a clear vision.Mengenai tujuan karier saya, saya memiliki visi yang jelas.
5As a result, I complete my tasks efficiently and in a timely manner.Sebagai hasilnya, saya menyelesaikan tugas-tugas saya secara efisien dan tepat waktu.
6My ability to adapt to change makes me a flexible and adaptable personKemampuan saya untuk beradaptasi dengan perubahan membuat saya menjadi orang yang fleksibel dan mudah beradaptasi
7Maintaining a healthy balance between work and personal life is important to me.Menjaga keseimbangan yang sehat antara pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah hal yang penting bagi saya.

Bayar kursus bahasa Inggris lebih enteng

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class. Informasi lebih lengkap mengenai biaya dapat kamu ketahui melalui Tim Lister.

Kamu dapat memilih jumlah pertemuan, mulai dari 2 sampai 80 pertemuan untuk pembelajaran lebih intensif.

Ingin lebih hemat lagi? Pilih paket Ultimate untuk mendapatkan GRATIS Bimbingan Beasiswa / Job Interview!

Kursus bahasa Inggris, Cas Cis Cus dengan Tutor Berpengalaman!

Lister memiliki Tutor Lokal, Native, hingga Foreign yang berpengalaman dalam mengajarkan public speaking dalam bahasa Inggris. Mari daftarkan diri dalam Kursus Speaking English  Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Wayhomestudio di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.