Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

10 Sekolah Internasional Terbaik di Korea, Intip SPP-nya!

Sistem pendidikan Korea Selatan boleh disebut sebagai salah satu rujukan dunia. Para siswa lulusan sekolah di Korea menunjukkan keunggulan dan kemampuan bersaing di dunia kerja internasional.

Tertarik melanjutkan pendidikan di Negeri Ginseng tersebut? Kamu dapat melirik 10 sekolah internasional terbaik di Korea berikut ini.

Pendidikan Sekolah Internasional di Korea

Seiring dengan banyaknya keluarga ekspatriat yang tinggal di Korea Selatan, berbagai sekolah internasional bermunculan untuk mengakomodasi kebutuhan pendidikan anak-anak mereka.

Sekolah-sekolah internasional umumnya berada di kota-kota besar Korea, seperti kawasan Gangnam dan Gyeonggi-do di Seoul.

Sekolah internasional tersebut menggunakan kurikulum internasional dari Amerika Serikat, Inggris, Eropa, International Baccalaureate (IB), dan lain-lain.

Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar utama. Bahasa Korea tidak diwajibkan, tetapi dijadikan pelajaran tambahan di samping bahasa Mandarin.

Pelajaran dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 16.00. Kemudian dilanjutkan dengan ekstrakurikuler.

Sekolah internasional menyediakan makan siang dan fasilitas transportasi bagi siswanya. Jumlah siswa dalam setiap kelas lebih sedikit daripada kelas di sekolah biasa, yakni kurang dari 20 siswa. Pengajarnya pun kebanyakan native speaker.

Para siswa berasal dari latar belakang yang beragam. Mereka akan bertemu setidaknya 20 kewarganegaraan yang berbeda dalam satu kelas.

Sekolah internasional di Korea memang tergolong mahal dibandingkan sekolah biasa. Namun kualitas pendidikannya tak perlu diragukan karena sudah diakui kurikulum internasional.

bahasa korea terpadu untuk orang indonesia

10 Sekolah Internasional Terbaik di Korea

Apa saja sekolah internasional unggulan di Korea? Beberapa sekolah ini bahkan menjadi tempat mengenyam pendidikan beberapa idol K-pop ternama.

Cari tahu juga biayanya di sini.

Korea International School Pangyo Campus (KIS)

KIS adalah sekolah swasta non-profit yang menawarkan kurikulum Amerika Serikat. Sekolah ini didirikan sejak 2000 dan berada di Pangyo, Seoul.

KIS menerima murid berusia 3-18 tahun. Untuk pengantar, digunakan bahasa Inggris. Biaya pendidikan di KIS yaitu ₩26 juta – ₩35 juta per tahun.

Dulwich College Seoul

Dulwich College menawarkan kurikulum Inggris dan International Baccalaureate. Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris.

Dulwich College menerima murid ekspatriat berusia 3-18 tahun dengan biaya pendidikan ₩33,5 juta – ₩36,2 juta per tahun.

Yongsan International School of Seoul (YISS)

YISS mengedepankan lingkungan yang ramah dan terbuka terhadap siswa dari berbagai latar belakang. Sekolah berbasis Kristiani ini menggunakan kurikulum Amerika Serikat dengan bahasa pengantar Inggris.

YISS menerima murid berusia 5-18 tahun dengan biaya pendidikan ₩24,1 juta – ₩28,5 juta per tahun.

Dwight School Seoul

Dwight School adalah sekolah pertama di Korea yang diakui mengantarkan kurikulum International Baccalaureate. Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris.

Dwight School menerima murid berusia 3-18 tahun dengan biaya pendidikan ₩24,9 juta – ₩32,3 juta per tahun.

Korea Foreign School

Korea Foreign School adalah sekolah swasta non-profit. Kurikulum yang ditawarkan adalah International Baccalaureate dan Inggris.

Korea Foreign School menerima murid berusia 6-18 tahun dengan biaya pendidikan ₩34,2 juta – ₩36,3 juta per tahun.

Gyeonggi Suwon International School (GSIS)

GSIS adalah sekolah berbasis Kristiani yang menawarkan kurikulum International Baccalaureate bagi siswa dari keluarga ekspatriat. Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris.

GSIS menerima murid berusia 3-18 tahun dengan biaya pendidikan ₩20,1 juta – ₩33,5 juta per tahun.

Seoul International School (SIS)

SIS menawarkan kurikulum Amerika Serikat yang diantarkan dengan bahasa Inggris.

SIS menerima murid berusia 3-18 tahun dengan biaya pendidikan ₩27,5 juta – ₩33,8 juta per tahun.

Korea International School Seoul (KISS)

KISS adalah sekolah dasar yang menawarkan kurikulum Amerika Serikat. Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris.

KISS menerima murid berusia 3-11 tahun dengan biaya pendidikan ₩26,5 juta – ₩29,5 juta per tahun.

Lycée International Xavier

Lycée International Xavier adalah sekolah swasta asal Prancis. Kurikulum yang digunakan berasal dari Prancis yang diantarkan dengan bahasa Prancis.

Lycée International Xavier menerima murid berusia 5-18 tahun dengan biaya pendidikan ₩12 juta – ₩16,1 juta per tahun.

Asia Pacific International School

Asia Pacific International School adalah sekolah berbasis Kristiani yang menawarkan kurikulum Amerika Serikat. Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris.

Asia Pacific International School menerima murid berusia 3-18 tahun dengan biaya pendidikan ₩29,1 juta – ₩36,2 juta per tahun.

Belajar Bahasa Korea: Impian Tinggal di Negeri Ginseng

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Korea adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Korea di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu akan mendapatkan modul yang akan membantu proses belajar. Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!