Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Begini Lho Cara Mengucapkan Selamat Tidur Bahasa Korea

Bahasa Korea

Mengucapkan selamat malam ataupun selamat tidur sudah menjadi bagian dari kehidupan ini. Kita seringkali mengucapkannya untuk pasangan, ataupun saudara. Lalu, bagaimana jika ingin mengucapkannya dalam bahasa Korea?

Ungkapan selamat tidur dalam bahasa Korea memiliki tingkatan bahasa mulai dari formal hingga non-formal. Cari tahu ungkapan selamat tidur dalam bahasa Korea dengan simak penjelasannya di bawah ini!

168060463

Ungkapan “Selamat Tidur” dalam Bahasa Korea Informal

잘 자 (jalja)

Ucapan selamat tidur 잘 자요 (jal jayo) dapat kamu gunakan secara informal dengan menghilangkan frasa ‘요’ (yo). Gunakan kata ‘jalja’ yang memiliki arti sama, yaitu ‘selamat tidur’.

Ucapan selamat tidur dalam bahasa Korea ini dapat ditujukan untuk teman sebaya atau orang yang lebih muda. Kamu bisa menggunakan kalimat ini dan dilanjutkan dengan kalimat permohonan seperti 잘 자. 좋은 꿈 꿔 (jal ja. joh-eun kkum kkwo) yang artinya “semoga bermimpi indah”.

잘 자 내 꿈꿔 (Jal ja nae kkum kkweo)

Ucapan selamat tidur ini memiliki arti yang cukup romantis untuk diucapkan kepada pasangan. Ucapan ‘jal ja nae kkum kkweo’ memiliki arti ‘selamat malam, mimpikan aku’.

Kamu bisa menggunakan kalimat ini baik kepada orang tersayang maupun kepada pasanganmu.

좋은 꿈 꿔 (joeun kkum kkwo)

Kata 좋은 꿈 꿔 (joeun kkum kkwo) terdiri dari dua kata yakni 좋은 (joeun) yang berarti ‘baik’ dan 꿈 꾸다 (kkum kkuda) yang berarti ‘bermimpi’. Jika digabungkan, ucapan selamat tidur dalam bahasa Korea ini memiliki arti yang serupa dengan semoga mimpi indah. Gunakan ungkapan ini kepada orang terdekat, teman sebaya, dan orang-orang yang lebih muda.

네가 오늘 밤에 잘 자길 바라는데 (nega oneul bam-e jal jagil balaneunde)

Ucapan selamat tidur dalam bahasa Korea juga memiliki arti yang romantis lho. Dengan harapan untuk tidur yang menyenangkan, nega oneul bam-e jal jagil balaneunde memiliki arti secara harfiah yakni “aku harap kamu tertidur nyenyak malam ini”.

Kalimat yang satu ini memiliki bentuk yang lebih menyentuh sekaligus mendoakan agar lawan bicara bisa tidur dengan nyenyak. Kalimat ini bisa kamu ucapkan kepada teman sebaya, kekasih, atau orang yang lebih muda tentunya.

Baca juga: Contoh Percakapan Bahasa Korea Sehari-hari di Berbagai Situasi

Ucapan “Selamat Tidur” dalam bahasa Korea Formal

편안한 밤 되세요 (pyeonanhan bam doeseyo)

Versi formal lain dari ucapan “selamat tidur” dalam bahasa Korea adalah (Pyeonanhan Bam Doeseyo). Frasa ini dibentuk dengan menggunakan kata kerja Korea (pyeonanhada), yang berarti “menjadi nyaman” dan (bam), yang berarti malam. Jadi jika kamu menggabungkannya, itu secara harfiah berarti “Semoga mendapat malam yang nyaman.”

안녕히 주무세요 (annyeonghi jumuseyo)

Kosakata Korea (annyeonghi) berarti damai. Untuk menyusun bentuk formal kata “tidur” dalam bahasa Korea, kamu harus menggunakan kata (jumuseyo). Ini adalah versi formal dari (jada | untuk tidur). Ini adalah cara paling umum untuk mengucapkan Selamat Malam dalam bahasa Korea secara formal.

잘 자요 (jal jayo)

Ini adalah cara standar yang paling umum untuk mengucapkan Selamat Tidur dalam bahasa Korea. Kata kerja Korea (jada) berarti “tidur” sedangkan (jal) berarti “baik”. Jika kita digabungkan bersama, itu berarti “tidur nyenyak”.

Itulah pembahasan tentang kosakata “selamat tidur” dalam bahasa Korea yang bisa kamu coba untuk latihan. Sudah sampai mana belajarnya? Kamu bisa belajar otodidak dengan membaca postingan-postingan Lister tentang bahasa Korea kok!

Butuh tutor untuk membimbing? Dapatkan pengalaman belajar bahasa Korea dengan cara yang lebih menyenangkan dan tutor terbaik di Lister! Daftar sekarang!

Belajar bahasa asing Lister
Belajar bahasa asing Lister

Gambar: freepik.com