Kata Benda Bahasa Thailand: Pengertian, Jenis, dan Contoh

Kata Benda Bahasa Thailand

Kursus Bahasa Thailand – Menurut sejarah yang telah beredar luas, akar bahasa Thailand itu berasal dari China. Di wilayah sekitar provinsi Yunnan, di sepanjang tepi sungai Kuning, dulunya menetaplah penutur pertama bahasa Thailand.

Tempat pemukiman ini ada sampai di abad ke-12, ketika Kubilai Khan menyerbu daerah tersebut dan mengusir penduduk Thailand yang sampai waktu itu tinggal di sana.

Setelah kerajaan mereka runtuh, penduduk awal di Thailand berpindah ke selatan. Di sana mereka menetap di wilayah Thailand yang dikenal saat ini.

Sejak saat itu penduduk Thailand hanya berbicara dalam satu bahasa, yaitu bahasa Thailand.

Salah satu jenis kata benda bahasa Thailand yang patut dikuasai di level dasar adalah materi tentang kata benda. Berikut ini materi tentang kata benda yang perlu kamu simak!

Pengertian Kata Benda

Kata benda biasanya digunakan untuk mengidentifikasi, menggambarkan, atau mengacu kepada sesuatu yang memiliki eksistensi nyata. 

Penggunaan kata benda dalam bahasa sangat penting karena kata ini membantu pengguna untuk menggambarkan dunia sekitar. 

Sehingga, kamu lebih mudah berkomunikasi tentang berbagai objek dan konsep. Selain itu, kata benda seringkali menjadi komponen penting dalam pembentukan kalimat dan wacana dalam bahasa.

Oleh karena itu, penting untuk mengenal kata benda bahasa Thailand sebagai permulaan pembelajaran bahasa asing. 

Baca juga: 10 Ungkapan Terimakasih Bahasa Thailand, Menarik Banget!

Jenis Kata Benda Bahasa Thailand

Ada beberapa jenis kata benda bahasa Thailand, diantaranya adalah:

Common Noun

Common noun adalah jenis kata benda yang digunakan untuk merujuk pada orang, hewan, atau benda secara umum tanpa memberikan nama khusus atau identitas spesifik. 

Contoh jenis kata benda bahasa Thailand yang bisa kamu sebutkan, “Plaa,” “Toh,” dan “Meu,” sebenarnya tidak termasuk dalam kategori common noun karena kata tersebut tidak merujuk pada nama umum yang umumnya digunakan dalam bahasa. 

Di sisi lain, common noun adalah konsep dasar dalam bahasa yang digunakan untuk merujuk pada berbagai jenis orang, hewan, atau benda yang termasuk dalam kategori yang sama. 

Ada pun dari contoh lainnya seperti proper noun atau kata benda khusus digunakan untuk merujuk pada nama khusus seseorang, hewan, atau benda, seperti “John” (nama khusus orang), “Garfield” (nama khusus kucing), atau “Toyota” (nama khusus merek mobil).

Proper Noun

Proper noun adalah sebuah kata benda yang ditetapkan untuk orang, hewan, benda, dan tempat untuk menentukan subjek dan objek. (Sa-Naam-Bin-Dorn-Meuang), (Wat-Phr-Gaew).

Proper noun merupakan jenis kata benda bahasa Thailand yang cukup penting karena bisa membantu mengidentifikasi entitas secara unik. Selain itu, kata tersebut bisa menghindari kebingungan ketika kita berbicara tentang orang, hewan, benda, atau tempat tertentu.

Proper noun juga umumnya digunakan untuk merujuk kepada nama pribadi, nama tempat, nama merek, dan banyak hal lain yang bersifat unik dalam komunikasi sehari-hari.

Kata Benda Kolektif

Nomina yang mencirikan orang, hewan, dan benda yang membentuk suatu kelompok seperti (Kha-Na), (Moo), (Leow).

Kata benda kolektif membantu dalam menyampaikan gagasan tentang entitas yang berhubungan dalam suatu kelompok.

Sering juga digunakan untuk menggambarkan fenomena sosial, alam, atau konsep yang melibatkan lebih dari satu individu atau unsur yang bekerja bersama. Dalam beberapa bahasa, kata benda kolektif dapat memiliki bentuk khusus yang digunakan untuk merujuk pada kelompok tertentu.

Sementara itu dalam sebuah bahasa, hal ini dapat diungkapkan dengan menggunakan kata benda biasa bersamaan dengan kata keterangan yang tepat.

Baca juga: Kata Ganti Bahasa Thailand, dari yang Sopan hingga Kasar

Kata Benda Numerik

Kata benda yang mencirikan benda dan digunakan untuk menyatakan bilangan seperti (Tua), (Chin), (Aun), (Phaen), (Taeng), (Pheun).

Kata benda bahasa Thailand ini membantu dalam menyusun bilangan dan memberikan informasi tentang jumlah atau kuantitas benda dalam bahasa Thai. Kata tersebut sering digunakan dalam situasi sehari-hari, seperti berbelanja, mengukur, atau menggambarkan jumlah hal tertentu.

Gerund

Kata benda yang menunjukkan gejala atau berbagai penampakan orang, binatang, benda yang berasal dari kata kerja atau kata keterangan.

Kata majemuk yang sering didahului oleh kata “การ” atau “ความ” dan merupakan kombinasi total, seperti ( Gaan-Gin), (Gaan-Oroo), (Gaan-Rian), (Khwaam-Soog), (Khwaam-Tay), (Khrwaam-Rag).

Contoh Kata Benda Bahasa Thailand

  • ห้าเล่ม = lima buku
  • เล่มนี้ = buku ini
  • เล่มแรก = buku pertama
  • กี่เล่ม =berapa buku?
  • เล่มเก่า = buku lama
  • เล่มไหน = buku yang mana?

Itulah materi terkait kata benda bahasa Thailand yang bisa menjadi referensi belajar bahasa Thailand untuk kamu. Materi ini harus kamu kuasai setidaknya di level dasar.

Kursus Bahasa Thailand, Wujudkan Cita-Cita Study Abroad ke Thailand!

Salah satu kebutuhan untuk dapat dapat survive di negara Thailand adalah menguasai bahasa setempat. Sebagai bekal, ikuti Kursus Bahasa Thailand Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.