Rahasia Cara Fasih Berbahasa Inggris dari Rumah

Rahasia Cara Fasih Berbahasa Inggris dari Rumah

lister.co.id – Hai semua, nama saya Jocelyn. Pelajar SMA di salah satu SMA di Surabaya.

Saat ini saya sedang menyiapkan diri untuk kuliah keluar negeri walaupun sekarang masih belum pasti apakah saya bisa keluar negeri atau tidak. Tetapi, yang penting bersiap-siap dulu agar ketika waktunya tiba, saya sudah siap untuk belajar di luar negeri.

Bepikiran positif dan optimis selalu menjadi moto saya. Itu sebabnya, saya tetap berusaha untuk meningkatkan kemampuan diri saya terlepas dari kendala yang ada. Walaupun begitu, saya sempat sangat down bahkan minder juga.

Kesenjangan kemampuan bahasa Inggris

Awalnya, saya menyadari kemampuan bahasa Inggris saya tidak bagus setelah saya masuk SMA di Surabaya. Saya yang lulusan salah satu SMP di Sidoarjo merasa sekali kesenjangan kemampuan saya dengan teman-teman saya.

Saya merasa kesulitan untuk mengikuti pelajaran dan bahkan saya tidak tahu hal apa yang saya tidak mengerti. Yang saya tahu, saya selalu ketinggalan dalam hal memahami materi dan nilai saya tidak bisa dibandingkan dengan teman-teman saya.

Kursus bahasa Inggris virtual

Merasa sedih dan frustrasi, saya bercerita ke mama saya soal persoalan yang saya alami, dan mama menyarankan saya untuk ikut kursus bahasa Inggris. Mendengar hal ini saya merasa sedikit frustasi karena saya takut saya yang paling tidak bisa berbahasa Inggris di tempat kursus.

Tetapi, mama menyarankan untuk mendaftar di Lister.co.id. Pertamanya, saya cukup skeptis, karena kursusnya hanya lewat virtual. Tetapi, saya merasa tidak ada salahnya mencoba.

Hal yang merubah hidup saya

Kalau mengingat keputusan saya waktu itu, saya ingin memutar waktu kembali dan bertepuk tangan untuk diri saya yang sudah berani melangkah dan mengambil keputusan untuk mengubah keadaan saya waktu itu.

Faktanya, skeptisme saya sama sekali tidak terbukti dan saya malah bisa mengikuti pelajaran di kelas, bahkan menjadi salah satu murid yang unggul di pelajaran bahasa Inggris. Kemampuan berbahasa inggris saya berkembang dengan sangat cepat.

Ternyata, kursus dan belajar bahasa Inggris itu tidak penting apakah secara langsung dan tatap muka maupun tatap layar. Ilmu tetap bisa didapat. Malah sekarang bersyukur banget, karena dengan kondisi yang seperti sekarang, dimana saya tidak bisa keluar sama sekali karena pandemi, saya masih tetap bisa belajar dan meningkatkan kemampuan saya.

Saya jadi selangkah lebih maju karena sudah terbiasa dengan sistem tutor yang virtual. Bayangkan, saya yang awalnya susah mengikuti pelajaran sekarang sedang menyiapkan diri dengan mengikuti IELTS preparation class.

Berani bermimpi lebih besar

Sembari belajar di sekolah, saya juga mulai merencanakan untuk studi kuliah keluar negeri. Saya yang dulu mungkin tidak akan berani untuk bercita-cita seperti ini. Tetapi, dengan mengambil kursus di Lister, saya terekspos dengan berbagai kesempatan dan saya merasa kenapa tidak?

Sekarang, saya sedang kursus persiapan IELTS untuk memenuhi salah satu syarat kuliah keluar negeri. Semoga pandemi cepat berakhir agar saya bisa mewujudkan cita-cita saya ini segera.

Pesan saya, berani bermimpi itu boleh banget, tapi harus selalu direalisasikan ya! Terima kasih Lister!