Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Kata Benda Bahasa Thailand: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Contoh

Bahasa Thailand Lister

Menurut sejarah yang telah beredar luas, akar bahasa Thailand itu berasal dari Cina. Di wilayah sekitar provinsi Yunnan – di sepanjang tepi sungai Kuning, dulunya menetaplah penutur pertama bahasa Thailand. Di daerah ini juga lahir pada abad ke-7 kerajaan pertama Thailand.

Tempat pemukiman ini ada sampai di abad ke-12, ketika Kubilai Khan menyerbu daerah tersebut dan mengusir penduduk Thailand yang sampai waktu itu tinggal di sana. Setelah kerajaan mereka runtuh, penduduk awal di Thailand berpindah ke selatan. Di sana mereka menetap di wilayah Thailand yang dikenal saat ini. Sejak saat itu penduduk Thailand hanya berbicara dalam satu bahasa, yaitu bahasa Thailand.

Salah satu jenis kata dalam bahasa Thailand yang patut dikuasai di level dasar adalah materi tentang kata benda. Berikut ini materi tentang kata benda yang perlu kamu simak!

kata benda thailand

Pengertian Kata Benda

Kata benda adalah kata-kata yang merupakan nama untuk orang, binatang, benda, dan perilaku umum. Ini dibagi menjadi 5 jenis sebagai berikut.

Jenis Kata Benda Bahasa Thailand

Ada beberapa jenis kata benda bahasa Thailand, diantaranya adalah:

Common Noun

Common noun merupakan nama umum untuk orang, hewan, dan benda, seperti (Plaa), (Toh), (Meu).

Proper Noun

Proper noun adalah sebuah kata benda yang ditetapkan untuk orang, hewan, benda, dan tempat untuk menentukan subjek dan objek. (Sa-Naam-Bin-Dorn-Meuang), (Wat-Phr-Gaew).

Kata Benda Kolektif

Nomina yang mencirikan orang, hewan, dan benda yang membentuk suatu kelompok seperti (Kha-Na), (Moo), (Leow).

Kata Benda Numerik

Kata benda yang mencirikan benda dan digunakan untuk menyatakan bilangan seperti (Tua), (Chin), (Aun), (Phaen), (Taeng), (Pheun).

Gerund

Kata benda yang menunjukkan gejala atau berbagai penampakan orang, binatang, benda yang berasal dari kata kerja atau kata keterangan. Yaitu kata majemuk yang sering didahului oleh kata “การ” atau “ความ” dan merupakan kombinasi total, seperti ( Gaan-Gin), (Gaan-Oroo), (Gaan-Rian), (Khwaam-Soog), (Khwaam-Tay), (Khrwaam-Rag).

Contoh Kata Benda Bahasa Thailand

  • ห้าเล่ม = lima buku
  • เล่มนี้ = buku ini
  • เล่มแรก = buku pertama
  • กี่เล่ม =berapa buku?
  • เล่มเก่า = buku lama
  • เล่มไหน = buku yang mana?

Itulah materi terkait kata benda bahasa Thailand yang bisa menjadi referensi belajar bahasa Thailand untuk kamu. Materi ini harus kamu kuasai setidaknya di level dasar. Jadi, tunggu apa lagi? Kamu bisa mempelajarinya sekarang di Lister!