5 AI untuk Membuat PPT Otomatis, Lebih Praktis

AI untuk Membuat PPT Otomatis

General English for AdultsArtificial Intelligence (AI) memang sedang tren beberapa bulan belakangan ini. AI hampir mengubah cara menggunakan hingga berintekasi dengan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. 

Tak terlewatkan, untuk pelajar atau pegawai yang biasanya membuat slide PowerPoint untuk presentasi hasil kinerja hingga laporan. 

Lister merangkum sedikitnya ada sekitar lima rekomendasi AI untuk membuat PPT otomatis yang praktis dan membuat hasil presentasi lebih mudah dan menarik.

Beautiful.ai

AI untuk membuat PPT otomatis yang pertama adalah Beautiful.ai. Software presentasi AI untuk pegawai hingga pelajar yang satu ini dirasa cukup membantu dalam menyiapkan presentasi. 

Platform ini dirancang untuk membantu pengguna, termasuk pelajar dan profesional, dalam menciptakan tampilan slide presentasi yang estetis dan efektif dengan sedikit usaha. 

PPT AI yang satu ini, memungkinkan pengguna untuk mengatur tata letak, warna, teks, dan grafik agar sesuai dengan prinsip-prinsip desain yang baik secara otomatis.

Nantinya, pengguna perlu memasukkan konten seperti teks, gambar, dan grafik. Kemudian platform ini akan mengatur semuanya agar terlihat menarik dan konsisten.

Bagi pelajar, Beautiful.ai bisa digunakan untuk menyajikan presentasi tugas sekolah yang mudah dipahami melalui visual. Sehingga ide bisa dipresentasikan dengan baik. 

Di sisi lain, bagi para pegawai, pembuatan presentasi menjadi lebih efisien, dan pengguna dapat fokus pada pesan yang ingin disampaikan, daripada terjebak dalam detail desain yang rumit.

SlidesAI

Salah satu slogan dari SlidesAI adalah “Create Presentation Slides with AI in seconds” atau “Buat Slide Presentasi dengan AI dalam hitungan detik”. 

Salah satu kelebihan dari AI untuk membuat PPT otomatis yang satu ini adalah sudah didukung oleh lebih dari 100 bahasa. Seperti Rusia, Jepang, Italia, hingga Perancis. 

Cara kerja dari SlidesAI adalah dengan menambah teks yang diinginkan. Kamu bisa menuliskannya dalam kotak yang ditampilkan. 

Kemudian kamu akan diarahkan menuju ke tampilan dan nuansa, seeprti preset warna dan font sesuai kebutuhan. Hanya dalam waktu sekitar dua menit, maka kamu akan melihat preview dari PPT yang dibuat oleh AI yang satu ini. 

Selain kelebihan pada kustomisasi, SlidesAI juga memiliki keuntungan lainnya seperti konsistensi pada gaya dan tampilan sehingga membuat tampilan PPTmu lebih profesional dan tidak carut marut. 

Adanya integrasi data hingga visualisasi data yang efektif membuat SlidesAI cukup mudah untuk digunakan. 

Kroma.ai

Kroma.ai merupakan AI untuk membuat PPT otomatis yang menawarkan berbagai fitur untuk membuat PPT yang menarik dan profesional, tanpa harus memiliki keahlian desain grafis. 

Platform tersebut bisa digunakan oleh pelajar dan pegawai untuk membuat PPT otomatis untuk berbagai keperluan, seperti presentasi di sekolah, kuliah, atau kantor.

Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah cara mengubah warna pada slide PowerPoint dengan cepat hanya dalam sekali klik. 

Kroma.ai tidak hanya melulu seputar warna dan desain tetapi juga pengaturan visualisasi data agar lebih mudah dipahami dan menarik. 

Terdapat banyak sekali fitur lainnya yang membantu pengguna dalam menyiapkan presentasi dengan isian grafik hingga tabel. 

Baca juga: Duolingo Test, Bagaimana Sistem Skoringnya?

