7 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Menarik

prospek kerja ilmu komunikasi

Les Public Speaking – Mengenal lebih jauh seputar prospek kerja ilmu komunikasi, ilmu komunikasi umumnya akan mempelajari tentang bagaimana kita menyamping sebuah pesan maupun berita dengan efektif dan efisien. 

Jurusan yang masuk ke dalam ilmu komunikasi adalah periklanan, bahasa, linguistik, jurnalistik dan masih banyak lagi lainnya. 

Komunikasi ini berhubungan erat dengan pemanfaatan teknologi serta penemuan baru seiring dengan perkembangan zaman. Misalnya, perkembangan internet, tren hiburan, pengaruh media dan faktor-faktor lainnya. 

Adanya tren serta teknologi yang terus berkembang ini, kurikulum dan juga penyampaian perkuliahan universitas jurusan komunikasi terbaik juga berubah-ubah sehingga ilmunya tidak ada ujungnya. 

Pada umumnya lulusan jurusan ini akan bekerja dalam bidang public relations, wartawan, broadcasting, editor, manajemen media, public relations, komunikasi bisnis, periklanan, komunikasi pemasaran, dan lain-lain.

Berikut ini adalah 7 prospek kerja ilmu komunikasi paling menarik dan menjanjikan, 

1.Marketing Communications

Lulusan dari Ilmu Komunikasi bisa merasakan duduk manis di kantor, bekerja menyusun serta merancang berbagai strategi komunikasi pemasaran yang paling tepat untuk perusahaan. 

Prospek kerja Ilmu Komunikasi salah satunya adalah menjadi seorang marketing communications yang bukan semata mengedepankan unsur pemasaran agar lebih efektif serta menarik. 

Salah satunya adalah dengan merancang strategi komunikasi lewat sebuah media maupun platform yang tepat melihat dari segmentasinya, apa medianya, seperti apa pesannya dan ingin seperti apa tujuannya. 

Hal tersebut pastinya akan sangat menantang untuk siapa saja yang menjalankannya. 

Terutama saat ini banyak sekali munculnya berbagai media baru. Seiring berkembangnya digital marketing pastinya akan banyak sekali hal yang berhubungan erat dengan marketing communications. 

2. Penyiar

Menjadi sutradara, copywriter, produser, reporter dan lain sebagainya dimana akan terlibat di dalam dunia Penyiaran atau dikenal dengan broadcasting merupakan salah satu prospek kerja Ilmu Komunikasi di perusahaan paling banyak dalam ranah Ilmu Komunikasi. 

Dunia penyiaran dasarnya adalah proses menyampaikan sebuah pesan lewat media seperti radio, TV dan surat kabar untuk masyarakat. 

Pada saat proses untuk menyampaikan pesan inilah para lulusan dari Ilmu Komunikasi akan dituntut untuk bisa menentukan strategi supaya pesan yang ingin disampaikan mudah untuk diterima masyarakat sesuai segmentasinya. 

Bidang pekerjaan broadcasting umumnya ditempatkan pada radio, TV, tabloid, kantor surat kabar atau Majalah dengan gaji lulusan S1 dengan prospek kerja Ilmu Komunikasi yang menjanjikan. 

Baca juga: Administrasi Bisnis Kerjanya Apa? 7 Prospek Karier Jurusan Ini Menjanjikan Loh!

3. MC (Master of Ceremony) 

Prospek kerja Ilmu Komunikasi sebagai MC pastinya akan membutuhkan kualitas dengan cara berbicara yang baik, pandai untuk memposisikan diri dan bisa mengarahkan acara tersebut menjadi sebuah harapan. 

Unsur-unsur dalam komunikasi pastinya akan ada di dalamnya. 

Walaupun nantinya da dipelajari dengan otodidak, tetapi alumni Ilmu Komunikasi akan lebih memiliki keahlian sebagai seorang MC yang sudah dipelajari ketika masa studinya. 

4. Event Organizer

Fakta anak Ilmu Komunikasi adalah mampu untuk merancang sebuah perhelatan event besar. 

Mengemas sampai mengatur acara dengan sedemikian rupa supaya dapat memberikan kesan dan juga reputasi baik. Hal tersebut merupakan salah satu tujuan dari strategi dalam bidang event organizer. 

