Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

15 Kota Kecil Italia, Hidden Gem yang Tak Diketahui Turis

Alberobello, Italia.

Berencana jalan-jalan ke Italia? Kamu bisa mempelajari bahasanya, agar pengalamanmu semakin berkesan. Kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Italia sebagai bekal

Berkunjung ke ibu kota Italia, Roma, dan sejumlah pusat destinasi turis sudah biasa. Namun adakah kota kecil Italia yang tak banyak diketahui turis?

Sejumlah kota di Italia sangat kecil, bahkan hanya dihuni ratusan orang. Kota-kota kecil ini disebut dengan borgos yang sudah berdiri sejak Abad Pertengahan.

Berikut ini kota-kota hidden gems Italia yang belum banyak diketahui orang.

Portofino, Liguria

Portofino adalah desa nelayan yang terletak di pesisir. Kamu akan menemukan rumah-rumah bercat pastel dan jalanan berbatu yang mengarah ke pelabuhan.

Kamu dapat jalan-jalan di Piazzetta, menikmati gelato dan cappuccino, belanja di toko-toko kecil, bersantai di Pantai Paraggi, mendaki ke Gua San Fruttuoso yang tersembunyi, dan mengamati kehidupan warga setempat.

Portofino hanya satu jam jauhnya dari Genoa. Kamu juga dapat naik kapal feri dari Rapallo, Santa Santa Margherita Ligure, dan Camogli.

Portofino, Italia.
Portofino, Italia.

Alberobello, Puglia

Alberobello adalah kota kecil dekat Bari di Puglia. Rumah-rumah di sini didominasi warna putih dan atap kerucut yang disebut dengan trulli. Fungsinya sebagai tempat penyimpanan hasil panen.

Keunikan tersebut membuat Alberobello dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada 1996. Termasuk Gereja Sant’Antonio da Padova yang berbentuk trullo.

Pemandangan kota dapat dinikmati dari Belvedere Terrazza Balcone Santa Lucia. Akomodasi di Alberobello cukup mudah. Terdapat banyak hotel, restoran, dan B&B di sini.

Castelluccio, Umbria

Terletak di lereng bukit curam dengan ketinggian 1.524 meter di atas permukaan laut, Castelluccio adalah desa tertinggi di Pegunungan Apennine. Desa yang indah ini hanya dihuni sekitar 150 orang.

Pemandangannya menakjubkan. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan gunung berselimut salju. Di sisi lain, terdapat dataran hijau yang dihiasi bunga poppy, violet, dan rapeseed pada musim semi.

Castelluccio juga terbuka terhadap turis. Terdapat pertokoan dan restoran yang menarik dikunjungi.

Cefalù, Sicilia

Cefalù terletak satu jam jauhnya dari Palermo. Kota kecil tersebut sudah berdiri sejak Abad Pertengahan.

Keindahan Cefalù membuatnya menjadi lokasi syuting sejumlah film ternama, termasuk Cinema Paradiso. Kamu dapat mengunjungi katedral yang dihiasi mosaik, jalan-jalan di tepi laut, dan menyaksikan matahari terbenam dari La Rocca.

Castelluccio, Italia.
Castelluccio, Italia.

Pietrapertosa, Basilicata

Pemandangan Pietrapertosa menakjubkan. Bagaimana tidak, kota tersebut “diukir” langsung di lereng gunung pada ketinggian 1.066 meter di atas permukaan laut.

Kota Pietrapertosa itu sendiri sangat indah, dipenuhi bangunan-bangunan bersejarah. Termasuk di antaranya Kastel Saracen dan Il Volo dell’Angelo.

Specchia, Apulia

Specchia dinobatkan sebagai salah satu Borghi Più Belli d’Italia, artinya Kota Terindah di Italia. Specchia hanya dihuni sekitar 5.000 orang.

Terletak di Semenanjung Salento, Specchia tak jauh jaraknya dari Laut Adriatik. Kota ini dipenuhi bangunan bersejarah, bahkan memiliki centro storico atau kota tua.

Kamu dapat menikmati kuliner lokal atau jalan-jalan di Piazza del Popolo, sebelum melanjutkan kunjungan ke pusat penyimpanan minyak zaitun.

Taormina, Sicilia

Taormina adalah kota tertinggi di Pulau Sicilia. Dikelilingi Gunung Etna dan Laut Ionia, pemandangan di Taormina luar biasa indah.

Kamu akan menemukan bangunan kuno dan jalanan yang dipenuhi kafe. Akomodasi di sini cukup mudah bagi turis.

Taormina, Italia.
Taormina, Italia.

Marina Di Corricella, Campania

Marina Di Corricella adalah desa kecil di Pulau Procida yang berada di Teluk Napoli. Desa nelayan kecil berada di bukit yang mengarah langsung ke teluk.

