Mengenal Prediction Test TOEFL, Kegunaan dan Harganya!

prediction test toefl

Prediction test TOEFL adalah simulasi tes TOEFL yang bertujuan untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris peserta. 

Melalui prediction test TOEFL ini seseorang bisa mendapatkan prediksi skor TOEFL, jadi seberapa penting sih ikut prediction test TOEFL ini?

Lister juga ada prediction test TOEFL IBT lho yang bisa kamu ikuti dengan harga mulai dari 200ribua saja!

Baca juga : Tips Tes TOEFL dari 5 Penulis Buku TOEFL Terlaris

Definisi Prediction Test TOEFL

Tes TOEFL Prediction adalah tes simulasi yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris dan memprediksi skor TOEFL. Tes ini diselenggarakan oleh lembaga yang bukan merupakan test center ETS atau pemilik hak cipta TOEFL. 

Tes TOEFL resmi sendiri memiliki dua jenis utama yakni TOEFL ITP dan TOEFL iBT. Baca dulu nih apa perbedaan signifikan diantara keduanya supaya kamu makin paham:

Prediction Test TOEFL ITP

ITP singkatan dari Institutional Testing Program. Tes ini biasanya digunakan oleh lembaga atau institusi untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris seseorang dalam konteks akademik.

TOEFL ITP terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension.

Satu hal yang harus kamu tahu bahwa tidak semua instansi dapat menerima sertifikasi TOEFL ITP sebagai tanda kecakapan kamu dalam berbahasa Inggris. Rentang nilai maksimal TOEFL ITP adalah 500 sampai 600.

Prediction Test TOEFL iBT

iBT merupakan singkatan dari Internet-Based Test. Seperti namanya, tes ini dilakukan melalui internet. TOEFL iBT mengukur empat keterampilan berbahasa Inggris, yaitu mendengarkan (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan berbicara (speaking).

Maka dari itu, jika kamu ingin persiapan untuk mengikuti TOEFL iBT, empat keterampilan berbahasa Inggris tersebut harus kamu pelajari secara mendalam agar mendapat hasil terbaik.

Sebagai informasi, TOEFL iBT saat ini banyak digunakan sebagai persyaratan untuk beasiswa, kuliah di luar negeri dan hampir setara bobotnya dengan sertifikasi IELTS.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum mendaftar Prediction Test TOEFL online:

  1. Memiliki struktur dan bentuk yang mirip dengan tes TOEFL resmi
  2. Bertujuan untuk mengukur keterampilan Listening, Reading dan Structure
  3. Cocok untuk calon peserta tes TOEFL yang belum pernah mengikuti tes TOEFL resmi
  4. Durasi tes sekitar 1-2 jam dan bisa dikerjakan secara online
  5. Biaya Prediction Test TOEFL berkisar antara 75 sampai 250 ribu rupiah. Sedangkan pada tes TOEFL resmi biaya bervariatif bergantung jenis tes yang kamu pilih. Biayanya berkisar antara 550 ribu rupiah sampai dengan 2 juta rupiah untuk jenis tes TOEFL IBT.

prediction test toefl
Prediction test TOEFL | Sumber gambar : Freepict

TOEFL Prediction Test Bisa Untuk Apa Saja?

Beberapa kebutuhan tertentu cukup mensyaratkan skor prediction test TOEFL saja. Jika dengan syarat tersebut kamu bisa memenuhi persyaratan, maka bisa menggunakan prediction test TOEFL saja cukup.

Lantas TOEFL prediction test bisa untuk apa saja sih? Hasil tes yang kamu miliki nantinya bisa digunakan sebagai syarat wisuda, mendaftar kerja dalam negeri, mendaftar CPNS dan melamar kerja di BUMN.

Selain itu, pada umumnya tes TOEFL masuk ke dalam persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar S2, persyaratan pelatihan bahkan promosi jabatan. 

