Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

[Cerita Tutor] Adrio Faresi Yusharyahya Berbagi Tips Mengajar dan Belajar Bahasa Jepang

Tutor adrio berbagi tips belajar dan mengajar bahasa Jepang

Kursus Bahasa Jepang – Pria bernama lengkap Adrio Faresi Yusharyahya adalah salah satu tutor bahasa Jepang berprestasi di Lister. Dalam kesempatan ini, Kak Adrio berbagi pengalamannya mengajar dan belajar bahasa Jepang. Ia telah bergabung sebagai pengajar di Lister sejak Juni 2021 dan menjadi BEST TUTOR LISTER di periode Mei 2022 ini. Bagaimana kisahnya?

Menyandang gelar sarjana dari Ritsumeikan Asia Pacific University di Beppu, Oita Japan dan Diploma Program dari Canadian College of Educators in Adult Education, ia pun mendalami penggunaan bahasa Jepang ini. Hingga akhirnya bertemu Lister dan menjadi pengajar bahasa Jepang. Ia pernah terlibat program postgraduate yang berguna sebagai bekal untuk meningkatkan kemampuan mengajar bahasa Jepang.

Menjalani peran sebagai tutor online tentu memberi pengalaman suka maupun duka. Namun, bagi Tutor Adrio, gemuruh semangat yang menyala di dada muridnya untuk belajar bahasa Jepang menjadi berkat tersendiri.

Baca juga: 4 Manfaat Bahasa Jepang yang Tak Kamu Sadari Sebelumnya

Mengajar dan Belajar Bahasa Jepang 

Adapun metode mengajar yang ia pakai adalah memberi materi tata bahasa/grammar serta mengolah dan mengasah penguasaan vocabulary murid. Nah, untuk output-nya, biasanya Tutor Adrio akan memberi kesempatan murid-muridnya untuk melakukan presentasi dalam bahasa Jepang. Selain itu ia juga akan mengundang rekannya yang merupakan native speaker untuk melakukan sesi ngobrol.  Sehingga, dalam proses pembelajaran akan seimbang antara input dan output learning. Diskusi yang dilakukan di dalam kelas juga menggunakan bahasa Inggris. Jadi, sekali dayung dua tiga pulau, terlampaui bukan?

Ia juga memiliki murid dari berbagai latar belakang daerah dan profesi, seperti siswa SMA, mahasiswa S2/S1,  penggemar anime dan manga, hingga orang-orang yang ingin/sudah bekerja di Jepang.

Pencapaian yang Tutor Adrio dapatkan selama mengajar bahasa Jepang secara online adalah mengubah behavior murid yang tadinya pemalu menjadi lebih percaya diri. Pada pertemuan awal-awal biasanya murid menolak untuk on-cam, tetapi setelah mendapat coaching tambahan dari Tutor Adrio, mereka akan jauh lebih santai, terbuka, dan ceria di dalam kelas. 

Tutor Adrio juga berbagi kualitas pengajar bahasa Jepang yang ideal seperti apa. Ia yang mau menjadi tutor bahasa Jepang yakni harus selalu semangat mengajar dan belajar bahasa Jepang. Selain itu, ia harus memiliki kesabaran serta mampu menyesuaikan tipe murid yang fast dan slow learner. Bersikap fleksibel, critical untuk memberi work sheet yang berguna mengukur level pemahaman murid, serta mengatur strategi mengajar yang tepat. 

Tutor Adrio berpesan siapapun yang ingin mahir berbahasa Jepang, jangan banyak berpikir, lebih baik action. Sedikit demi sedikit menambah penguasaan vocabulary, misalnya dalam satu tahun per hari menambah 3 kosakata. Bayangkan berapa banyak kosakata yang akan ia kuasai? 

Baca juga: 20 Film Animasi Jepang Terbaik untuk Belajar Bahasa Jepang

Jadilah Pahlawan Pendidikan dengan Menjadi Tutor!

Tertarik berbagi ilmu, memperluas networking, dan menambah pengalaman? Jadilah Tutor Lister!

Pengalaman dan pengetahuan adalah hal yang berharga. Bantu students kami meraih prestasi terbaik mereka di masa depan. Kamu dapat berkreasi, berinteraksi, menambah skill komunikasi, dan sejumlah benefit lainnya yang kompetitif.

Cari tahu kisah dan pengalaman sesama rekan Tutor Lister di sini. Daftar sekarang!