Ingin mempersiapkan perusahaan agar bisa bersaing di ranah global, kenapa tidak? Langkah pertama yang bisa kamu ambil adalah mengadakan kursus bahasa asing untuk perusahaan di Lister for Company.
Kita sering mendengar istilah job description dan job specification. Sekilas keduanya terdengar mirip. Namun kedua istilah tersebut sebenarnya digunakan dalam situasi yang berbeda, lho.
Apa perbedaan job description dengan job specification?
Pengertian
Job description adalah pernyataan informasi umum terkait suatu pekerjaan. Mulai dari tempat kerja, jam kerja, gaji, tanggung jawab, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut.
Job specification lebih spesifik daripada job description. Job specification adalah pernyataan kualifikasi, latar belakang pendidikan, pengalaman, karakter, keterampilan, dan lain-lain yang dibutuhkan seseorang untuk menjalankan suatu pekerjaan.
Perbedaan Job Description dan Job Specification
Ada empat kriteria yang membedakan kedua istilah tersebut.
Isi
Job description biasanya merangkum jabatan, lokasi, rincian pekerjaan, lingkungan kerja, tanggung jawab yang harus dilakukan, dan lain-lain.
Job specification merangkum kualifikasi, pengalaman, pelatihan, keterampilan, kecerdasan emosional, dan kemampuan mental seseorang untuk menjalankan suatu pekerjaan.
Pengukuran
Job description mengukur tugas dan tanggung jawab yang berkaitan dengan pekerjaan.
Job specification mengukur kemampuan yang dibutuhkan karyawan untuk menjalankan pekerjaan.
Kegunaan
Job description memberikan informasi terkait pekerjaan. Hal ini membantu pihak manajemen mengevaluasi performa kerja dan menentukan pelatihan yang dibutuhkan karyawan.
Job specification membantu kandidat yang melamar untuk menentukan apakah mereka cocok menjalankan pekerjaan tersebut atau tidak.
Keuntungan
Job description membantu perusahaan atau organisasi untuk menegaskan terkait “siapa yang mengerjakan apa”.
Job specification membantu pihak manajemen memutuskan promosi, bisnis, transfer internal, dan kenaikan gaji.