Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

5 Character Traits Paling Dilirik saat Job Interview

Selain skills, character traits adalah salah satu hal yang akan membuat kamu dipertimbangkan saat job interview. Character traits adalah sifat seseorang yang ditunjukkan saat menghadapi situasi.

Sifat ini cenderung stabil, artinya dibawa sejak lahir dan sulit berubah. Maka dari itu, pastikan kamu menampilkan character traits terbaik yang akan membawa keuntungan dalam pekerjaan.

Sifat-sifat yang termasuk dalam soft skills ini membuat kamu semakin dipertimbangkan oleh hiring manager. Hal-hal ini biasanya tidak dapat disampaikan dalam cover letter, sehingga harus kamu tampilkan secara langsung dalam job interview.

Jangan lupa untuk menampilkan sifat ini di social media-mu, ya! Seringkali hiring manager melacak seluruh social media kandidat untuk mengetahui latar belakangnya.

Team Player

Mampu bekerja sama dalam tim adalah sifat umum yang harus dimiliki dalam setiap posisi pekerjaan. Perusahaan selalu mencari karyawan yang mudah bekerja sama dengan rekan kerjanya.

Kamu dapat mengatakan, “I really enjoy being a part of a team and I thrive when I’m able to effectively collaborate with others. In my last position, I actually developed and implemented procedures that streamlined communication among team members.”

Having Career Goals

Menjadi seseorang yang memiliki ambisi adalah hal yang baik. Hal ini menunjukkan kamu memiliki tujuan dalam hidup dan selalu mau berkembang. Pastikan career goals tersebut searah dengan tujuan perusahaan.

Kamu dapat mengatakan, “I’m seeking to become an expert in my field. I know that in a junior role like this, my responsibility is to offer value while following orders. I think that by proving my worth in this position, I could eventually move onto a role that has more management responsibilities.”

Interpersonal Skills

Kemampuan interpersonal adalah hal yang penting di dunia kerja modern ini. Hampir setiap aspek pekerjaan harus bersinggungan dengan orang lain. Dalam hal ini, emotional intelligence akan berperan penting, terutama jika kamu harus bekerja sama dengan orang yang tidak kamu sukai.

Contohnya kamu dapat mengatakan, “Whenever I encounter a difficult co-worker, I always put the needs of the team first and try different things to build a good relationship with them. Sometimes, we can’t get on with everyone, but I think in situations like this you have to rise above it, put the needs of the team first, and do all you can to improve the working relationship.”

Have a Positive Attitude

Seseorang dengan sikap yang positif selalu membawa suasana menyenangkan di tempat kerja. Hal ini pasti akan mendukung produktivitas sesama karyawan.

Selalu sampaikan hal positif terkait pekerjaan sebelumnya. Komentar negatif terkait pekerjaan dan rekan kerja sebelumnya akan membuat kamu dinilai sebagai orang yang bersikap buruk.

Contohnya, “When asked to do something beyond my capabilities, I first look at the task and determine the aspects I can’t complete. Then, I look for guidance from my coworkers. If I really couldn’t complete the task, I would discuss it with my supervisor so that I wouldn’t affect my team’s workflow, and I would ask for learning resources so that I could complete the task next time.”

Decider

Kemampuan mengambil keputusan menunjukkan seberapa baiknya kamu sebagai pemimpin. Tidak semua orang mampu mengambil keputusan dengan mempertimbangkan segala aspek dengan matang.

Sebagai contoh, kamu dapat mengatakan, “I wanted to make sure my team was able to finish inventory by the end of the month. I delegated specific daily tasks to team members based on individual strengths.”

English for Job Interview: Bekal Mendapatkan Karier Impian

Mempersiapkan wawancara kerja dalam bahasa Inggris membutuhkan persiapan khusus. Kamu dapat mengikuti Kursus English for Job Interview di Lister. Di sini kamu akan belajar bagaimana menampilkan diri secara profesional agar mendapatkan karier impian di kancah global.

Kamu akan dibimbing tutor-tutor bersertifikat di Lister. Kamu akan mendapatkan modul yang mendukung proses belajar. Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!