Perbedaan kedua dari tes TOEFL Prediction dengan tes TOEFL resmi adalah pada komponen materi soal yang diberikan.

Dalam tes TOEFL resmi, materi yang diujikan memiliki empat komponen soal, yaitu: Listening Comprehension, Reading Comprehension, Structure Written Expression, dan Speaking. Waktu pengerjaannya adalah sekitar 3 – 4 jam.

Jumlah soal TOEFL Prediction terdiri dari Listening comprehension test sebanyak 50 soal dengan durasi 35 menit, Structure and written comprehension test sebanyak 40 soal dengan durasi 25 menit dan Reading Comprehension test sebanyak 50 soal dengan durasi 55 menit.

Baca juga : 7 Langkah Registrasi Tes TOEFL Resmi, Mudah!

Contoh Soal TOEFL Prediction Test

Untuk menguji kompetensi atau menguji kemampuan bahasa Inggris yang Kamu miliki, ada berbagai cara atau jenis tes yang bisa Kamu lakukan. Salah satunya dengan mengikuti tes seperti test TOEFL, TOEIC, dan IELTS. S

ebelum mengikuti tes ini biasanya Kamu membutuhkan sebuah latihan khusus untuk mengerjakan tes agar Kamu dapat memperoleh skor TOEFL yang maksimal.

1. … received law degrees as today. 

  1. Never so many women have
  2. Never have so many women
  3. The women aren’t ever
  4. Women who have never

Jawaban : (D) Never have so many women received law degrees as today.

  1. In the realm of psychological theory Margaret F. Washburn was a dualist _____ that motor phenomena have an essential role in psychology.
  1. who she believed
  2. who believed
  3. believed
  4. who did she believe

Jawaban : (B) Who believed.

  1. Researchers use ………. that scientists create (such as about biology, chemical and physics) to conduct their product research.

A. Their scientific paper

B. The scientific papers

C. What is scientific paper

D. What their scientific paper

Jawaban : (B) the scientific papers

  1. Mike is the only one of those students who _________ passed the exam.
  1. have
  2. has
  3. are
  4. is

Jawaban : (B) has

  1. They _________ TV when the phone rang
  1. watched
  2. were watching
  3. are watching
  4. watch

Jawaban : (B) were watching

6. At the 1984 Democratic National Convention in San Francisco, Geraldine Ferraro  

became the first woman _________ for the vice presidency. to being nominated to has been nominated to have been nominated to will be nominated

  1. to being nominated
  2. to has been nominated
  3. to have been nominated
  4. to will be nominated

Jawaban : (C) to have been nominated

  1. The bird’s egg is such an efficient structure for protecting the embryo inside …  difficult for the hatchling to break.

A. that is

B. that

C. and is

D. that it is

Jawaban: (D) that it is

Jadi itulah penjelasan tentang Prediction Test TOEFL, semoga kamu bisa menyiapkan TOEFL yang sebenarnya dengan prediction test ini ya!

Untuk anda : Tes TOEFL PBT untuk Karyawan, Seperti Apa Itu?

Prediction Test TOEFL online bersama Lister, ada asessornya!

Ingin coba mengetahui prediksi nilai TOEFL ITP maupun IBT kamu? Lister ada program Prediction Tes TOEFL IBT dan ITP Online lho!

Tes ini bantu kamu bisa mempersiapkan diri menghadapi ujian TOEFL yang sebenarnya dan juga mengetahui seberapa jauh persiapan kamu.

TOEFL Prediction Tes di Lister bisa diikuti dengan harga 70ribuan untuk Prediction Tes ITP dan 200ribuan untuk Prediction Test IBT.

Sifatnya self access sehingga kamu bisa masuk dan mengakses soal-soal langsung dari website Lister. Cukup fleksibel dan waktu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu!

Yuk ikut prediction test TOEFL bersama Lister sekarang juga, daftar segera melalui Whatsapp!

Sumber gambar sampul: Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts