Alhambra, Kemegahan Puing Sejarah Islam di Negeri Andalusia

alhambra

Kursus Bahasa Spanyol – Apa saja yang kamu ketahui tentang Alhambra? Jika kamu pecinta drama Korea, mungkin kamu sudah tidak asing dengan istana ini dalam drama Memories

of The Alhambra yang dijadikan sebagai latar belakangnya. Namun seperti apa keindahan Alhambra yang sesungguhnya?

Mengenal Alhambra

Alhambra adalah kompleks istana yang terletak di kota Granada, Spanyol. Kemegahan dan nilai sejarahnya membuat Alhambra menjadi salah satu destinasi populer di Spanyol.

Baca juga: 10 Kota Besar di Spanyol, Keindahannya Tak Terduga!

Nama Alhambra berasal dari kata al-Hamra, yang memiliki arti merah dalam bahasa Arab. Sesuai namanya, dinding Istana Alhambra memang berwarna kemerahan karena menggunakan bahan baku tanah merah dalam proses pembangunannya. 

Benteng Alcazaba sebagai Benteng Tertua

Dikutip dari Kumparan, Istana Alhambra dibangun secara bertahap oleh Sultan Muhammad bin Al-Ahmar yang merupakan keturunan Bani Nasr di Bukit La Sabica, Granada, Spanyol.

Berada di titik paling strategi kota Granada, istana ini menyajikan keindahan pemandangan kota dan benteng-benteng yang mengelilinginya.

Salah satu benteng tersebut bernama Benteng Alcazaba. Catatan sejarah terakhir tentang benteng ini ditulis oleh Sawwar bin Hamdun pada 889 M.

Menurut cerita, Sawwar menjadikan Alcazaba sebagai benteng perlindungan semasa terjadinya perang sipil pada masa kekhalifahan Bani Umayyah.

Kini, benteng Alcazaba diyakini sebagai benteng tertua yang berada di area Istana Alhambra.

Sejarah dan Bagian Alhambra

Terdapat tiga bagian di dalam Istana Alhambra, semuanya dibangun di waktu yang berbeda.

Puncak dari pengembangan Alhambra adalah saat Dinasti Nasrid mengubahnya menjadi sebuah istana pada abad ke-13.

Bagian utama dari Alhambra terdiri dari tiga istana utama seperti, Alcazaba, Palacio de Comares, dan Palacio de los Leones.

Pada bagian ini memancarkan kemegahan dan keindahan seni Islam, dengan ukiran, mozaik, dan taman yang mempesona.

Mexuar

Bagian pertama yaitu Mexuar. Bagian ini sangat mencirikan arsitektur Islam melalui kaligrafi dan tulisan kufi di dindingnya. Dulunya, Mexuar merupakan tempat tinggal utama atau ruang kerja Sultan Muhammad I.

Istana Comares

Bagian keduanya bernama Istana Comares, yang merupakan bagian terpenting dari seluruh area Alhambra. Di dalamnya terdapat aula bernama Embajadores yang digunakan sebagai tempat penyambutan tamu negara.

Istana Comares didirikan pada masa Sultan Yusuf I dan disempurnakan oleh putranya, Sultan Muhammad V.

Istana Singa

Bagian ketiga Alhambra adalah Istana Singa di mana ikon bangunan ini adalah kolam air mancur yang disebut dengan Palacio de los Leones. Pada air mancur tersebut, terdapat 12 patung singa yang melingkar dengan air mancur di mulutnya.

Selain itu, dinding Istana Singa dihiasi dengan kaligrafi puisi-puisi karya penyair terkenal pada masanya.

Fakta Unik Alhambra

Selain detail keindahan arsitektur, interior, dan kisah di dalamnya, Alhambra juga menyimpan beberapa fakta unik sepanjang sejarahnya.

Alhambra memiliki jaringan saluran air yang rumit yang membawa air dari pegunungan sekitarnya ke taman dan kolam di dalam istana. Sistem ini mencerminkan keahlian teknik dan kebijakan pertanian yang maju pada masanya.

Prajurit Cacat yang Menyelamatkan Alhambra dari Kehancuran

Dikutip dari Cicerone Granada, pada abad ke-19 saat Napoleon menyerbu Spanyol, Alhambra dibom besar-besaran. Saat pengeboman terjadi, seorang prajurit disabilitas bernama Jose Garcia rela bertaruh nyawa demi melindungi istana dari tembakan meriam hingga ia wafat.

Untuk mengenang jasa dan keberaniannya, terdapat tulisan di dinding Alcazaba untuk mengenang Jose Garcia.

Menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO Sejak 1984

Dilansir dari History, Alhambra ditetapkan sebagai situs warisan dunia yang dilindungi UNESCO bersama dua situs lainnya, yaitu Albaicin (atau Albayzin) dan Taman Generalife.

Tak mengherankan jika hingga saat ini turis dari berbagai penjuru negara mengunjungi kota Granada untuk menyaksikan langsung keindahan Istana Alhambra. 

Tips Mengunjungi Alhambra

Tertarik mengunjungi destinasi bersejarah di Spanyol yang satu ini? Berikut beberapa tips yang perlu kamu perhatikan.

  1. Hindari berkunjung di bulan Juli hingga Agustus karena cuaca yang sangat terik.
  2. Booking tiket paling lambat satu bulan sebelum hari kunjungan untuk menghindari kehabisan tiket.
  3. Agar tidak terlalu jauh berjalan kaki, kamu dapat menaiki bus nomor 31 dari Gereja Mirador San Nicolas. Kamu juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam di Granada dengan santai.
  4. Gunakan sepatu dan pakaian yang nyaman selama perjalanan.
  5. Pelajari bahasa Spanyol sehari-hari.

Traveling ke Spanyol? Mulai Pelajari Bahasanya!

Mempelajari bahasa Spanyol akan membuat traveling di negara tersebut semakin seru. Kamu dapat mulai selangkah lebih maju dengan memulai dari Kursus Bahasa Spanyol di Lister.

Di sini kamu akan diajari tutor-tutor ahli yang bersertifikat. Kamu dapat menentukan jumlah kelas sendiri sesuai kebutuhanmu. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Hanifi Puspasari
Hanifi Puspasari
An English Literature student who loves writing, food, and travel.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.