Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

7 Convincing Sentences, Buat Job Interview Lebih Mulus

Menjalani job interview dalam bahasa Inggris bisa jadi momok bagi sebagian orang. Ada banyak istilah yang harus dikuasai agar kamu tampak profesional.

Kamu dapat meyakinkan hiring manager dengan menggunakan convincing sentences berikut ini. Convincing sentences berarti kalimat yang sifatnya meyakinkan orang lain, dalam hal ini adalah interviewer.

“I am excited to learn that this position is open.”

Kalimat ini menunjukkan kamu antusias terhadap posisi yang kamu lamar. Hal tersebut akan menjadi nilai tambah bagi interviewer, dibandingkan orang yang tampaknya tidak terlalu tertarik dengan perusahaan.

Kamu juga dapat menambahkan, “I can’t wait to work with the great team in your company.”

“This job is well suited to my experience and qualifications.”

Kalimat ini menunjukkan kamu percaya diri dengan kemampuanmu. Setelah mengatakan hal ini, tentu saja kamu harus menunjukkan buktinya.

Contohnya, “If I may, I would like to share an example of how my team won the national sales award you see mentioned on my resume. In this instance, we each recognized our unique strengths and ended up collaborating well together, resulting in a top sales award.”

“I read this project on your website.”

Kalimat ini menunjukkan bahwa kamu sudah melakukan riset terhadap perusahaan yang dituju. Hal ini berarti kamu serius melamar di tempat tersebut.

Kamu dapat melakukan riset melalui situs web perusahaan, social media, dan ulasan di media massa. Hiring manager dan interviewer lainnya akan sangat menghargai usaha yang kamu lakukan untuk mempersiapkan wawancara.

“I solved a similar problem.”

Kalimat ini menunjukkan bahwa kamu berpengalaman dalam posisi yang dituju. Kalimat tersebut lebih meyakinkan daripada mengatakan, “I’m a great problem-solver.”

Kemudian sampaikan bagaimana kamu mengatasi masalah tersebut, contohnya, “One task in particular—completing a graphic design project—I am very proud of because I showed the client my dependability in meeting the deadline and completing the job in line with their creative specifications.”

“Can you open a little more?”

Pertanyaan ini menunjukkan bahwa kamu tertarik dengan perusahaan tersebut. Selain itu, kamu terkesan sebagai orang yang memperhatikan dengan baik.

Kamu juga dapat mengatakan, “Can you talk about it in more detail?

“I look forward to the chance to discuss what I can bring to your company.”

Kalimat ini menunjukkan bahwa kamu sudah mempersiapkan diri dengan rencana kerja di tempat yang baru. Hal ini berarti kamu percaya diri mampu menjalankan posisi tersebut.

Kamu dapat mengatakan hal ini, “I look forward to the first project planning meeting with a new team. Listening to everyone’s input and ideas helps everyone get to know each other and figure out what roles we will take on.”

“I can offer my ability to produce results.”

Kalimat yang diawali dengan “I can…” atau “I will…” terdengar meyakinkan dan percaya diri. Hal ini menunjukkan sikap positif bahwa kamu sudah mempersiapkan apa yang dapat kamu lakukan terhadap perusahaan.

Kamu dapat menyertakan contoh seperti, “I am a good fit for this job because I can produce results. In my last job, I sold the highest number of customer maintenance plans for three quarters in a row.”

English for Job Interview: Bekal Mendapatkan Karier Impian

Mempersiapkan wawancara kerja dalam bahasa Inggris membutuhkan persiapan khusus. Kamu dapat mengikuti Kursus English for Job Interview di Lister. Di sini kamu akan belajar bagaimana menampilkan diri secara profesional agar mendapatkan karier impian di kancah global.

Kamu akan dibimbing tutor-tutor bersertifikat di Lister. Kamu akan mendapatkan modul yang mendukung proses belajar. Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!