Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

10 Pekerjaan yang Dibutuhkan di Masa Depan, Gajinya Fantastis

pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan

Setiap orang tentu menginginkan prospek karier yang lebih baik untuk masa depannya. Untuk itu, kamu harus terus mengasah kemampuan dan mengembangkan diri. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti kelas bahasa asing untuk karyawan di Lister for Company.

Kemampuan lain yang perlu kamu kembangkan adalah kemampuan melihat peluang pekerjaan. Seiring perkembangan zaman, kebutuhan industri terus berubah.

Di antara lima sampai sepuluh tahun ke depan, ada sejumlah pekerjaan yang diprediksi akan terus dibutuhkan. Tingginya permintaan akan profesi ini membuat gaji yang ditawarkan tidak main-main.

Apa saja pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan? Berikut daftarnya.

1. Aktuaris

Seorang aktuaris biasanya bekerja di perusahaan asuransi. Tanggung jawabnya adalah mengevaluasi risiko.

Aktuaris menggunakan matematika, data, dan statistik untuk menentukan apakah harus mengeluarkan kebijakan untuk konsumen potensial, baik individual maupun bisnis.

Untuk mendapatkan jabatan ini, kamu harus memiliki gelar di ilmu aktuaria yang berfokus pada permodelan matematika dan statistik untuk menilai risiko. Aktuaris juga harus melewati serangkaian ujian selama beberapa tahun sebelum tersertifikasi bisa melakukan pekerjaan tersebut.

Pada 2020 saja, gaji yang ditawarkan berkisar di angka USD 111.030 per tahun. Pertumbuhan gaji selama 10 tahun ke depan diproyeksikan mencapai 18 persen.

2. Insinyur Industri

Dalam pekerjaannya, insinyur industri harus memiliki pengetahuan matematika, statistika, sains, dan teknik untuk mengevaluasi orang, sistem, dan proses yang terjadi di dalam sebuah bisnis. Termasuk rantai pasokan, operasional, finansial, mesin, atau peralatan.

Tujuan mereka adalah menemukan cara yang paling tepat untuk mengintegrasikan sistem dan proses produksi barang atau jasa. Mereka memastikan biaya produksi rendah dan produktivitas tinggi.

Pada 2020, gaji yang ditawarkan berada di angka USD 88.950 per tahun. Angka tersebut diproyeksikan akan bertumbuh sampai 10 persen dalam 10 tahun ke depan.

3. Data Scientist

Seorang data scientist membuat kerangka kerja untuk mengumpulkan, mengorganisasi, dan menganalisis data. Hasil analisis data tersebut dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik bagi bisnis.

Untuk menjadi data scientist, kamu harus memiliki gelar di ilmu komputer, teknik, statistik, matematika, atau bidang yang berhubungan dengan kebutuhan pekerjaan.

Pada 2020, gaji yang ditawarkan yakni sekitar USD 98.230. Selama 10 tahun ke depan, gaji yang diterima diproyeksikan akan bertumbuh 31 persen.

4. Manajer Sistem Informasi

Manajer sistem informasi bertanggung jawab mendesain dan mengatur sistem informasi sebuah organisasi. Mereka biasanya menjabat posisi senior di departemen IT sebuah perusahaan.

Manajer sistem informasi harus memiliki pengetahuan mendalam tentang sistem informasi. Mereka biasanya berasal dari lulusan bidang yang berhubungan dengan teknologi, seperti ilmu komputer atau IT.

Gaji yang ditawarkan pada 2020 mencapai USD 151.150 per tahun. Selama 10 tahun ke depan, angka tersebut diproyeksikan akan naik 10 persen.

5. Analis Keamanan Informasi

Analis keamanan informasi bertanggung jawab memastikan informasi di dalam perusahaan tetap terjaga dengan aman. Jabatan ini penting, mengingat saat ini hampir semua data disimpan secara digital.

Analis keamanan informasi harus mengetahui luar dalam tentang keamanan siber. Mereka biasanya menempuh pendidikan yang lebih tinggi dari sarjana di bidang yang berkaitan dengan teknologi, seperti ilmu komputer.

Pada 2020, gaji yang ditawarkan mencapai USD 103.590. Selama 10 tahun mendatang angka tersebut diproyeksikan akan naik 31 persen.

6. Manajer Keuangan

Sesuai nama jabatannya, manajer keuangan bertanggung jawab mengatur keuangan organisasi. Mereka dapat bekerja secara langsung ke perusahaan maupun sebagai firma konsultan.

Mereka bertanggung jawab mengidentifikasi risiko dan kelemahan finansial, mengembangkan solusi terhadap risiko dan kelemahan tersebut, melakukan riset keuangan, membuat laporan, menetapkan tujuan finansial, dan memberi saran tentang bagaimana perusahaan dapat mencapai tujuan tersebut.

Gaji yang ditawarkan pada 2020 yakni USD 134.180 per tahun. Proyeksi pertumbuhan gaji selama 10 tahun ke depan mencapai 15 persen.

7. Perawat

Perawat menyediakan perawatan medis untuk pasien di berbagai tempat. Mulai dari rumah sakit, dokter umum, pusat bedah, sekolah, rumah pasien, rumah asuh, dan lain-lain.

Mereka juga mencatat rekam medis, mengawasi peralatan kesehatan, serta berkomunikasi dengan pasien. Untuk menjalani profesi ini, kamu harus menempuh pendidikan keperawatan dan lulus ujian sebelum dapat bekerja dengan pasien.

Rata-rata gaji yang diperoleh pada 2020 mencapai USD 75.330 per tahun. Selama 10 tahun ke depan, proyeksi pertumbuhan gaji mencapai 7 persen.

8. Technical Writer

Technical writer mengubah tulisan yang sangat teknis hingga mampu dipahami orang awam. Baik itu melalui artikel jurnal, materi pendidikan, skrip video, tutorial, buku manual, maupun halaman FAQ.

Audiens mereka bisa jadi orang internal perusahaan, klien, konsumen, maupun masyarakat umum.

Mereka yang menjalani profesi ini biasanya berasal dari lulusan kebahasaan, komunikasi, maupun bidang lain yang berhubungan.

Gaji yang ditawarkan pada 2020 saja mencapai USD 74.650 per tahun. Selama 10 tahun mendatang, angka tersebut diproyeksikan akan tumbuh sebanyak 7 persen.

9. Software Developer

Software developer mendesain, membuat kode, mengetes, dan mengembangkan software. Kemampuan mendasar yang dibutuhkan adalah coding. Kemampuan ini dapat diperoleh melalui pendidikan formal, kursus, maupun secara otodidak.

Gaji yang ditawarkan pada 2020 saja mencapai USD 110.140 per tahun. Pada 10 tahun mendatang, angka tersebut diproyeksikan akan berkembang 22 persen.

10. Manajer HR

Manajer human resources (HR) bertanggung jawab mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan karyawan dalam organisasi.

Mereka bertugas mengerjakan segala sesuatu yang berhubungan dengan karyawan, seperti perekrutan, pelatihan, dan administrasi.

Gaji yang ditawarkan pada 2020 mencapai angka USD 121.220 per tahun. Selama 10 tahun ke depan, jumlah tersebut diproyeksikan akan tumbuh sebanyak 6 persen.

Namun perlu diingat, untuk memperoleh gaji dengan nilai tersebut, dibutuhkan jam terbang yang tinggi.