Rumah-rumah dicat berwarna-warni. Bahkan Gereja Santa Maria delle Grazie Incoronata berwarna kuning cerah.

Banyak jalan di desa tersebut sangat sempit, bahkan mobil tidak dapat lewat. Masyarakat setempat sering bepergian dengan sepeda.

Mengingat letaknya yang berada di tepi pantai, kamu dapat menikmati sajian makanan laut segar di salah satu restoran yang berada di dekat dermaga.

Selain itu, kamu dapat mengunjungi Terra Murata, bersantai di pantai, atau naik kapal feri menuju Capri dan Ischia.

Sperlonga, Lazio

Sperlonga adalah tempat liburan para kaisar Roma di masa lampau. Kota kecil ini menawarkan pantai-pantai yang belum terjamah dan pemandangan alam yang hijau.

Sperlonga berada di tanjung yang menjorok ke laut, disebut dengan Torre Truglia.

Sperlonga hanya satu jam jauhnya dari Roma menggunakan kereta. Kota ini juga menawarkan Museo Archeologico yang berada di reruntuhan vila Kaisar Tiberius.

Marina di Corricella, Italia
Marina di Corricella, Italia

Saluzzo, Piedmont

Saluzzo terletak hanya satu jam jauhnya dari Turin. Saluzzo adalah kota kecil yang sepi. Rumah-rumahnya beratap merah dan dihiasi menara lonceng.

Kamu dapat menyaksikan Pegunungan Cottian dari sini. Daya tarik utama Saluzzo adalah Kastel La Castiglia yang didirikan pada abad ke-14. Ada pula Casa Cavassa, bangunan dari masa Renaisans yang kini dijadikan museum.

Bellagio, Lombardy

Terletak di tepi Danau Como, Bellagio adalah kota kecil yang indah. Kamu dapat jalan-jalan menyusuri deretan pertokoan, butik, dan kios makanan di Bellagio.

Kamu dapat berbelanja sutra yang terkenal, bersantai di tepi danau, berenang, atau main kayak. Kamu juga bisa menikmati kuliner risotto yang terkenal.

Danau Como sendiri sangat terkenal sebagai lokasi syuting. Tidak jarang kamu akan bertemu selebriti Hollywood yang sedang berlibur di sini.

Bellagio, Italia.
Bellagio, Italia.

Anterselva de Mezzo, Trentino Alto-Adige

Terletak di Italia utara, kamu akan menemukan banyak penduduk Anterselva de Mezzo yang fasih berbahasa Jerman. Bahkan kota ini memiliki nama Jerman, yakni Antholz Mittertal.

Di sini kamu dapat mengunjungi lembah dan pegunungan yang berbatasan langsung dengan Austria.

Vernazza, Liguria

Vernazza adalah kota kecil yang berada di Cinque Terre. Kamu akan menemukan rumah-rumah bercat warna-warni dan gelateria yang memanjakan lidah.

Kota tersebut mengarah ke pelabuhan alami di Cinque Terre. Setelah jalan-jalan di pantai yang sepi, kamu dapat berkunjung ke restoran makanan laut yang berada di dalam kastel kuno di pelabuhan.

Vernazza, Italia.
Vernazza, Italia.

Mezzocorona, Trentino Alto-Adige

Mezzocorona adalah kota yang berada di lereng gunung. Olahraga ski merupakan salah satu daya tarik utama di sini.

Mezzocorona merupakan salah satu penghasil wine terbaik di seluruh Italia. Sejumlah pembuat wine terbaik berada di Lembah Mezzocorona.

Kota kecil ini berada jauh di Italia sebelah utara. Jarang sekali orang bisa berbicara bahasa Inggris di sini, kebanyakan menggunakan bahasa Italia atau Jerman.

Monte Isola, Lombardy

Monte Isola berada di sebuah pulau di tengah-tengah Danau Iseo. Untuk mengunjungi kota ini, kamu dapat berangkat dari Milan, lalu naik kapal feri.

Kota kecil ini menawarkan berbagai restoran Italia yang disebut dengan trattoria, kafe di sepanjang tepi danau, berbagai B&B, dan kapel Madonna della Ceriola yang ada di pusat kota.

Collodi, Tuscan

Collodi adalah desa Abad Pertengahan yang berada di bukit yang memisahkan Firenze dan Pisa. Carlo Collodi, pencipta cerita anak-anak Pinocchio, berasal dari desa ini.

Kamu akan menemukan patung kayu Pinocchio terbesar di sini. Selain itu, terdapat berbagai patung Renaisans dan Taman Garzoni yang menarik untuk dikunjungi.