Canva Magic Presentation

Bagi mahasiswa atau pelajar, Canva bukanlah hal yang asing. Ada banyak sekali fitur yang bisa digunakan dalam platform Canva. 

Terutama jika kamu ingin membuat desain presentasi. Pasalnya, kamu bisa menggunakan template yang sudah tersedia. Gunakan outline hingga aset yang ada di dalamnya. 

Ganti dengan tulisan dan gambar yang diinginkan. Tentu saja, kamu bisa menghemat banyak waktu hanya dalam sekali pembuatan presentasi. 

Tak hanya sampai di situ saja, terdapat konten dengan bahasa Indonesia yang bisa kamu jadikan referensi. 

Sendsteps 

AI untuk membuat PPT otomatis yang selanjutnya ini menawarkan pembuatan presentasi AI yang drag and drop. Jadi, mudah diikuti atau dibuat bahkan oleh pemula sekalipun. 

Ada fitur tambahan dalam presentasi Sendsteps yang bisa digunakan seperti elemen interaktif berupa polling, SMS, hingga pemungutan suara secara online. 

Baru ada sekitar 11 bahasa yang digunakan, seperti Spanyol, Italia, Perancis, dan Belanda. 

Prezi 

Prezi adalah platform presentasi visual yang berbeda dari format presentasi tradisional seperti PowerPoint atau Keynote. 

Prezi memungkinkan pengguna untuk membuat presentasi yang dinamis dan menarik dengan cara yang lebih bebas dan tidak terbatas. 

Platform yang satu ini berbasis cloud, yang berarti Anda dapat mengakses presentasi Anda dari berbagai perangkat dengan koneksi internet.

Prezi memungkinkan beberapa pengguna untuk berkolaborasi secara online dalam waktu nyata pada satu presentasi.

Ini berguna untuk proyek tim atau untuk mendapatkan umpan balik dari rekan-rekan.

Baca juga: Kata Benda Bahasa Thailand: Pengertian, Jenis, dan Contoh

Tips menggunakan AI untuk membuat PPT otomatis

Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kecerdasan buatan atau biasa disebut dengan AI untuk membuat presentasi PowerPoint secara otomatis. 

Ada banyak sekali cara untuk cerdas dalam mengoptimalkan produktivitas dan kualitas presentasi. Dengan semakin berkembangnya teknologi AI, berikut tips dan trik yang dapat membantu pengguna dalam memanfaatkan potensi AI sepenuhnya.

Pilih platform AI yang tepat

Hindari menggunakan platform AI untuk membuat PPT otomatis secara sembarangan. Pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. 

Pastikan fitur dan elemen yang ditawarkan cocok dan sesuai dengan yang diinginkan. 

Perhatikan konten yang akan dibuat

Jika kamu ingin membuat presentasi PPT yang didominasi oleh grafik, tabel, atau foto. Sebaiknya sesuaikan dengan tata letak dan gaya visual. 

Pastikan konten yang dimasukkan sesuai, relevan, dan informatif.

Perhatikan audiens

Salah satu aspek penting dalam membuat presentasi yang efektif. 

Ini mengacu pada kebutuhan untuk memahami siapa yang akan menjadi audiens, apa yang diharapkan, dan bagaimana kamu bisa mengkomunikasikan pesan atau informasi dengan cara yang paling relevan dan menarik. 

Pertimbangan audiens membantumu untuk menghindari penyajian yang generik dan memastikan bahwa presentasi lebih efektif dalam berkomunikasi dengan audiens yang spesifik. 

Dengan bantuan AI, kamu bisa lebih mudah menyesuaikan elemen-elemen presentasi untuk membuatnya lebih menarik dan relevan bagi orang yang akan melihatnya.

Belajar Bahasa Inggris Lebih Mudah dengan Lister!

Menguasai bahasa Inggris adalah salah satu kunci sukses bersaing dalam era globalisasi. 

Jadilah percaya diri dengan mengikuti di English for Adults Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Tonodiaz di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.