Lewat event, para tim event organizer bisa untuk menyampaikan pesan maupun makna tertentu dan mewujudkan reputasi yang baik penyelenggaranya. Inilah tantangan menjadi event organizer. Penghasilannya sendiri juga sangat fantastis. 

5. Advertising

Prospek kerja Ilmu Komunikasi selanjutnya adalah Advertising. Iklan memang akan terlihat sangat sepele tetapi akan sangat mempengaruhi kita. Iklan yang sering kita lihat di berbagai media merupakan rancangan ide dari lulusan Ilmu Komunikasi. 

Mereka akan mempengaruhi publik menggunakan pesan produk serta jasa yang memang mau disampaikan lewat media dengan cara unik dan kreatif. Hal tersebut dilakukan agar siapa saja yang nanti melihat bisa tertarik membeli, menggunakan dan percaya. 

Proses dalam penyampaian pesan yang dikemas dengan menarik inilah akan membuat penasaran sehingga iklan tersebut bisa sukses serta efektif. 

Sama seperti jurusan lainnya syarat masuk jurusan Ilmu Komunikasi tidaklah banyak sedang prospek pekerjaan pada bidang advertising juga beragam, seperti media planner, copywriter, camera person dll. 

6. Jurnalis 

Jurnalistik juga merupakan salah satu bagian dalam prospek kerja Ilmu Komunikasi. Studinya akan mempelajari tentang cara mengemas berita yang ada agar menjadi sebaik mungkin supaya bisa diluncurkan kepada masyarakat. 

Selain itu, akan menjadi bentuk dari bagaimana seseorang bisa untuk menyampaikan pesan dengan efektif lewat sebuah media. 

Pada bidang Ilmu Komunikasi untuk bidang jurnalistik adalah mata kuliah wajib yang di dipelajari. Keahlian dalam menulis, peka dengan kondisi sosial di sekitarnya serta kemampuan dalam menyampaikan serta memilih mana yang layak disebarkan merupakan sesuatu yang bisa diperoleh ketika belajar jurnalistik. 

Jurnalistik adalah sebuah ilmu yang dapat untuk dipelajari oleh siapa saja dan tidak harus berasal dari jebolan Ilmu Komunikasi. Namun, lulusan yang berasal dari Ilmu Komunikasi pastinya akan mempunyai kemampuan lebih pada bidang jurnalistik tersebut. 

Bidang kerja yang dimiliki oleh seorang jurnalis adalah sebagai seorang penyiar berita, wartawan untuk media massa, reporter, news dubber, baik itu untuk radio maupun televisi beserta surat kabar yang dicetak. 

Hal tersebut nantinya tidak semua akan tergantung dengan rata-rata nilai masuk jurusan Ilmu Komunikasi. 

Baca juga: Peluang 5 Jurusan yang Banyak Peluang Kerja, Peminatnya Masih Sedikit!

7. AE (Account Executive) 

Profesi sebagai account executive bisa jadi prospek kerja ilmu komunikasi yang memiliki tugas untuk menjembatani klien dan perusahaan. Account executive sendiri adalah orang yang mempunyai tanggung jawab dengan hubungan bisnis antara perusahaan dan klien. 

Tugasnya sendiri untuk selalu memastikan transaksi dalam berdagang antara perusahaan dan klien supaya bisa berjalan lancar. 

Nantinya dengan mencapai hal tersebut maka account executive wajib tahu dengan kebutuhan klien dan juga memberikan produk dimana dapat memenuhi kebutuhan kliennya. 

Pada saat melakukan perannya tersebut, account executive harus mempunyai keterampilan dalam hal penjualan. Harus diketahui kelebihan dan kekurangan jurusan Ilmu Komunikasi juga ada banyak sekali.

Itulah prospek kerja ilmu komunikasi yang menarik untuk dijadikan pilihan karir di masa depan.

Mahir Berbicara dengan Tutor Asli Orang Asing

Dalam setiap program di Lister, kamu bisa menikmati potongan harga sebesar 50 persen dan pilihan kelas yang sesuai dengan kebutuhan. 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class. Informasi lebih lengkap mengenai biaya dapat kamu ketahui melalui Tim Lister.

Kamu dapat memilih jumlah pertemuan, mulai dari 2 sampai 80 pertemuan untuk pembelajaran lebih intensif.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.